Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PTK

PTK

Ratings: (0)|Views: 536 |Likes:
Kenang-kenangan
Kenang-kenangan

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Sakkit Kkarnha Cinntta on Dec 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2013

pdf

text

original

 
 Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Penggolongan HewanBerdasarkan Jenis Makanannya Mata Pelajaran IPA Melalui StrategiNumbered Heads Together Pada Peserta Didik Kelas VI Semester I SD Negeri 1Batulicin
 
PENDAHULUAN
 I.
 
Latar Belakang MasalahSDN 1 Batulicin merupakan sebuah SD yang terletak di pusat kota Batulicin danmerupakan Ibu Kota Kabupaten Tanah Bumbu, dengan letak geografis ini tentu SDN1 Batulicin memiliki sarana pembelajaran yang lengakap untuk mendukung prestasibelajar siswanya. sesunggunya dalam segi pencapaian Kriteria Ketuntasan Maksimumyang ditargetkan Guru kelas IV mata pelajaran IPA materi Penggolongan HewanBerdasarkan Jenis Makanannya belum sepenuhnya sesuai harapan, dalam hal ini adaberberapa siswa yang pencapaian KKM pada materi tersebut belum maksimal ( belumtuntas ).Di SD Negeri 1 Batulicin tersebut kelas IV terdapat dua rombongan belajar yangmasing-masing kelas memiliki 38 siswa, berdasarkan jumlah siswa yang sebanyak itutentu tidak efektif jika guru melakukan kegiatan pembelajaran hanya mengandalkanbuku-buku saja, sejatinya banyak strategi yang perlu dikembangkan guna mendukungtercapainya target ketuntasan yang diinginkan makan, untuk mendukung pencapaianhasil maksimal dalam KKM dengan julah siswa sebasar itu, penyusun berusahamencoba menggembangkan strategi
Numbered Heads Together
dalam kegiatanpeneliatiannya.Sejalan dengan hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri PendidikanNasional Republik Indonesia tentang Standar Kompetensi Luusan untuk SatuanPendidikan Dasar dan Menengah khususnya mata pelajaran Sains di SD dan MImenegaskan bahwa memahami konsep penyesuaian makhluk hidup denganlingkungannya merupakan salah satu kompetensi dalam mata pelajaran Sains. Secarakonkret untuk mencapai Standar Kompetensi lulusan tersebut diterjemahkan ke dalamproses pembelajaran. Salah satu upaya guru dalam mengkonkretkan prosespembelajaran tersebut dengan menyesuaikan konteks konsep dengan lingkunganbelajar siswa dan oleh karena itu guru harus mampu dan terampil menguasai danmenerapkan beberapa pendekatan dalam belajar diantaranya adalahStrategi Numbered Heads Together .( Depdiknas, 2003: 17 )
 
 II.
 
Ruang Lingkup PenelitianPenelitian yang dilakukan di SDN 1 Batulicin Kelas IV pada konsepPenggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makananya akan dibagi berberapa sikluspenelitian sehingga tercapai target ketuntasan maksimum (KKM) yaitu 65 standarketuntasan bidang studi IPA dapat tercapai.Metode Numbered Heads Together dalam pelaksanaannya merangkum beberapaaspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sehingga peneliti berkesimpulanketiga aspek tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga dapatmemfokuskan untuk meneliti ketiga aspek tersebut.III.
 
Rumusan Masalah
 
Apakah penerapan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together pada materiPenggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makananya dapat meningkatkan HasilBelajar Siswa SD Negeri 1 Batulicin?
 
Bagaimanakah caranya memotivasi siswa agar minat belajar pada pembelajaran IPAkonsep Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya agar dapatmeningkatkan hasil belajar?
 
Apakah aktivitas guru akan meningkat pada penerapan Strategi Numbered HeadsTogether pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makananya?IV.
 
Tujuan Penelitian
 
Media pembelajaran Numbered Heads Together diharapkan siswa SDN 1 Batulicindapat dengan mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru.
 
 
Dengan media pembelajaran tersebut siswa diharapkan termotivasi untuk mengikutiaktif mengikuti pembelajaran.
 
Diharapkan standar yang telah ditentukan peneliti dapat tercapai dengan metodetersebut.V.
 
Manfaat Penelitian
 
Bagi Guru :Hasil penelitian ini membantu guru menemukan strategi yang tepat untuk merancangsuatu kegiatan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalammemecahkan masalah pembelajaran IPA dan Meningkatkan hasil belajar siswaterutama pada konsep Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makananya
 
Bagi siswa :Hasil penelitian ini bermanfaat membantu siswa lebih mudah dalam memecahkanmasalah- masalah pembelajaran IPA terutama pada konsep penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya, dan Peningkatan hasil belajar siswa sesuai denganKriteria Ketuntasan Minimal yaitu 80 % siswa memperoleh nilai 65 atau lebih.
 
Kepala Sekolah :Kepala sekolah hendaknya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai masukandalam melaksanakan supervisi kelas dan acuan dalam pelaksanaan penelitian lanjutan,sehingga sekolah dapat menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu.
 
Bagi Instansi :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->