Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tulis format

tulis format

Ratings: (0)|Views: 4|Likes:
Published by Giran
semoga bermanfaat
semoga bermanfaat

More info:

Published by: Giran on Dec 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/23/2014

pdf

text

original

 
 
SEKOLAH TINGGI INFORMATIKA DAN KOMPUTER  YOS SUDARSO PURWOKERTOJln. Supardjo Rustam PO BOX 1 – Sokaraja Kab. Banyumas
(0281) 7620167Email : stikyos_pwt@yahoo.com
Panduan Menulis Karya Ilmiah
Format penulisan Karya Ilmiah (Laporan Kerja Praktek/Skripsi)
Format penulisan karya ilmiah ini merupakan panduan singkat bagimahasiswa Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer (STIK) Yos SudarsoPurwokerto. Format ini digunakan untuk penulisan laporan kerja praktek maupunpenulisan skripsi. Format dapat penulisan ini dapat digambarkan seperti berikutini:Pembukaan Halaman JudulHalaman Pengesahan PembimbingHalaman Pengesahan Penyelia
 Abstrak 
Kata PengantarDaftar IsiDaftar TabelDaftar Gambar
Pendahuluan
 
Landasan TeoriIsiPenutup
Daftar PustakaLampiranBeberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan karya ilmiah adalahsebagai berikut :
 
Bagian Pendahuluan. Bagian ini biasanya berisi latar belakang penelitian.Biasanya berisi pertanyaan-pertanyaan seperti mengapa penelitian inidilakukan, apa fokus dari penelitian, apa yang menjadi batasannya.Survey terhadap karya-karya orang lain yang mirip bisa dituliskan padabagian ini (atau pada bagian teori pendukung).
 
Bagian Teori Pendukung / Landasan Teori. Bagian ini biasanya berisiteori-teori atau hal-hal yang menjadi pendukung dari penelitian yangdilakukan. Bagian ini jangan terlalu mendominasi karya ilimiah tetapiusahakan singkat dan arahkan pembaca kepada referensi yang Andagunakan.
 
 
SEKOLAH TINGGI INFORMATIKA DAN KOMPUTER  YOS SUDARSO PURWOKERTOJln. Supardjo Rustam PO BOX 1 – Sokaraja Kab. Banyumas
(0281) 7620167Email : stikyos_pwt@yahoo.com
 
Bagian Isi. Bagian ini merupakan pokok utama dari tulisan Anda. Padabagian ini Anda menjelaskan desain yang Anda lakukan, implementasi,pengujian, dan hal-hal lain yang merupakan laporan dari pekerjaan Anda.Bagian ini bisa terdiri dari beberapa bab, sesuai dengan kebutuhan.Misalnya, Anda bisa membuat satu bab mengenai implementasi dan satubab lagi mengenai pengujiannya. Dasar-dasar kesimpulan ditarik ataudiutarakan pada bagian ini. Nanti padabagian penutup ini dapat dituliskankembali.
 
Bagian Penutup. Bagian ini berisi kesimpulan dan saran. Bagian ini hanyamerangkumkan pokok-pokok yang menarik saja. Perlu diperhatikanbahwa hal-hal yang muncul pada bagian ini semestinya sudah munculpada bagian isi. Akan aneh jika Anda mengambil kesimpulan yang tidak pernah muncul dalam bab sebelumnya. Bagaimana Anda bisa sampaikepada kesimpulan tersebut?
Penulisan Bagian Abstrak 
 Abstrak merupakan rangkuman dari isi tulisan dalam format yang sangatsingkat. Sebagai panduan, bayangkan seorang pembaca yang ingin mengetahuiisi dari tulisan Anda. Dengan membaca abstrak dia harus dapat mengetahui isitulisan Anda. Jika isinya cocok, maka dia dapat membaca lebih lanjut. Jika isinyatidak cocok, maka dia bisa mencari tulisan lain. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghemat waktu dari para pembaca. Abstrak hanya terdiri dari satu halaman saja. Di dalam abstrak berisi dua bagianyaitu bagian pertama berisi beberapa paragraf (maksimal 3 paragraf) tentangrangkuman dari isi tulisan. Sedangkan bagian kedua berisi kata kunci mengenaitopik yang menjadi bahan penulisan karya ilmiah.
Layout
Layout penulisan karya ilmiah yang berlaku di STIK Yos Sudarso adalah sebagaiberikut :Top : 4 cmBottom : 3 cmLeft : 4 cmRight : 3 cmFont : TahomaSize : 11Paper size : A4Weight : 80 gramsSpacing : 1.5

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->