Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
DESAIN PENELITIAN KUANTITATIF

DESAIN PENELITIAN KUANTITATIF

Ratings: (0)|Views: 362|Likes:
Published by Khaidir Jhutekz

More info:

Published by: Khaidir Jhutekz on Dec 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/24/2013

pdf

text

original

 
DESAIN PENELITIAN KUANTITATIF
Pendahuluan
Rancangan atau desain penelitian dalam arti sempit dimaknai sebagai suatuproses pengumpulan dan analisis penelitian. Dalam arti luas rancangan penelitianmeliputi proses perencanaan dan pelaksanaan penlitian. Dalam rancanganpereperencaan dimulai dengan megadakan observasi dan evaluasi rerhadap penelitianyang sudah dikerjakan dan diketahui, sampai pada penetapan kerangka konsep danhipotesis penelitian yang perlu pembuktian lebih lanjut.Rancangan pelaksanaan penelitian meliputi proses membuat percobaanataupun pengamatan serta memilih pengukuran variabel, prosedur dan tekniksampling, instrument, pengumpulan data, analisis data yang terkumpul, danpelaporan hasil penelitian.Secara umum desain atau metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiahuntuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Untuk mendapatkandata yang langsung valid dalam penelitian sering sulit dilakukan, oleh karena itu datayang telah terkumpul sebelum diketahui validitasnya, dapat di uji melalui pengujianreliabilitas dan obyeksitas. Pada umumnya kalau data itu reliabel dan obyektif, makaterdapat kecendrungan data tersebut akan valid. Metode penelitian pendidikan dapatdiartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapatditemukan, dikembangkan, dan dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehinggapada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasimasalah dalam bidang pendidikan.Secara sederhana dapat dikatakan bahwa penelitian kuantitatif adalahpenelitian yang menggunakan angka-angka. Angka-angka tersebut digunakan sebagairepresentasi dari informasi yang didapatkan dalam penelitian.Data yang didapatkan selama penelitian disajikan dalam bentuk angka, statistikdan sebagainya yang kemudian dianalisa dan disimpulkan. Jadi penelitian kuantitatif adalah penelitian yang bersifat deduktif, yakni dari khusus ke umum atau bersifatmenggenaralisasi data-data yang didapatkan di lapangan kepada sebuah kesimpulanumum.
 
Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yangberlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atausampel tertentu, random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian,analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yangtelah ditetapkan.Disebut sebagai penelitian positivistik adalah karena penelitian ini hanyamendasarkan kepada fakta-fakta positif yang didapatkan di lapangan penelitian. Datayang berupa angka-angka yang telah dirumuskan dijadikan sebagai informasi akuratdalam penelitian.Kesimpulan yang dideduksi dari angka-angka yang didapatkan dari penelitianadalah kesimpulan yang positif yang tentu saja dengan memenuhi prosedur-prosedurpengambilan kesimpulan dalam penelitian kuantitatif. Kesimpulan yang diambil darimetode dan rumus yang valid, meski ternyata kesimpulan tersebut tidak sesuaidengan sikap pada masyarakat, maka kesimpulan tersebut tetap valid, karena iadiambil dari data yang positif. Kesalahan yang mungkin terjadi adalah dalammenentukan indikator, instrumen atau sampel.
Ciri-ciri Penelitian Kuantitatif 
Terdapat beberapa ciri yang dapat dilihat dari desain penelitian kuantitatif,seperti :1.
 
Cara samplingnya berlandaskan pada asas random.2.
 
Instrumen sudah dipersiapkan sebelumnya dan di lapangan tinggal pakai.3.
 
Jenis data yang diperoleh dengan instrumen-instrumen sebagian besar berupa angkaatau yang diangkakan.4.
 
Teknik pengumpulan datanya memungkinkan diperoleh data dalam jumlah banyakdan dalam waktu yang relatif singkat.5.
 
Teknik analisis yang dominan adalah teknik statistik.6.
 
Sifat dasar analisis penelitian deduktif dan sifat penyimpulan mengarah kegeneralisasi.
Langkah-langkah Penelitian Kuantitatif 
 
Pada prinsipnya penelitian kuantitatif adalah untuk menjawab masalah.Masalah adalah penyimpangan dari apa yang seharusnya dengan apa yang terjadisesungguhnya. Dari hal tersebut maka kita dapat melakukan beberapa langkahpenelitian untuk menjawab masalah tersebut, antara lain :1.
 
Tahap Konseptual (Merumuskan dan membatasi masalah, meninjau kepustakaan yangrelevan,mendefinisikan kerangka teoritis, merumuskan hipotesis).Tahap ini termasukmerenungkan, berpikir, membaca, membuat konsep, revisi konsep, teoritisasi,bertukar pendapat, konsul dengan pembimbing, dan penelusuran pustaka.Mengeksploitasi, perumusan, dan penentuan masalah yang akan diteliti. Penelitiankuantitatif dimulai dengan kegiatan menjajaki permasalahan yang akan menjadi pusatperhatian peneliti dan kemudian peneliti mendefinisikan serta menformulasikanmasalah penelitian tersebut dengan jelas sehingga mudah di mengerti.2.
 
Fase Perancangan dan Perencanaan (memilih rancangan penelitian, mengidentifikasipopulasi yang diteliti, mengkhususkan metode untuk mengukur variabel penelitian,merancang rencana sampling, mengakhiri dan meninjau rencana penelitian,melaksanakan pilot penelitian dan membuat revisi). Mendesain model penelitian danparamater penelitian. Setelah masalah penelitian diformulasikan maka penelitimendesain rancangan penelitian, baik desain model maupun penentuan parameterpenelitian, yang akan menuntun pelaksanaan penelitian mulai awal sampai akhirpenelitian.3.
 
Mendesain instrumen pengumulan data penelitian. Agar dapat melakukanpengumpulan data penelitian yag sesuai dengan tujuan penelitian, maka desaininstrumen pengumpulan data menjadi alat perekam data yang sangat penting dilapangan.4.
 
Fase Empirik (pengumpulan data, penyiapan data untuk analisis). Mengumpulkandata penelitian dari lapangan.5.
 
Fase Analitik (analisis data, penafsiran hasil). Mengolah dan menganalisis data hasilpenelitian. Data yang dikumpulkan dari lapangan diolah dan dianalisis untukmenemukan kesimpulan-kesimpulan, yang diantaranya kesimpulan dari hasilpengujian hipotesis penelitian.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->