Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ULKUS DIABETIKUS

ULKUS DIABETIKUS

Ratings: (0)|Views: 286 |Likes:
Published by Yan Ghayut

More info:

Published by: Yan Ghayut on Dec 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/01/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Etiologi pada ulserasi diabetik yaitu neuropati, penyakit arteri, dan deformitaskaki atau abnormalitas musculoskeletal. Neuropati perifer mempengaruhi sensorik,motorik, dan otonom. Neuropati sensorik mengganggu pasien mengenali tanda-tanda awal nyeri atau tekanan dari alaskaki atau infeksi, yang menjadi faktor risikoprimer. Kontrol optimal kadar glukosa darah menurunkan insidensi kebanyakanmorbiditas sistem organ terkait diabetes. Faktor risiko sekunder yaitu penyakit vaskuler perifer iskemik, yang biasanya progresif ke arah distal pada pasiendiabetes. Faktor risiko ketiga terkait dengan defisiensi imun, sehingga pasien rentanterhadap infeksi organisme yang biasanya tidak mempengaruhi orang sehat.Faktor risiko untuk berkembangnya ulkus diabetik yaitu: (1) deformitas, (2)penyakit vaskuler perifer, (3) riwayat luka kaki sebelumnya, (4) amputasisebelumnya, (5) neuropati. Faktor risiko penyokong lain yang harus diidentifikasidan yaitu: (1) obesitas, (2) penyakit ginjal tahap lanjut, (3) alas kaki tidak sesuai,(4) malnutrisi, (5) penyakit vaskuler kolagen, (6) penggunaan steroid atauimunosupresan lain, dan (7) usia.Selain untuk mengetahui etiologi serta faktor-faktor yang menyebabkanberkembangnya luka diabetik, maka kelompok membahas tentang definisi,patofisiologi, tanda dan gejala serta manajemen keperawatan pada luka diabeticdalam makalah ini berdasarkan kasus pemicu.
B.
 
Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang dapat diangkat yaitu bagaimanamengidentifikasi patofisiologi, klasifikasi, tanda dan gejala, manajemen lukadiabetik.
C.
 
Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini yaitu memberikan pengetahuan terhadappatofisiologi, klasifikasi, tanda dan gejala, manajemen luka diabetik.
 
D.
 
Metode Penulisan
Adapun metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah denganmetode deskriptif yaitu dengan mengumpulkan beberapa literatur-literatur dariinternet maupun dari buku-buku yang berhubungan dengan patofisiologi,klasifikasi, tanda dan gejala, manajemen luka diabetik.
E.
 
Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan yang digunakan dalam penyusunan makalah inimeliputi :BAB I : Pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan,metode penulisan, dan sistematika penulisan.BAB II : Pembahasan yang terdiri dari definisi, patofisiologi, respon lokal danluas luka, penatalaksanaan serta manajemen pada luka diabeticBAB III : Pembahasan kasus.BAB IV : Penutup terdiri dari kesimpulan dan saran
 
 
BAB IITINJAUAN TEORIA.
 
Definisi Ulkus diabetik.
Ulkus diabetika adalah salah satu bentuk komplikasi kronik Diabetesmellitus berupa luka terbuka pada permukaan kulit yang dapat disertai adanyakematian jaringan setempat. Ulkus diabetika merupakan luka terbuka padapermukaan kulit karena adanya komplikasi makroangiopati sehingga terjadivaskuler insusifiensi dan neuropati, yang lebih lanjut terdapat luka pada penderitayang sering tidak dirasakan, dan dapat berkembang menjadi infeksi disebabkan olehbakteri aerob maupun anaerob. Pasien diabetes sangat beresiko terhadap kejadianluka dikaki (Litzelman, 1993) dan merupakan jenis luka kronis yang sangat sulit penyembuhannya. Perawtan luka diabetes khususnya dikaki relatif mahal, namunmenjadi lebih berkualitas dibanding pasien harus kehilangan salah satu anggotatubuhnya.Ada banyak alasan mengapa klien diabetes beresiko tinggi terhadap kejadianluka dikaki diantaranya diakibatkan karena kaki yang sulit bergerak terutama jikaklien dengan obesitas, neoropati sensorik, iskhemia sehingga proses penyembuhanmenjadi lambat akibat konstriksi pembuluh darah.Adanya gannguan sistem imunitas, pada klien diabetes menyebabkan lukamudah terinfeksi dan jika terkontaminasi bakteri akan menjadi ganren sehinggamakin sulit pada perawatannya serta beresiko terhadap amputasi.B.
 
Klasifikasi ulkus diabetik.
 Untuk tujuan klinis praktis, kaki diabetika dapat dibagi menjadi 3 katagori,yaitu kaki diabetika neuropati, iskemia dan neuroiskemia. Pada umumnya kakidiabetika disebabkan oleh factor:a.
 
Diabetika neuropatib.
 
Iskemiac.
 
Neuroiskemia

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ruslan Muchtar liked this
Ruslan Muchtar liked this
Rita Linglung liked this
Dya Devi liked this
merry_andriani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->