Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Fungsi Pokok Pancasila Sebagai Dasar Negara

Fungsi Pokok Pancasila Sebagai Dasar Negara

Ratings: (0)|Views: 70 |Likes:
Published by thomyemoekty

More info:

Published by: thomyemoekty on Dec 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2013

pdf

text

original

 
Fungsi Pokok Pancasila sebagai dasar Negara dan Ideologi Negara :A.
 
Pancasila sebagai dasar Negara :1.
 
Sebagai dasar Negara, pancasila berkedudukan sebagai norma dasar atau normafundamental (fundamental norm) Negara dengan demikian Pancasila menempati normahukum tertinggi dalam Negara ideologi Indonesia. Pancasila adalah cita hukum (staatside ) baik hukum tertulis dan tidak tertulis ( konvensi ).2.
 
Sebagai sumber dari segala sumber hukum, Pancasila merupaka n kaidah Negara yangfundamental artinya kedudukannya paling tinggi, oleh karena itu Pancasila juga sebagailandasan ideal penyususnan arturan
 – 
aturan di Indonesia. Oleh karena itu semuaperaturan perundangan baik yang dipusat maupun daerah tidak menyimpang dari nilaiPancasila atau harus bersumber dari nilai -nilai Pancasila.3.
 
Sebagai Pandangan Hidup, yaitu nilai Pancasila merupakan pedoman dan pegangandalam pembangunan bangsa dan Negara agar tetap berdiri kokoh dan mengetahuiarah dalam memecahkan masalah ideologi, politik, ekonomi, soaial dan budaya sertapertahanan dan keamanan.4.
 
Sebagai iiwa dan kepribadian bangsa Indonesia, nilai pancasila itu mencerminkankepribadian bangsa sebab nilai dasarnya kristalisasi nilai budaya bangsa Indonesia asli,bukan diambil dari bangsa lain.5.
 
Sebagai Perjanjian luhur bangsa Indonesia, pancasila lahir dari hasil musyawarah parapendiri bangsa dan negara ( founding fathers) sebagi para wakil bangsa, Pancasila yangdihasilkan itu dapat dipertanggungjawabkan secara moral, sisio kulturil. Moral dalam artitidak bertentangan dengan nilai agama yang berlaku di Indonesia, sosio kultural berarticerminan dari nilai budaya bangsa Indonesia, karena itu Pancasila merangkul segenaplapisan masyarakat Indonesia yang majemuk ini. Dengan demikian dapat dikatakanbahwa Pancasila sebagai dasar Negara merupakan norma dasar dalam kehidupanbernegara yang menjadi sumber dasar, landasan norma, serta memberi fungsi konstitutif dan regulative bagi penyusunan hukum
 – 
hokum Negara.
 
B.
 
Pancasila Sebagai Ideologi Negara :Dalam kehidupan sehari-hari istilah ideologi umumnya digunakan sebagai pengertianpedoman hidup baik dalam berpikir maupun bertindak. Dalam hal ini ideologi dapat dibedakanmejadi dua pengertian yaitu ideologi dalam arti luas dan ideol ogi dalam arti sempit. Dalam artiluas ideologi menunjuk pada pedoman dalam berpikir dan bertindak atau sebagai pedoman hidupdi semua segi kehidupan baik pribadi maupun umum. Sedangkan dalam arti sempit, ideologimenunjuk pada pedoman baik dalam berpikir maupun bertindak atau pedoman hidup dalambidang tertentu misalnya sebagai ideology Negara.Ideologi Negara adalah ideologi dalam pengertian sempit atau terbatas. Ideologi Negaramerupakan ideologi mayoritas waga Negara tentang nilai -nilai dasar Negara yang ingindiwujudkan melalui kehidupan Negara itu. Ideologi Negara sering disebut sebagai ideologipolitik karena terkait dengan penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat dan bernegara yangtidak lain adalah kehidupan politik. Pancasila adalah ideologi Negara yaitu gagasan fundamentalmengenai bagaimana hidup bernegara milik seluruh bangsa Indonesia bukan ideologi milik Negara atau rezim tertentu.Sebagai ideologi, yaitu selain kedudukannya sebagai dasar Negara kesatuan republicIndonesia Pancasila berkeduduka n juga sebagai ideologi nasional Indonesia yang dilaksanakansecara konsisten dalam kehidupan bernegara. Sebagai ideologi bangsa Indonesia, yaitu Pancasilasebagai ikatan budaya ( cultural bond) yang berkembangan secara alami dalam kehidupanmasyarakat Indo nesia bukan secara paksaan atau Pancasila adalah sesuatu yang sudah mendarahdaging dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia. Sebuah ideologi dapat bertahan ataupudar dalam menghadapi perubahan masyarakat tergantung daya tahan dari ideologi itu. Alfianmengatakan bahwa kekuatan ideologi tergantung pada kualitas tiga dimensi yang dimiliki olehideologi itu, yaitu dimensi realita, idealisme, dan fleksibelitas. Pancasila sebagai sebuah ideologimemiliki tiga dimensi tersebut:1.
 
Dimensi realita, yaitu nilai-nilai dasar yang ada pada ideologi itu yang mencerminkanrealita atau kenyataan yang hidup dalam masyarakat dimana ideologi itu lahir ataumuncul untuk pertama kalinya paling tidak nilai dasar ideologi itu mencerminkanrealita masyarakat pada awal kelahira nnya.2.
 
Dimensi Iidalisme, adalah kadar atau kualitas ideologi yang terkandung dalam nilaidasar itu mampu memberikan harapan kepada berbagai kelompok atau golongan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->