Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Khutbah Jumat Ukhuwah Islamiyah

Khutbah Jumat Ukhuwah Islamiyah

Ratings: (0)|Views: 31 |Likes:
Published by Khoiruz Zahra

More info:

Published by: Khoiruz Zahra on Dec 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/26/2013

pdf

text

original

 
RABU, 21 MARET 2012 10:38 SAAT MUBARAK, LC. MATERI DAKWAH-KHUTBAH JUMAT
Ma`asyiral Mukminin Rahimakumullah..
 
Kata ukhuwwah termasuk dari sekian banyak istilah agama yang sering terdengar dan menjadi tema bahasan yangsering kali dianggap mudah dibicarakan namun tidak gampang direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Lebihsering kata ini diikat dengan kata islamiyyah (ukhuwwah islamiyyah) namun kadang ada yang memberinya sifatdengan kata imaniyyah (Ukhuwwah Imaniyyah), dalam hal ini kita tidak membedakan kedua istilah tersebut, karenayang kita harapkan dari salah satunya adalah makna yang tercakup dari kedua istilah tersebut.
 
Hadirin Rahimakumullah..
 
Banyak alasan yang melandasi seseorang untuk melakukan jalinan hubungan baik dengan sesamanya; karena alasansatu suku, satu almamater, satu profesi dan lain sebagainya. Ketika hubungan diantara mereka semakin dekat dantali batin diantara mereka semakin kuat maka mereka nerasa seakan ada hubungan persaudaraan . Apakah hubunganpersaudaraan dengan landasan seperti ini yang diharapkan oleh islam ? Apakah islam memberikan arahan lain yangakan membuat hubungan persaudaraan diantara mereka jauh lebih kuat, lebih berkah dan lebih langgeng?Ukhuwwah islamiyyah yang diharapkan terjadi adalah sebuah ikatan persaudaraan yang landasan utamanya adalahkeimanan kepada Allah swt. Bisa jadi ikatan yang terbentuk diantara mereka secara formal, karena satu dari sekian
 banyak alasan ; satu suku, satu profesi, satu organisasi dan lain sebagainya… namun diatas semua itu pribadi
mukmin yang baik memiliki bingkai yang jauh lebih luas yaitu alasan karena keimanan kepada Allah. Oleh karenaitu pertemanan, persahabatan, atau kadang disebut dengan persaudaraan jika landasannya hanya murni alasan duniabukan karena keimanan kepada Allah swt akan sangat berbeda dengan persaudaraan karena Allah, karena keimanankepada-Nya.
 
Demikian ini adalah keistimewaan ukhuwah islamiyyah yang membedakan dengan persaudaraan atas nama apapunyang selain Allah swt;
 
Pertama :
Landasan Utamanya adalah Keimanan
 
Dalam salah satu firman-Nya Allah swt menyeru kepada manusia :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikankamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang palingmulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Mahamengetahui lagi Maha Mengenal. ( Al-Hujurat : 13)
 
Namun bagi mereka yang menjunjung tinggi ukhuwah islamiyyah maka dalam diri mereka telah lebur segala alasansuku bahkan bangsa dalam membina persaudaraan, maka yang jadi landasan persaudaraan mereka adalah keimanankepada Allah semata. Dalam sabdanya Rasulullah saw bersabda :
 
“Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Rabb kalian adalah satu, sesungguhnya ayah kalian adalah satu, tidak ada
keutamaan lebih bagi orang arab atas non arab, tidak juga bagi yang berkulit putih atas yang berkulit hitam kecuali
dengan ketakwaaan” (HR. Tha
brani)
 
Demikian Rasululullah mengajarkan, bahwa diatas segala alasan yang ada maka hanya takwalah yang menentukanketingggian dan keutamaan dimata Islam. Maka ikatan selain iman dan ketaqwaan kepada Allah swt dalam sebuahpersaudaraan tidak akan menjadikan persaudaraan itu mulia disisi-Nya.
 
Kedua :
 
Tujuan dan targetnya adalah „Ta`awun `alal birri‟.
 
Allah swt menitahkan kepada kita untuk saling tolong-menolong, bahu membahu dalam melakukan kebajikan,dalam mewujudkan kebaikan.
“Dan saling bahu
-membahulah kal
ian dalan kebajikan dan taqwa”
. Inilah yangmenjadi target ukhuwah islamiyyah, bahwa mereka bertemu atas nama Allah dan kemudian pertemuan danpersaudaraan itu melahirkan kejasama dalam melakukan kebaikan bukan sebaliknya. Dalam hadits yang disepakatikesh
ahihannya oleh Imam Bukhori dan Muslim, Rasulullah saw bersabda : “Seorang mukmin terhadap mukmin

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->