Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH penilaian KKM

MAKALAH penilaian KKM

Ratings: (0)|Views: 507|Likes:
Published by snurkhalimah

More info:

Published by: snurkhalimah on Dec 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Berdasarkan surat Dirjendikdasmen No.1321/c4/MN/2004 tentang PengkajianStandar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM)
 
atau Kretyeria Ketuntasan Minimal (KKM)Kurikulum 2004 dan sesuai dengan pelaksanaan Standar Isi, yang menyangkut masalahStandar Kopetensi (SK) dan Kopetensi dasar (KD maka sesuai dengan petunjuk dari BadanStandar Nasional Pendidikan (BSNP) tahun 2006, maka dipandang perlu setiap sekolah-sekolah untuk menentukan Standar Ketuntasan Minimal (KKM)-nya masing-masing sesuaidengan keadaan sekolah dimana sekolah itu berada Artinya antara sekolah A dengan sekolahB bisa KKM-nya berbeda satu sama lainnya.Dalam penetapam KKM ini masih ada beberapa sekolah atau guru bidang study yang belum memahaminya. Akibatnya beberapa diantara guru mengalami kesulitan untuk menetapkam KKM pada Laporan Hasil Belajar Siswa (LHBS) atau dulu kita kenal denganRapor.
B.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang diajukan adalah:1.Apa yang dimaksud dengan KKM?2.Sebutkan fungsi penetapan KKM?3.Bagaimana mekanisme penetapan KKM?4.Bagaimana format penulisan KKM?5.Bagaimana menafsirkan kriteria menjadi nilai?
C.Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penulisan makalah ini adalah:
1.
Mengetahui pengertian KKM
2.
Mengetahui fungsi penetapan KKM3.Mengetahui mekanisme penetapan KKM4.Mengetahui format penulisan KKM5.Mengetahui cara menafsirkan kriteria menjadi nilai1
 
BAB IIPEMBAHASANA.Pengertian KKM
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum MGMP secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.Kriteria ketuntasan minimal menjadi acuan bersam pendidik, peserta didik, dan orangtua peserta didik. Oleh karena itu pihak-pihak yang berkepentingan terhadap penilaian disekolah berhak untuk mengetahuinya. Satuan pendidikan perlu melakukan sosialisasi agar informasi dapat diakses dengan mudah oleh peserta didik dan atau orang tuanya. Kriteriaketuntasan minimal harus dicantumkan dalam laporan hasil belajar (LBH) sebagai acuandalam menyikapi hasil belajar peserta didik.
B.Fungsi KKM
1.
Sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai KD mata pelajaran yang diikuti.Setiap kompetensi dasar dapat diketahui ketercapainnya berdasarkan KKM yangditerapkan. Pendidik harus memberikan respon yang tepat terhadap pencapaiankompetensi dasar dalam bentuk pemberian layanan remedial atau layanan pengayaan.
2.
Sebagai acuan bagi peserta didik untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti pembelajaran.Setiap kompetensi dasar (KD) dan indikator ditetapkan KKM yang harus dicapai dandikuasai oleh peserta didik. Peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan diri dalammengikuti penilaian agar mencapai nilai melebihi KKM. Apabila hal tersebut tidak  biasa dicapai, peserta didik harus mengetahui KD-KD yang belum tuntas dan perludiperbaikan.3.Dapat digunakan sebagai bagian komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.Evaluasi keterlaksanaan dari hasil program kurikulum dapat dilihat dari keberhasilan pencapaian KKM yang ditetapkan perlu dianalisis untuk mendapatkan informasi2
 
tentang peta KD-KD tiap mata pelajaran yang mudah atau sulit, dan cara perbaikandalam proses pembelajaran maupun pemenuhan sarana prasarana belajar di sekolah.
4.
Sebagai “kontrak” pedagogik antara pendidik, peserta didik dan masyarakat(khususnya orang tua atau wali murid).Keberhasilan pencpaian KKM merupakan upaya yang harus dilakukan bersama antara pendidik, peserta didik, pimpinan satuan pendidikan dan orang tua. Pendidikanmelakukan upaya pencapaian KKM dengan memaksimalkan proses pembelajaran dan penilaian. Peserta didik melakukan upaya pencapaian KKM dengan proaktif mengikuti kegiatan pembelajaran serta mengerjakan tugas-tugas yang telah didesains pendidik. Orang tua dapat membantu dengan memberikan motivasi dan dukungan penuh bagi putra-putrinya dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan pimpinansatuan pendidikan berupaya memaksimalkan pembeljaaran dan penilaian di sekolah.5.Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran.Satuan pendidikan harus berupaya semaksimal mungkin untuk melampui KKM yangditetapkan. Keberhasilan pencapaian KKM merupakan salah satu tolak ukur kinerjasatuan pendidikan dalam menyelenggarakan program pendidikan. Satuan pendidikandengan KKM yang tinggi dan dilaksanakan secara bertanggug jawab dapat menjaditolak ukur kualitas mutu pendidikan bagi masyarakat (Depdiknas, 2008)
C.Mekanisme Penetapan KKM1.Prinsip penetapan KKM
Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal perlu mempertimbangkan beberapa ketentuansebagai berikut:
Penetapan KKM merupakan kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukanmelalui metode kualitatif dan atau kuantitatif. Metode kualitatif dapat dilakukan melalui profesinal judgement oleh pendidik dengan mempertimbangkan kemampuan akademik dan pengalaman pendidik mengajarkan mata pelajaran di sekolah. Sedangkan metodekuantitatif dilakukan dengan rentang angka yang disepakati sesuai dengan penetapancriteria yang ditentukan.
Penetapan nilai kriteria ketuntasan minimal dilakukan melalui analisis ketuntasan belajar minimal pada setiap indikator dengan memperhatikan kompleksitas, daya dukung3

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->