Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BERDISKUSI

BERDISKUSI

Ratings: (0)|Views: 180 |Likes:

More info:

Published by: Queenindhyramadhani FourTarithetinkerbell on Dec 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/26/2012

pdf

text

original

 
7
BERDISKUSI
Diskusi berasal dari bahasa Latin, yakni
discutere
yang berarti membeberkan masalah. Sesuaidengan hakikatnya, diskusi merupakan suatu proses berpikir bersama untuk memahami suatumasalah dan menemukan sebab musababnya, serta mencari pemecahannya.Dalam proses ini, orang mengemukakan pendapatnya, menjelaskan alasan, clan hubunganyang terjalin di antara permasalahan yang ada. Setelah kegiatan berdiskusi selesai, seharusnya paraanggota diskusi suclah mempunyai/menemukan suatu keputusan atau setidaknya memilikipandangan clan pengetahuan yang lebih jelas mengenai masalah yang didiskusikan. Berikut dibahas berturut-turut mengenai bentuk diskusi, tujuan, unsur-unsur diskusi, dan etika diskusi.
Bentuk-Bentuk Diskusi
Terdapat beragam bentuk diskusi, antara lain diskusi kelompok, diskusi pleno, diskusipanel, debat, diskusi fak, diskusi podium, kongres, simposium, seminar, konferensi, lokakarya,forum diskusi, dan diskusi kasualis.1.
 
Diskusi kelompok Diskusi ini mengacu pada terbatasnya jumlah peserta. Diskusi kelompok dapat terlaksanasecara formal dan nonformal. Kelompok dapat terbentuk dari persamaan profesi, status, usiaatau jenis kelamin.2.
 
Diskusi plenoDalam diskusi ini, kelompok-kelompok berkumpul untuk melaporkan hasil diskusi dalamkelompoknya. Diskusi ini tindak lanjut dari diskusi kelompok.3.
 
Diskusi panelDiskusi jenis ini didahului dengan penyampaian uraian/ pembahasan.4.
 
Debat Debat merupakan pembahasan atau pertukaran pendapat mengenai suatu pokok masalah.Tiap peserta memberikan alasan untuk mempertahankan pendapatnya.5.
 
Diskusi fak Diskusi ini bertujuan untuk mengolah suatu bahan secara bersama-sama di bawah bimbinganseorang ahli. Diskusi fak merupakan suatu proses saling bertukar pikiran dan pendapat untuk mencapai suatu pengetahuan yang lebih tinggi.6.
 
Diskusi podiumDalam diskusi ini, wakil dari tiap kelompok menjelaskan masalah yang ada secara terbuka.
 
8
7.
 
KongresKongres merupakan pertemuan para wakil organisasi (politik, social, dan profesi) untuk berpikir bersama dalam mengambil suatu keputusan.8.
 
SimposiumSimposium adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk membahas prasaran-prasaran daribeberapa ahli mengenai pokok persoalan tertentu.9.
 
SeminarDalam seminar, para ahli menyampaikan pembahasan masalah. Peserta berperan sertadengan menyampaikan pertanyaan, ulasan, maupun pembahasan sehingga pengkajianmasalah menjadi lebih mendalam.10.
 
KonferensiPertemuan sejumlah orang dengan tujuan berpikir bersama untuk mencapai suatu keputusan.Peserta konferensi mempunyai latar belakang dan minas yang sama.11.
 
LokakaryaLokakarya atau sanggar kerja merupakan pertemuan untuk membahas suatu masalah sesuaidengan profesi masing-masing.12.
 
Forum diskusiForum diskusi merupakan kombinasi beberapa bentuk dialog. Forum diskusi memilikikadar demokrasi yang tinggi.13.
 
Diskusi kasualisDiskusi kasualis adalah penelitian bersama atas satu masalah konkret atau situasi konkret yang mengandung berbagai kemungkinan jalan keluar. Diskusi ini bertujuan untuk mencari jalan keluar yang tepat.
Tujuan Diskusi
Tujuan diskusi, antara lain untuk menumbuhkembangkan tradisi intelektual; mengambilkeputusan dan kesimpulan; menyamakan apresiasi, persepsi, dan visi, menghidupkan kepeduliandan kepekaan; serta menjadi sarana komunikasi dan konsultasi.
Persiapan Diskusi
Dalam persiapan diskusi, terdapat tiga bidang yang perlu diperhatikan antara lain:a.
 
Persiapan bahanPersiapan bahan meliputi pembatasan tujuan, pembatasan pokok-pokok diskusi, danpenyiapan prosedur diskusi. Hal ini dimaksudkan agar diskusi berjalan tertib dan
 
9
terarah. Bahan yang diambil hendaknya menarik peserta diskusi dart merupakan persoalanyang aktual.b.
 
Persiapan personalSejak awal, kita harus memastikan peserta diskusi yang akan diundang, termasuk ahli jikadiperlukan. Menurut Hendrikus dalam
Retorika
(1991: 100), sebuah kelompok diskusi yangideal memiliki anggota 8-12 orang.c.
 
Persiapan. ruanganDalam mempersiapkan ruangan, perlu diperhatikan aspek estetis, fungsi, dan cara duduk.Aspek ini sangat menentukan proses diskusi.Beberapa contoh formasi diskusi1.
 
Formasi diskusi yang tidak lebih dari 18 peserta
 
Model A : 9 peserta Model B : 9 peserta Model C : 9 pesertaModel D : 12 peserta Model E : 14 peserta Model C : 18 pesertaModel Schlenzka

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->