Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ASKEP Myastenia Gravis

ASKEP Myastenia Gravis

Ratings: (0)|Views: 213|Likes:
Published by Alfrisca Kende

More info:

Published by: Alfrisca Kende on Dec 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/19/2013

pdf

text

original

 
ASKEP Myastenia GravisBAB I
 
PENDAHULUAN
 
I. 1. Latar Belakang
 Myastenia gravis merupakan gangguan yang mempengaruhi trasmisineuromuskuler pada otot tubuh yang kerjanya dibawah kesadaran seseorang(volunteer) . Karakteristik yang muncul berupa kelemahan yang berlebihan danumumnya terjadi kelelahan pada otot-otot volunter dan hal itu dipengaruhi olehfungsi saraf cranial. Miastenia gravis lebih banyak terdapat pada wanita daripada pria(usia 40 tahun). Kalau penderita punya thymomas, justru mayoritas pada pria dengan50-60 tahun. Pada pasien yang mengalami miastenia gravis akan rentan terhadapkomplikasi-komplikasi yang sangat berbahaya bagi penderitanya, misalnya: krisismiastenia, krisis kolinergik, pneumonia dan sepsis. Miastenia gravis merupakanpenyakit yang dapat mengangu mobilisasi penderitanya, oleh karena itu perlu adanyapenanganan yang serius terhadap kasus ini.
I. 2. Permasalahan
 Permasalahan yang timbul sehingga disusunnya asuhan keperawatan iniadalah bagaimana seharusnya tindakan asuhan keperawatan pada sistem persarafandengan kasus Meningitis?
I. 3. Tujuan
 Tujuan disusunnya asuhan keperawatan ini adalah:1. Tujuan UmumUntuk memenuhi kegiatan belajar mengajar dari mata kuliah KeperawatanMedikal Bedah II (KMB II).2. Tujuan Khusus
 
a. Memperoleh gambaran mengenai Miastenia gravis.b. Dapat memahami tentang konsep asuhan keperawatan pasien dengan Miasteniagravis.
I. 4. Manfaat
 Manfaat dari penyusunan asuhan keperawatan ini, yaitu:1. Kegunaan Ilmiaha. Sebagai bahan bacaan bagi mahasiswab. Sebagai salah satu tugas akademik 2. Kegunaan PraktisBermanfaat bagi tenaga perawat dalam penerapan asuhan keperawatan padaklien dengan Miastenia gravis.
 
BAB II
 
KONSEP MEDIS
 
II. 1. Pengertian
 Myastenia gravis merupakan gangguan yang mempengaruhi trasmisineuromuskuler pada otot tubuh yang kerjanya dibawah kesadaran seseorang(volunter). Karakteristik yang muncul berupa kelemahan yang berlebihan danumumnya terjadi kelelahan pada otot-otot volunter dan hal itu dipengaruhi olehfungsi saraf cranial. Miastenia gravis adalah penyakit autoimun yangdimanifestasikan adanya kelemahan dan kelelahan otot akibat dari menurunnya jumlah dan efektifitas reseptor asetilkoline (ACh) pada persambungan antar neuron(neuromuscular junction).
II. 2. Klasifikasi
 Menurut Osserman miastenia gravis dapat diklasifikasikan menjadi 4 kelas,yaitu:1. Kelas I (miastenia okular)Hanya menyerang otot-otot okular sepeti ptosis, diplopia. Sifatnya ringan dan tidak menimbulkan kematian.2. Kelas IIa. Kelas II A (miastenia umum ringan)Awitan lambat, biasanya pada mata kemudian menyebar ke otot rangka, tidak gawat,respon terhadap obat baik, kematian rendah.b. Kelas II B ( miastenia umum sedang)Menyerang beberapa otot skeletal dan bulbar, kesulitan mengunyah, menelan. Responterhadap obat kurang, angka kematian rendah.3. Kelas III (miastenia fulminan akut)Perkembangan penyakit cepat, disertai krisis pernapasan, respon terhadap obat buruk,terjadinya thyoma tinggi dan angka kkematian tinggi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->