Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Struktur Sosial

Struktur Sosial

Ratings: (0)|Views: 77 |Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Muhammad Akbar Nugraha on Dec 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/15/2013

pdf

text

original

 
Struktur Sosial
 A.
 
Hakikat Struktur Sosial1.
 
Pengertian struktur sosialStruktur sosial merupakan tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang didalamnyaterkandung hubungan timbal balik antara status dan peranan dengan batas-batas perangkat unsur-unsur sosal yang mengacu pada suatu keteraturan perilaku di dalam masyarakat.2.
 
Analogi struktur sosialApabila masyarakat diumpamakan sebuah bangunan, maka struktur sosial masyarakat tersebutadalah kerangka sebuah bangunan yang terdiri dari kayu, besi, dan komponen-komponenbangunan lainnya. Komponen-komponen tersebut jalin menjalin membentuk suatu bangunan.Bangunan tersebut tidak dapat berdiri kokoh apabila salah satuatau beberapa komponen yang dibutuhkan untuk membuat bangunan tersebut tidak ada.B.
 
Ciri Struktur Sosial1.
 
Bersifat abstrak Artinya tidak dapat dilihat dan tidak dapat diraba. Struktur sosial merupakan hierarki kedudukandari tingkatan yang tertinggi sampai tingkatan terendah, berfungsi sebagai saluran kekuasaanadan pengaturan pemenuhan kebutuhan masyarakat secara menyeluruh.2.
 
Terdapat dimensi vertikal dan horizontalStruktur sosial pada dimensi vertikal adalah hierarki status-status sosial dengan segalaperanannya sehingga menjadi satu sistem yang tidak dapat dipisahkan dari struktur status yangtertinggi hingga struktur status yang terendah. Sedangkan pada struktur sosial dimensihorizontal, seluruh masyarakat berdasarkan karakteristiknya terbagi-bagi dalam kelompok-kelompok sosial yang memiliki karakteristik sama.3.
 
Sebagai landasan sebuah proses sosial suatu masyarakatProses sosial yang terjadi dalam suatu struktur sosial termasuk cepat lambatnya proses itu sendirisangat dipengaruhi oleh bagaimana bentuk struktur sosialnya.4.
 
Merupakan bagian dari sistem pengaturan tata kelakuan dan pola hubungan masyarakatStruktur sosial yang dimiliki suatu masyarakat berfungsi untuk mengatur berbagai bentuk hubungan antarindividu di dalam masyarakat tersebut.5.
 
Struktur sosial selalu berkembang dan dapat berubah
 
Struktur sosial merupakan tahapan perubahan dan perkembangan masyarakat yang mengandungdua pengertian, yaitu struktur sosial terdapat peranan yang bersifat empiris dalam prosesperubahan dan perkembangan serta dalam setiap perubahan dan perkembangan tersebut terdapattahap perhentian stabilitas, keteraturan, dan integrasi sosial yang berkesinambungan, sebelumterancam proses ketidakpuasan dalam tubuh masyarakat.C.
 
Fungsi Struktur Sosial1.
 
Fungsi pembelajaran. Yaitu sebagai dasar untuk menanamkan suatu disiplin ilmu sosial.2.
 
Sebagai pengawas sosial. Yaitu sebagai pembatas agar setiap anggota masyarakat berperilakusesuai dengan norma-norma dan nilai-nilai yang dianut masyarakat tersebut.3.
 
Fungsi Identifikasi. Yaitu struktur sosial merupakan karakteristik yang khas yang dimiliki suatumasyarakat sehingga dapat memberikan warna yang berbeda dari masyarakat yang lain.D.
 
Elemen Dasar Struktur Sosial1.
 
Status sosial2.
 
Peran sosial3.
 
Kelompok 4.
 
Lembaga/institusiE.
 
Bentuk Struktur Sosial1.
 
Dilihat dari sifatnyaa)
 
Struktur sosial kakuMerupakan bentuk struktur sosial yang tidak dapat dirubah atau sekurang-kurangnya masyarakatmenghadapi kesulitan besar untuk melakukan perpindahan status atau kedudukannya. Contoh:sistem Kasta.b)
 
Struktur sosial luwesPada struktur ini setiap anggota masyarakatnya bebas bergerak melakukan perubahan.c)
 
Struktur sosial formalMerupakan bentuk struktur sosial yang diakui oleh pihak yang berwenang.d)
 
Struktur sosial informalMerupakan struktur sosial yang nyata ada dan berfungsi tetapi tidak memiliki ketetapan hukumdan tidak diakui oleh pihak yang berwenang.2.
 
Dilihat dari identitas keanggotaan masyarakatnyaa)
 
Struktur sosial homogen
 
Pada struktur sosial homogen memiliki latar belakang kesamaan identitas dari setiap anggotamasyarakatnya, seperti kesamaan ras, suku bangsa ataupun agama.b)
 
Struktur sosial heterogenStruktur sosial ini ditandai oleh keragaman identitas anggota masyarakatnya.3.
 
Dilihat dari ketidaksamaan sosiala)
 
Diferensiasi sosialMerupakan perbedaan individu atau kelompok dalam masyarakat yang tidak menunjukkanadanya suatu tingkatan (hierarki).b)
 
Stratifikasi sosialMerupakan pembedaan masyarakat ke dalam kelas-kelas secara vertikal, yang diwujudkandengan adanya tingkatan masyarakat dari yang paling tinggi sampai yang paling rendah.
Stratifikasi Sosial
 Kata stratifikasi berasal dari bahasa latin, yaitu
stratum
yang berarti tingkatan dan
socius
yang berarti teman atau masyarakat. Secara harfiah stratifikasi social berarti tingkatan yang adadalam masyarakat. Stratifikasi sosial/ Pelapisan sosial adalah pembedaan masyarakat ke dalamkelas-kelas secara vertikal, yang diwujudkan dengan adanya tingkatan masyarakat dari yangpaling tinggi sampai yang paling rendah.A.
 
Unsur-unsur stratifikasi sosiala.
 
Status atau kedudukanStatus atau kedudukan sebagai suatu posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial.Umumnya terdapat tiga macam cara memperoleh status dalam masyarakat, yaitu:
 
Ascribed status (diperoleh karena kelahiran)
 
Assigned status (diperoleh karena pemberian)
 
Achieved status (diperoleh karena usaha)b.
 
PeranPeran merupakan tingkah laku yang diharapkan dari orang yang memiliki status tertentu.B.
 
Proses terbentuknya stratifikasi sosialDilihat dari cara terbentuknya, pelapisan sosial di dalam masyarakat dapat dibedakanmenjadi dua macam, yaitu :1.
 
Pelapisan sosial yang terjadi dengan sendirinya sesuai dengan pertumbuhan masyarakat yangbersangkutan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->