Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analisa Usaha Tani Kacang Hijau

Analisa Usaha Tani Kacang Hijau

Ratings: (0)|Views: 649 |Likes:
Published by Fitri Kitting Kiboo
Produksi Tanaman Pangan
Produksi Tanaman Pangan

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Fitri Kitting Kiboo on Dec 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2013

pdf

text

original

 
 Analisa Usaha Tani Tanaman Kacang Hijau
Produksi Tanaman Pangan 
1
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
Latar Belakang
Kacang hijau merupakan komoditas strategis di NTB karena sifatagronomisnya yang relatif tahan kekeringan dengan umur panen yang pendek.Namun demikian produktivitasnya di tingkat petani masih relatif rendah yaitu 350- 475 kg/ha. Areal tanaman kacang hijau yang terluas di NTB adalah diKabupaten Sumbawa dengan rata-rata setiap tahun seluas 26.987 ha (61,16% dariluas tanam kacang hijau NTB) (Dinas Pertanian NTB, 1999).Nilai strategis kacang hijau terletak pada kemampuannya sebagai tanamanpenyelamat kegagalan panen dari tanaman sebelumnya seperti padi yang gagalpanen akibat gangguan musim kering. Sifat kompetitif lainnya yang ditunjukkanadalah harganya relatif stabil dibanding kedelai yang di pasar bebas seringberfluktuasi harganya karena desakan kedelai asal impor. Hal tersebut didukungoleh pendapat Kasno (1990) yang menyatakan bahwa kelebihan kacang hijau initerletak pada agronomis serta eknonomisnya. Kelebihan agronomi adalahketahanannya terhadap kekeringan, berumur genjah (55 - 60 hari), cocok untuk daerah dengan curah hujan rendah, hama penyakit relatif sedikit, tumbuh baik ditanah kurang subur, jenis tanah yang drainase kurang baik, cara budidaya mudah,resiko kegagalan panen secara total kecil dan harga jual relatif lebih tinggidibanding kacang-kacangan lainnya.Kacang hijau banyak dibudidayakan di lahan kering pada musim hujandan di lahan sawah setelah padi pada musim kemarau II. Potensi lahan untuk pengembangan kacang hijau di NTB yaitu di lahan kering yang berupa ladang dantegalan seluas 211.635 ha (BPS, 2003), serta di lahan sawah seluas 225.026 ha(BPS, 2003). Pada tahun 2003 tercatat luas panen kacang hijau di NTB mencapai47.114 ha dengan produktivitas 0,751 t/ha. Produktivitas ini masih sangat rendahdibanding potensi hasil kacang hijau dapat mencapai 2,0 t/ha (Santoso, 1996).
 
 Analisa Usaha Tani Tanaman Kacang Hijau
Produksi Tanaman Pangan 
2
Tingkat produktivitas yang rendah dipengaruhi oleh cara pengelolaan tanamanyang kurang intensif diantaranya belum menggunakan varietas unggul yangadaptif.Berbagai teknologi telah diuji terutama yang berkaitan dengan adaptasivarietas kacang hijau serta pola tanam di lahan kering. Di lahan kering kacanghijau di tanam sebagai tanaman relay menjelang panen jagung. Kajian tahun 1997menunjukkan bahwa produktivitas kacang hijau dengan pola tanam relay yangmenggunakan varietas lokal dapat mencapai 0,95 t/ha, sedang jagung Bismasebagai tanaman utama dapat menghasilkan 3,73 t/ha pipilan kering. Denganhasil panen tersebut, penerimaan petani dapat mencapai Rp.3.798.922,-/ha denganB/C 2,26. Hasil kajian MH. 1998/1999 peningkatan pendapatan petani denganmenerapkan pola tanam relay dapat meningkat 30%. (Basuki. 2000).Selama ini petani telah mengenal berbagai varietas yang sudah dilepasoleh pemerintah diantaranya yang beredar di NTB seperti varietas Camar, Sriti,Walet, Betet, Kenari, Merak, dan Sampiong. Tujuan kajian ini adalahmenganalisis keuntungan usahatani kacang hijau di tingkat petani dan peluangpengembangannya di lahan kering.
1.2
 
Rumusan Masalah
1.2.1
 
Bagaimana klasifikasi tanaman kacang hijau ?1.2.2
 
Apa saja manfaat tanaman kacang hijau ?1.2.3
 
Bagaimana teknik budidaya tanaman kacang hijau ?1.2.4
 
Bagaimana analisa usaha tani kacang hijau dalam bentuk biji kering ?1.2.5
 
Seperti apa pengkajian masalah tingkat keuntungan analisa usahatanikacang hijau sebagai komoditas unggulan daerah NTB ?1.2.6
 
Apa sajakah dinamika kinerja produksi ?1.2.7
 
Bagaimana kentungan analisa usaha tani kacang hijau ?
 
 Analisa Usaha Tani Tanaman Kacang Hijau
Produksi Tanaman Pangan 
3
1.3
 
Tujuan
Untuk mengetahui analisa usahatani tanaman kacang hijau pada umumnyaserta mengetahui peningkatan daya produktivitas petani agar lebih produktif lagidan mengetahui dinamika kerja produksi tanaman kacang hijau di kalanganpetani.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
radenluki23 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->