Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Ekologi

Makalah Ekologi

Ratings: (0)|Views: 570 |Likes:
Published by Fidia Dwi Listiya

More info:

Published by: Fidia Dwi Listiya on Dec 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/20/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang
Semenjak umat manusia menghuni planet bumi ini, sebenarnya merekasudah seringkali menghadapi masalah-masalah kesehatan serta bahayakematian yang disebabkan oleh faktor-faktor lingkungan hidup yang adadisekeliling mereka seperti benda mati, mahkluk hidup, adat istiadat,kebiasaandan lain-lain. Namun oleh karena keterbatasan ilmu pengetahuan mereka padasaat itu, maka setiap kejadian yang luar biasa dalam kehidupan mereka selaludiasosiasikan dengan hal-hal yang bersifat mistik, seperti wabah penyakitsampar yang berjangkit di suatu tempat dianggap sebagai kutukan dankemarahan dewata. konsep pemikiran mengenai faktor-faktor lingkungan hidupeksternal manusia yang mempunyai pengaruh, baik secara langsung maupuntidak langsung terhadap masalah kesehatan terus menerus dipelajari danberkembang menjadi suatu disiplin ilmu yang disebut sebagai Ilmu KesehatanLingkunganPola penyebaran penyakit sangat berpengaruh pada kesehatanlingkungan. Pola penyebaran penyakit di negara berkembang seperti Indonesiadengan pola penyebaran penyakit di negara maju sangat berbeda.Kecenderungan penyakit yang terjadi di negara berkembang adalah penyakitmenular. Sedangkan di negara maju di dominasi oleh penyakit tidak menular.Negara berkembang rata-rata penduduknya memiliki tingkat pendidikandan taraf perekonomian yang rendah. Dari kedua faktor tersebut berimplikasiterhadap kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat itu sendiri. Tingkatpendidikan yang rendah menciptakan masyarakat yang kurang bahkan tidakmemiliki pengetahuan tentang kesehatan. Sebagai contoh sederhana,masyarakat membuang sampah secara sembarangan. Akibatnya terjadipenumpukan volume sampah yang berimplikasi terhadap datangnya banjir. Jikabanjir terjadi, maka akan mempengaruhi derajat kesehatan lingkungan itu sendiri.
 
Penyakit kulit, diare merupakan salah satu contoh kecil penyakit menular danlingkungan pun pasti akan mengalami kerusakan.Sebaliknya, penyakit tidak menular sering kali menimpa pada masyarakatyang mempunyai kecenderungan tingkat pendidikan dan tingkat ekonomimenengah ke atas. Korelasi dengan hal tersebut memang bisa dipahami.Dengan tingkat pendidikan dan ekonomi yang memadai, maka tingkatpengetahuan tentang kesehatannya pun diperkirakan/relatif akan meningkatpula. Pola makan yang serba siap saji (baca: kandungan gizi tinggi) ditudingsalah satu faktor penyebab penyakit yang bersifat tidak menular. Misalnyapenyakit jantung akibat kadar kolesterol tinggi.Secara harfiah, ekologi diartikan ilmu yang mempelajari hubunganlingkungan dengan komponen di dalamnya. Manusia sendiri adalah mahlukhidup yang memerlukan lingkungan untuk kelangsungan hidupnya. Jadi ekologimanusia adalah suatu hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannyademi keberlangsungan hidup dengan cara memanfaatkan Sumber Daya Alamdidalamnya. Banyak lingkungan yang mengalami kerusakan akibat ulahmanusia. Tapi tidak sedikit alam lingkungan mempunyai daya dukung terhadapsekitarnya akibat keramahan terhadap lingkungan itu sendiri.Lingkungan akan menjadi sahabat ketika kita sebagai manusiamemperlakukannya dengan baik dan memanfaatkan sumber daya yang ada didalamnya secara wajar. Dan lingkungan akan menjadi ancaman terhadapmahluk hidup khususnya manusia ketika kita memperlakukannya dengan hawanafsu untuk kepentingan pribadi.
B. Rumusan Masalah
Didalam makalah yang kami susun ini, kami mengambil rumusan masalahmengenai hubungan ekologi dengan masalah kesehatan lingkungan diIndonesia.
C. Tujuan Penulisan
1. Mengetahui pengertian Ekologi dan Kesehatan Lingkungan
 
2. Mengetahui masalah masalah kesehatan lingkungan di Indonesia yangberhubungan dengan pertambahan penduduk.3. Mengetahui cara pengendalian masalah kesehatan lingkungan akibatpertambahan penduduk.
D. Manfaat Penulisan
 Agar pembaca dan kami selaku penulis dapat mengetahui hubungan ekologidengan masalah kesehatan lingkungan di Indonesia.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->