Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teknik Pembuatan Biopori Dan Biogas

Teknik Pembuatan Biopori Dan Biogas

Ratings: (0)|Views: 45 |Likes:
Published by Ariev Oneheart

More info:

Published by: Ariev Oneheart on Dec 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2013

pdf

text

original

 
 
Oleh :
SMA NEGERI 1 GRATI
2012
 – 
2013
Muhk. N. Arifin [ 43 ]
 
Pengertian LubangBiopori
Biopori adalah lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai akitifitasorganisma di dalamnya, seperti cacing, , perakaran tanaman, rayap dan fauna tanah laiinya. Lubang-lubang yang terbentuk akan terisi udara, dan akan menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah.Menunjukkan Foto melalui mikroskop elektron yang menggambarkan dua buah lubang yangterbentuk oleh cacing (pada lingkaran kuning bagian atas) dan lubang yang terbentuk oleh aktifitasakar tanaman (pada lingkaran kuning bagian bawah). Bila lubang-lubang seperti ini dapat dibuatdengan jumlah banyak, maka kemampuan dari sebidang tanah untuk meresapkan air akandiharapkan semakin meningkat. Meningkatnya kemampuan tanah dalam meresapkan air akanmemperkecil peluang terjadinya aliran air di permukaan tanahAtau dengan perkataan lain akan dapat mengurangi bahaya banjir yang mungkin terjadi. Secaraalami kondisi seperti itu dapat dijumpai pada lantai hutan dimana serasah atau bahan organik terumpuk di bagian permukaan tanah. Bahan organik ini selanjutnya menjadi bahan pakan (sumberenergi) bagi berbagai fauna tanah untuk melakukan aktifitasnya termasuk membentuk biopori. Padaekosistem lantai hutan yang baik, sebagian besar air hujan yang jatuh dipermukaannya akandiresapkan kedalam tanah.Ekosistem demikian dapat ditiru di lokasi lain dengan membuat lubang vertikal kedalam tanah.Lubang-lubang tersebut selanjutnya diisi bahan organik, seperti sampah-sampah organik rumahtangga, potongan rumput atau vegetasi lainnya, dan sejenisnya. Bahan organik ini kelak akandijadikan sumber energi bagi organisme di dalam tanah sehinga aktifitas mereka akan meningkat.Dengan meningkatnya aktifitas mereka maka akan semakin banyak biopori yang terbentuk.Kesinergisan antara lubang vertikal yang dibuat dengan biopori yang terbentuk akanmemungkinkan lubang-lubang ini dimanfaatlkan sebagai lubang peresapan air artifisial yang relatif murah dan ramah lingkungan. Lubang resapan ini selanjutnya di beri julukan LUBANG RESAPANBIOPORI atau disingkat sebagai LRB.
Keunggulan dan manfaat lubangbiopori
 
Lubang resapan biopori adalah teknologi tepat guna dan ramah lingkungan untuk mengatasi banjirdengan cara (1) meningkatkan daya resapan air, (2) mengubah sampah organik menjadi kompos danmengurangi emisi gas rumah kaca (CO2 dan metan), dan (3) memanfaatkan peran aktivitas faunatanah dan akar tanaman, dan mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh genangan air sepertipenyakit demam berdarah dan malaria.
Meningkatkan Daya Resapan Air
Kehadiran lubang resapan biopori secara langsung akan menambah bidang resapan air, setidaknyasebesar luas kolom/dinding lubang.. Sebagai contoh bila lubang dibuat dengan diameter 10 cm dandalam 100 cm maka luas bidang resapan akan bertambah sebanyak 3140 cm 2 atau hampir 1/3 m 2.Dengan kata lain suatu permukaan tanah berbentuk lingkaran dengan diamater 10 cm, yang semulamempunyai bidang resapan 78.5 cm 2 setelah dibuat lubang resapan biopori dengan kedalaman 100cm, luas bidang resapannya menjadi 3218 cm 2.Dengan adanya aktivitas fauna tanah pada lubang resapan maka biopori akan terbentuk dansenantiasa terpelihara keberadaannya. Oleh karena itu bidang resapan ini akan selalu terjagakemampuannya dalam meresapkan air. Dengan demikian kombinasi antara luas bidang resapandengan kehadiran biopori secara bersama-sama akan meningkatkan kemampuan dalam meresapkanair.
Mengubah Sampah Organik Menjadi Kompos
 Lubang resapan biopori "diaktifkan" dengan memberikan sampah organik kedalamnya. Sampah iniakan dijadikan sebagai sumber energi bagi organisme tanah untuk melakukan kegiatannya melaluiproses dekomposisi. Sampah yang telah didekompoisi ini dikenal sebagai kompos.. Dengan melaluiproses seperti itu maka lubang resapan biopori selain berfungsi sebagai bidang peresap air jugasekaligus berfungsi sebagai "pabrik" pembuat kompos. Kompos dapat dipanen pada setiap periodetertentu dan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik pada berbagai jenis tanaman, sepertitanaman hias, sayuran, dan jenis tanaman lainnya. Bagi mereka yang senang dengan budidayatanaman/sayuran organik maka kompos dari LRBadalah alternatif yang dapat digunakan sebagai pupuk sayurannya.
Memanfaatkan Fauna Tanah dan atau Akar Tanaman
 Seperti disebutkan di atas. Lubang Resapan Biopori diaktikan oleh organisme tanah, khususnyafauna tanah dan perakaran tanaman. Aktivitas merekalah yang selanjutnya akan menciptakanrongga-rongga atau liang-liang di dalam tanah yang akan dijadikan "saluran" air untuk meresap kedalam tubuh tanah. Dengan memanfaatkan aktivitas mereka maka rongga-rongga atau liang-liangtersebut akan senantiasa terpelihara dan terjaga keberadaannya sehingga kemampuan peresapannyaakan tetap terjaga tanpa campur tangan langsung dari manusia untuk pemeliharaannya. Hal initentunya akan sangat menghemat tenaga dan biaya. Kewajiban faktor manusia dalam hal ini adalahmemberikan pakan kepada mereka berupa sampah organik pada periode tertentu. Sampah organik yang dimasukkan ke dalam lubang akan menjadi humus dan tubuh biota dalam tanah, tidak cepatdiemisikan ke atmosfir sebagai gas rumah kaca; berarti mengurangi pemanasan global danmemelihara biodiversitas dalam tanah. Dengan hadirnya lubang-lubang resapan biopori dapat dicegah adanya genangan air, sehinggaberbagai masalah yang diakibatkannya seperti mewabahnya penyakit malaria, demam berdarah dankaki gajah (filariasis) akan dapat dihindari.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->