Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LP ISPA

LP ISPA

Ratings: (0)|Views: 523|Likes:
Published by Muhammad Ichlal

More info:

Published by: Muhammad Ichlal on Dec 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/10/2013

pdf

text

original

 
A.
 
DEFENISIISPA sering disalah artikan sebagai infeksi saluran pernapasan atas.Yang benar ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut.ISPA meliputi saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagianbawahISPA adalah infeksi saluran pernapasan yang berlangsung sampai 14hari. Yang dimaksud dengan saluran pernapasan adalah organ mulai darihidung sampai gelembung paru, beserta organ-organ disekitarnya seperti :sinus, ruang telinga tengah dan selaput paru.Sebagian besar dari infeksi saluran pernapasan hanya bersifat ringanseperti batuk pilek dan tidak memerlukan pengobatan dengan antibiotik,namun demikian anak akan menderita pneumoni bila infeksi paru ini tidak diobati dengan antibiotik dapat mengakibat kematian.B.
 
ETIOLOGIEtiologi ISPA lebih dari 300 jenis bakteri, virus, dan jamur. Bakteripenyebabnya antara lain dari genus streptokokus, stafilokokus, pnemokokus,hemofilus, bordetella, dan korinebacterium. Virus penyebabnya antara laingolongan mikovirus, adenovirus, koronavirus, pikornavirus, mikoplasma,herpesvirus.Bakteri dan virus yang paling sering menjadi penyebab ISPAdiantaranya bakteri stafilokokus dan streptokokus serta virus influenza yangdi udara bebas akan masuk dan menempel pada saluran pernafasan bagian atasyaitu tenggorokan dan hidung.Biasanya bakteri dan virus tersebut menyerang anak-anak usiadibawah 2 tahun yang kekebalan tubuhnya lemah atau belum sempurna.Peralihan musim kemarau ke musim hujan juga menimbulkan risiko seranganISPA.
 
Beberapa faktor lain yang diperkirakan berkontribusi terhadap kejadian ISPApada anak adalah rendahnya asupan antioksidan, status gizi kurang, danburuknya sanitasi lingkungan.
Factor Pencetus ISPA
 
1. Usia
 Anak yang usianya lebih muda, kemungkinan untuk menderita atau terkenapenyakit ISPA lebih besar bila dibandingkan dengan anak yang usianya lebihtua karena daya tahan tubuhnya lebih rendah.
2.
 
Status Imunisasi
 Annak dengan status imunisasi yang lengkap, daya tahan tubuhnya lebih baik dibandingkan dengan anak yang status imunisasinya tidak lengkap.
3.
 
Lingkungan
Lingkungan yang udaranya tidak baik, seperti polusi udara di kota-kota besardan asap rokok dapat menyebabkan timbulnya penyakit ISPA pada anak.
Faktor Pendukung Penyebab ISPA
 
1. Kondisi Ekonomi
 Keadaan ekonomi yang belum pulih dari krisis ekonomi yang berkepanjanganberdampak peningkatan penduduk miskin disertai dengan kemampuannyamenyediakan lingkungan pemukiman yang sehat mendorong peningkatan jumlah Balita yang rentan terhadap serangan berbagai penyakit menulartermasuk ISPA. Pada akhirnya akan mendorong meningkatnya penyakit ISPAdan Pneumonia pada Balita.
2. Kependudukan
 Jumlah penduduk yang besar mendorong peningkatan jumlah populasi Balitayang besar pula. Ditambah lagi dengan status kesehatan masyarakat yangmasih rendah, akan menambah berat beban kegiatan pemberantasan penyakitISPA.
3. Geografi
 
 
Sebagai daerah tropis, Indonesia memiliki potensi daerah endemis beberapapenyakit infeksi yang setiap saat dapat menjadi ancaman bagi kesehatanmasyarakat. Pengaruh geografis dapat mendorong terjadinya peningkatankaus maupun kemaian penderita akibat ISPA. Dengan demikian pendekatandalam pemberantasan ISPA perlu dilakukan dengan mengatasi semua faktorrisiko dan faktor-faktor lain yang mempengaruhinya.
4. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
 PHBS merupakan modal utama bagi pencegahan penyakit ISPA. Perilakubersih dan sehat tersebut sangat dipengaruhi oleh budaya dan tingkatpendidikan penduduk. Dengan makin meningkatnya tingkat pendidikan dimasyarakat diperkirakan akan berpengaruh positif terhadap pemahamanmasyarakat dalam menjaga kesehatan Balita agar tidak terkena penyakit ISPAyaitu melalui upaya memperhatikan rumah sehat dan lingkungan sehat.
5. Lingkungan dan Iklim Global
 Pencemaran lingkungan seperti asap karena kebakaran hutan, gas buangsarana transportasi dan polusi udara dalam rumah merupakan ancamankesehatan terutama penyakit ISPA. Demikian pula perubahan iklim gobalterutama suhu, kelembapan, curah hujan, merupakan beban ganda dalampemberantasan penyakit ISPA.Agen infeksi adalah virus atau kuman yang merupakan penyebab dariterjadinya infeksi saluran pernafasan. Ada beberapa jenis kuman yangmerupakan penyebab utama yakni golongan A -hemolityc streptococus,staphylococus, haemophylus influenzae,b clamydia trachomatis, mycoplasmadan pneumokokus.Usia bayi atau neonatus, pada anak yang mendapatkan air susu ibu angkakejadian pada usia dibawah 3 bulan rendah karena mendapatkan imunitas dariair susu ibu. Ukuran dari lebar penampang dari saluran pernafasan turutberpengaruh didalam derajat keparahan penyakit. Karena dengan lobang yang

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->