Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Imun

Sistem Imun

Ratings: (0)|Views: 304|Likes:
Published by Danie Truzz

More info:

Published by: Danie Truzz on Dec 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/16/2013

pdf

text

original

 
7
BAB IITINJAUAN TEORITISA.
 
Anatomi Fisiologi Sistem Imun
Sistem kekebalan atau sistem imun adalah sistem perlindunganpengaruh luar biologis yang dilakukan oleh sel dan organ khusus pada suatuorganisme. Jika sistem kekebalan bekerja dengan benar, sistem ini akanmelindungi tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus, serta menghancurkan selkanker dan zat asing lain dalam tubuh.Jika sistemkekebalan melemah, kemampuannya melindungi tubuh juga berkurang, sehingga menyebabkan patogen, termasuk virus yangmenyebabkan demam dan flu, dapat berkembang dalam tubuh. Sistemkekebalan juga memberikan pengawasan terhadap sel tumor, danterhambatnya sistem ini juga telah dilaporkan meningkatkan resiko terkenabeberapa jenis kanker.1.
 
Fungsi Sistem ImunPadadasarnyafungsidari system imunterbagiatas:a.
 
SumsumSemua sel sistem kekebalan tubuh berasal dari sel-sel induk dalamsumsum tulang. Sumsum tulang adalah tempat asal sel darah merah,sel darah putih (termasuk limfosit dan makrofag) dan platelet. Sel-seldari sistem kekebalan tubuh juga terdapat di tempat lain.b.
 
TimusDalam kelenjar timus sel-sel limfoid mengalami proses pematangansebelum lepas ke dalam sirkulasi. Proses ini memungkinkan sel Tuntuk mengembangkan atribut penting yang dikenal sebagai toleransidiri.
 
7
 
8
c.
 
Getah beningKelenjar getah bening berbentuk kacang kecil terbaring di sepanjangperjalanan limfatik. Terkumpul dalam situs tertentu seperti leher,axillae, selangkangan dan para-aorta daerah. Pengetahuan tentang situskelenjar getah bening yang penting dalam pemeriksaan fisik pasien.d.
 
Mukosa jaringan limfoid terkait (MALT)Di samping jaringan limfoid berkonsentrasi dalam kelenjar getahbening dan limpa, jaringan limfoid juga ditemukan di tempat lain,terutama saluran pencernaan, saluran pernafasan dan saluranurogenital.2. Mekanisme Pertahanana.
 
Sistem Imun Nonspesifik Sistem imun nonspesifik merupakan pertahanan tubuh terdepan dalammenghadapi serangan berbagai mikroorganisme, karena sitem imunspesifik memerlukan waktu sebelum responnya. Sistem tersebut disebutnonspesifik, karena tidak ditujukan terhadap mikroorganisme tertentu.(Sudoyo,2009.Hlm 235)b.
 
Sistem Imun Spesifik Berbeda dengan sistem imun nonspesifik, sistem imun spesifik mempunyai kemampuan untuk mengenal benda yang dianggap asingbagi dirinya. Benda asing yang pertama timbul dalam badan yangsegera dikenal sistem imun spesifik, akan mensensitasi sel-sel sistemimun tersebut. Bila sel sistem tersebut terpajan ulang dengan bendaasing yang sama, yang akhir akan dikenal lebih cepat dandihancurkannya. Sistem imun spesifik dapat bekerja sendiri untuk menghancurkan benda asing yang berbahaya bagi badan, tetapi padaumumnya terjalin kerja sama yang baik antara antibodi, komplemen,fagosit dan antara sel T-makrofag. Komplemen turut diaktifkan dan ikutberperan dalam menimbulkan inflamasi yang terjadi pada respons imun.
 
9
3. AntibodiAntibodi atau imunoglobulin (IG) adalah golongan protein yang dibentuk sel plasma(poliferasi sel B) setelah terjadi kontak dengan antigen. Antibodiditemukan dalam serum dan jaringan mengikat antigen secara spesifik. Bilaserum protein dipisahkan secara elektro poretik, IG ditemukan terbanyak dalam peraksi globolin G meskipun ada beberapa yang ditemukan jugadalam peraksi globulin A dan B. Smua molekul Ig mempunyai empatpilopeptif dasar yang terdiri atas dua rantai berat(heavy chain) dan duarantai ringan(light chain) yang identik, dihubungkan satu dengan lainnyaoleh ikatan disulpida. Unit dasar antibodi terdiri atas dua rantai berat dandua rantai ringan yang identik, diikat menjadi satu oleh ikatan disulpidayang dapat dipisah-pisah dalam berbagai prakmen.A = rantai berat(berat molekul: 50.000-77.000)B = rantai ringan(ringan molekul: 25.000)C = ikatan disulpidaAda dua jenis rantai ringan( kappa dan lambeda) yang terdiri atas 230 asamamino serta 5 jenis rantai berat yang tergantung pada kelima jenisimunoglobulin yaitu IgM,IgG,IgE,IgA dan IgD.a.
 
IgGIgG merupakan komponen utama(terbanyak) imunoglobulin serum,dengan berat molekul 160.000. kadarnya dalam serum yang sekitar13mg/ml merupakan 75% dari semua Ig. IgG ditemukan juga dalamberbagai cairan lain antaranya cairan saraf sentral(CSF) dan juga urin.IgG dapat menembus plasenta dan masuk ke janin dan berperan dalamimunitas bayi sampai umur 6-9 bulan. IgG dapat mengaktifkankomplemen, meningkatkan pertahanan badan melalui opsonisasi danreaksi inflamasi. IgG mempunyai sifat opsonin yang efektif olehkarena monosit dan makrofag memiliki reseptor untuk fraksi Fc dariIgG yang dapat mempererat hubungan antara fagosit degan sel sasaran.Selanjutnya opsonisasi dibantu reseptor untuk komplemen pada

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->