Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Standar Pelayanan Minimal

Standar Pelayanan Minimal

Ratings: (0)|Views: 37 |Likes:
Published by Muh Tahir Alqadry

More info:

Published by: Muh Tahir Alqadry on Dec 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/26/2013

pdf

text

original

 
Standar Pelayanan Minimal (SPM)Pendidikan Dasar
http://disdikpora-boyolali.info/news/662/standar-pelayanan-minimal-spm-pendidikan-dasar.aspxKemdiknas terbitkan Permendiknas nomor 15 tahun 2010 tentang Standar PelayananMinimal atau SPM pendidikan dasar.
 
Kemdiknas telah menerbitkan regulasi baru yakni Permendiknas nomor 15 tahun 2010tentang Standar Pelayanan Minimal atau SPM pendidikan dasar. Oleh karen itu DirektoratMandikdasmen mengadakan sosialisasi Standar pelayanan Minimal Pendidikan Dasar diJakarta. SPM Pendidikan Dasar ini bertujuan untuk peningkatan dan pemerataan mutupendidikan SD/MI dan SMP/ MTs.
 
SPM pendidikan dasar dapat diartikan sebagai ketentuan tentang jumlah dan mutulayanan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten/kota untuk SD danSMP dan Kandepag untuk MI dan MTs secara langsung maupun secara tidak langsungmelalui sekolah dan madrasah.SPM diharapkan mampu mempersempit kesenjangan mutu pendidikan yang kedepannya juga diharapkan berimplikasi pada mengecilnya kesenjangan sosial ekonomi.
 
SPM mulai diberlakukan tahun 2011 dengan tahapan rehabilitasi sarana dan prasaranasekolah pelatihan guru dan tenaga pendidik. Maka diharapkan dalam waktu tiga tahunatau pada tahun 2013 seluruh SD/MI dan SMP/MTs sudah melaksanakan SPM.
 
Standar pelayanan minimal pendidikan dasar selanjutnya disebut SPM Pendidikan Dasaradalah tolok ukur kinerja pelayanan pendidikan dasar melalui jalur pendidikan formalyang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Standar Pelayanan Minimal(SPM) Pendidikan merupakan ketentuan tentang jumlah dan mutu layanan pendidikanyang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, Kantor Wilayah Kementerian Agama, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota secara langsung maupun secaratidak langsung melalui sekolah dan madrasah. Penerapan SPM dimaksudkan untuk memastikan bahwa di setiap sekolah dan madrasah terpenuhi kondisi minimum yangdibutuhkan untuk menjamin terselenggaranya proses pembelajaran yang memadai.SPM Pendidikan meliputi layanan-layanan:
 
 
yang merupakan
tanggung-jawab langsung 
Pemerintah Kabupaten/Kota yangmenjadi tugas pokok dan fungsi dinas pendidikan untuk sekolah atau kantordepartemen agama untuk madrasah (misalnya: penyediaan ruang kelas danpenyediaan guru yang memenuhi persyaratan kualifikasi maupun kompetensi);
 
 
yang merupakan
tanggung-jawab tidak langsung 
Pemerintah Kabupaten/Kota c/qDinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama - karena layanan diberikanoleh pihak sekolah dan madrasah, para guru dan tenaga kependidikan, dengandukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dan KantorKementerian Agama (contoh: persiapan rencana pembelajaran dan evaluasi hasil

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->