Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Aktivitas FUngsional Rekreasi Pada Penderita Asma

Aktivitas FUngsional Rekreasi Pada Penderita Asma

Ratings: (0)|Views: 41 |Likes:
Published by Dhita Prianthara

More info:

Published by: Dhita Prianthara on Dec 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/18/2013

pdf

text

original

 
A. PENGERTIAN
 Asthma berasal dari Bahasa Yunani, yang artinya Terengah = Bernafas Pendek. Asthma jugamerupakan penyakit Obstruktif paru yang sering terjadi pada usia muda yang khas dari penyakitini adalah serangan terjadi secara tiba-tiba, kadang-kadang beberapa hari ataupun beberapaminggu tergantung penyebabnya menurut The American Society (1962), menyatakan; AsthmaBronhide ialah suatu penyakit yang ditandai oleh peningkatan respon saluran nafas terhadapransang. dengan Manivestasi penyempitan saluran nafas yang derajatnya berubah-ubah dan dapatsembuh secara cepat atau dengan pengobatan.Suatu serangan disebabkan karena sensifititas dari otot poIos saluran nafas terhadap beberapabagian ransangan. Awalnya, bisa terjadi secara perlahan-lahan atau mendadak dan kadangserangan dapat berlangsung selama beberapa hari atau beberapa minggu yang keadaan inidisebut Status Asthmaticus. Asthma juga merupakan penyebab utama penyakit Kronik padaanak-anak sebelum pubertas, sekitar 2 (dua) kali lebih banyak dan memiliki perbandingan yangsama antara Laki-laki dan perempuan. Pada umumnya pasien yang menderita Asthma adalahterjadinya kesulitan dari respirasi khususnya ekspirasi.
B. PERUBAHAN PATOLOGI
 Pada waktu serangan:
 
1.
 
Bronkospasme2.
 
Edema Mukosa3.
 
Sekresi kental membentuk gumpalan dalam bronhioli medium / kecil.Bila suatu serangan ringan meredah, dada kembali normal bila muku yang kental diekspektorasikan (dikeluarkan).Setelah Suatu serangan berat1.
 
Kolaps Absorpsi.2.
 
Serangan yang berulang-ulang dan berlarut-larut.3.
 
Hipertropi selaput lendir.4.
 
Penebalan semua lapisan bronchi kecil.Asthma yang berlangsung lama dan sangat parah dapat menyebabkan Empisema.Innamasi lapisan mukus pada Tracheobrochial dan Hypersekresi Mukosa, dimana biasanyabergetah dan ada obstruksi karena adanya peningkatan jumlah dan ukuran sel-sel goblek.
a. Penyebab
 Ada beberapa penyebab terjadinya Asthma yaitu:1.
 
Perangsangan Primer (Inadcer), yaitu rangsangan yang secara primer dengan atau tanpafaktor predisposisi dapat menimbulkan gejala Asthma atau selanjutnya menginduksiterjadinya Hyperaktivitas Bronkchus sebelumnya yang termasuk disini adalah:
 
Debu : Penderita Asthma akan terjadi serangan apabila terkena debu ataupun alergiterhadap debu.
 
Serbuk: seperti tepung dan bedak.
 
Bulu Binatang : seperti kucing, burung dan lain-lain
 
lnfeksi Virus.
 
Bahan kimia tertentu seperti cat
 
Makanan: seperti udang, telur, kepiting dan lain-lain.
 
2.
 
Perangsangan Sekunder (Trigger) yaitu perangasangan yang secara sekunder dapatmencetus gejala Asthma setelah adanya Hyperaktivitas Bronkchus sebelumnya yangtermasuk disini adalah:- Tumbuh-tumbuhan : seperti tumbuhan atau bunga-bunga yang mengeluarkan bau-bau yangmerangsang.- Cuaca: seperti cuaca dingin atau panas.- Obat-obatan : seperti yang umumnya obat-obatan anti histamin, akan merangsang timbulnyaserangan Asthma.- Latihan jasmani: seperti lari, renang- lnfeksi bakteri.- Jamur3. Beberapa penyebab yang diduga oleh karena:- Laki-aki lebih banyak terserang dari pada wanita kurang dari 40 tahun.- Faktor Herediter dari orang tua yang menderita Ashtma jantung (Asthma cardiale)- Sanitasi lingkungan
b. Gejala
 Ada beberapa terjadinya Asthma yaitu:- Mungkin timbul tanda -tanda atau peringatan misal menjadi tegangnya otot dada.- Wheezing yang terdengar, expirasi sukar- inspirasi tidak sukar.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->