Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
REFARAT URTIKARIA

REFARAT URTIKARIA

Ratings: (0)|Views: 10|Likes:
Published by Naomi Laura

More info:

Published by: Naomi Laura on Dec 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/29/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Urtikaria ialah reaksi vaskuler di kulit akibat bermacam- macam sebab, biasanya ditandaidengan edema setempat yang cepat timbul dan menghilang perlahan-lahan, berwarna pucatkemerahan, meninggi di permukaan kulit sekitarnya dan dapat dikelilingi halo.
1
Urtikaria merupakan suatu erupsi kulit yang menimbul berbatas tegas berwarna merah,lebih pucat pada bagian tengah dan memucat bila ditekan disertai rasa gatal.
2
Urtikaria merupakan penyakit kulit yang sering dijumpai. Dapat terjadi secara akutmaupun kronik, keadaan ini merupakan masalah untuk penderita maupun untuk dokter.Walaupun pathogenesis dan penyebab yang dicurigai telah diketahui ternyata pengobatan yangdiebrikan kadang-kadang tidak memberikan hasil yang diharapkan. Ini disebabkan mungkin olehkeslahan dalam menentukan penyebab dari urtikaria tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali factor-faktor yang dapat menyebabkan urtikaria. Baik factor dari dalam tubuh berupa reaksi imunitas yang berlebihan ataupun factor dari luar berupa penggunaan obat-obatan,makanan, fotosensitizer, gigitan serangga dan banyak lagi lainnya. Selain hal- hal di atas sangat penting diketahui mekanisme terjadinya urtikaria, karena hal ini dapat membantu pemeriksaanrasional.Berawal dari permasalahan-permasalahan ini penulis akan mencoba menguraikan penyakit urtikaria ini mulai dari penyebab, patofisologi dan yang terpenting adalah klasifikasiuntik dapat mengetahui pengobatan yang tepat bagi penderita penyakit urtikaria.
BAB II
1
 
TINJAUAN PUSTAKA
I.Epidemiologi
Umur, jenis kelamin, bangsa/ras, kebersihan, keturunan dan lingkungan dapat menjadi agen predisposisi bagi urtikaria. Berdasarkan data dari N
ational Ambulatory Medical Care Survey
dari tahun 1990 sampai dengan 1997 di USA,wanita terhitung 69% dari semua pasien urtikariayang datang berobat ke pusat kesehatan.Distribusi usia paling sering adalah 0-9 tahun dan 30-40 tahun.Paling sering episode akut pada anak-anak adalah karena reaksi atau efek samping dari makananatau karena penyakit-penyakit virus.Sedangkan untuk urtikaria kronik adalah urtikaria idiopatik atau urtikaria yangdisebabkan karena autoimun.
6
Ditemukan 40% bentuk urtikaria saja, 49% urtikaria bersama-sama dengan angioedema dan 11% angioedema saja. Kejadian urtikaria pada populasiumumnyaantara 1% sampai 5%.
7
 
II.Etiologi
Pada penelitian ternyata hampir 80% tidak diketahui penyebabnya.
 
Diduga penyebaburtikaria bermacam-macam, di antaranya obat, makanan, gigitan atau sengatan serangga,fotosensitizer, inhalan, kontaktan, trauma fisik,infeksi, dan infestasi parasit, psikis, genetic, dan penyakit sistemik.1.ObatBermacam-macam obat dapat menimbulkan urtikaria, baik secara imunologik maupunnon-imunologik. Obat sistemik (penisilin, sulfonamid, analgesik dan diuretik)menimbulkan urtikaria secara imunologik tipe I atau II. Sedangkan obat yang secara non-imunologik langsung merangsang sel mast untuk melepaskan histamin, misalnya kodein,opium danzat kontras. Aspirin menimbulkan urtikaria karena meghambat sintesis prostaglandin dari asamarakhidonat.
1
2
 
Gambar 1: Urtikaria akut dan berat yang disebabkan alergi penisilin
*
2.MakananMakanan yang sering menimbulkan urtikaria adalah telur, ikan,kacang, udang, coklat,tomat, arbei, babi, keju, bawang, dan semangka.Terdapat dua macam zat makananyang diketahui dapat menyebabkan atau memprovokasi urtikaria yaitu tartrazine,yang ditemukan dalam minuman dan permen berwarna kuning dan jingga, dan natrium benzoat yang digunakan secara luas sebagai bahan pengawet.
1
3.Gigitan dan sengatan seranggaGigitan atau sengatan serangga dapat menimbulkan urtika setempat,hal ini lebih banyak diperantarai oleh IgE (tipe I) dan tipe seluler (tipe IV). Tetapi toksin bakteri juga dapat mengaktifkankomplemen.
Gambar 2: Reaksi urtikaria masiv akibat gigitan serangga
**Dikutip dari kepustakaan nomor 8
4.Bahan fotosensitizer 
3

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->