Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab III Skripsi Terbaru

Bab III Skripsi Terbaru

Ratings: (0)|Views: 39 |Likes:
Published by sepriwan

More info:

Published by: sepriwan on Dec 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/04/2013

pdf

text

original

 
50
BAB IIIMETODELOGI PENELITIAN
3.1 Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang : (1) gayakepemimpinan kepala sekolah, (2) efektivitas mengajar guru di SD Islam PlusCahaya Insan Cimanggis,Depok.Berdasarkan data dan secara operasional, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolahdengan efektivitas mengajar guru di SD Islam Plus Cahaya Insan Cimanggis,Depok.
3.2 Tempat dan Waktu Penelitian
Tempat melakukan penelitian ini di SD Islam Plus Cahaya Insan yang berlokasi di Kelurahan Jati Jajar, Kecamatan Cimanggis, Depok. Adapun waktu penelitian dilakukan pada tanggal 19 Februari sampai dengan 23 Februari 2010.
3.3 Metode Penelitian
 Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodekuantitatif. Metode ini berupaya untuk menggambarkan seberapa jauh hubunganantara variabel satu (variabel terikat) dengan variabel yang lain (variabel bebas).
Variabel penelitian adalah objek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian. Variabel menurut Y.W. Best yang dikutip oleh
 
50
 
51Sanafiah Faisal adalah kondisi yang oleh peneliti dimanipulasi, dikontroldan di observasikan dalam suatu penelitian.selain itu variabel juga dijadikan objek pengamatan penelitian
1
.Variabel dalam penelitian ini penulis bagi menjadi :1.
 
Independent Variabel (Variabel Bebas) : Gaya Kepemimpinan KepalaSekolah (Variabel X)2.
 
Dependent Variabel (Variabel Terikat) : Efektivitas Mengajar guru(Variabel Y)X = Gaya kepemimpinan kepala sekolah Y = Efektivitas Mengajar Guru
3.4 Tehnik Pengambilan Sampel
Dalam pengambilan sampel penelitian ini, Penulis terlebih dahulumenentukan Populasi penelitian untuk memudahkan dan memperjelaspengambilan sempel tersebut.
a
.
Populasi Penelitian
Menurut Suharsimi Arikunto Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian.
2
 
Sedangkan menurut Sudjana Populasi adalah totalitas semua nilaiyang mungkin, menghitung hasil atau pengukuran, kuantitatif maupun kualitatif mengenai karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan
1
Amirul Hadi dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung : Pustaka Setia, 1988),h. 30
2
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek 
.
(Jakarta: Rineka Cipta 2002)h.108
 
X Y
 
52 jelas yang ingin dipelajari sifat-sifatnya.
3
 
Jadi populasi adalah keseluruhan subjek penelitian yang berupa data kuantitatif dan kualitatif dari mengukur danmenghitung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SDIslam Plus Cahaya Insan yang berjumlah 45 orang.
b.Sampel Penelitian
Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti. Jika populasikurang dari seratus maka semuanya di jadikan sampel.
4
Sedangkan menurut SudjanaSampel adalah sebagian yang diambil dari populasi.
5
 
Semua populasi di atasdijadikan sampel seluruhnya, karena populasi kurang dari seratus. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling yaitu seluruh populasi dijadikansampel penelitian yaitu 45 orang guru.
3.5. Tehnik Pengumpulan Data
Metode yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini yaitu metodekuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi
 product moment 
yang bertujuanuntuk mengetahui seberapa jauh hubungan mengenai gaya kepemimpinan kepalasekolah dengan efektivitas mengajar guru. Untuk mendapatkan data yangdiperlukan, penulis menggunakan :1.
 
Penelitian kepustakaan
(Library Research)
yaitu dengan cara menghimpundata dan fakta dari beberapa literature baik berupa buku, majalah, maupunartikel yang ada kaitannya dengan permasalahan yang di bahas.2.
 
Penelitian lapangan
(Field Research)
yaitu dengan cara penulismengadakan penelitian secara langsung ke lokasi, penelitian ini dimaksudguna mengumpulkan data yang diperlukan dalam penyusunan skripsi ini.
3
Sujana. Metoda Statistika. (Bandung: Tarsito 2002), h. 6
4
Suharsimi Arikuto, Loc.Cit.
5
Sudjana, Loc. Cit

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->