Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Angka Kuman

Laporan Angka Kuman

Ratings: (0)|Views: 1,082|Likes:
Published by Dyah Sekar Nirwana

More info:

Published by: Dyah Sekar Nirwana on Dec 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/31/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Di alam ini banyak sekali jumlah mikroba yang hidup. Mikroorganisme yang ada dialam membentuk suatu kumpulan yang disebut dengan koloni. Untuk mengetahui jenismikroorganisme tertentu maka kita perlu mengembangbiakan mikroorganisme tersebut.Setelah dibiakkan barulah kita dapat menghitung jumlah mikroba, untuk mengetahuikualitas mikrobiologi dari bahan tersebut.Kandungan mikroba dalam suatu bahan sangat mempengaruhi tingkatkerusakannya. Makin banyak mikroba yang dikandung dalam suatu bahan, maka makintinggi pula tingkat kerusakan bahan tersebut. Oleh karena itu sangat penting sekalimelakukan perhitungan angka kuman. Karena dengan melakukan perhitungan angkakuman kita menjadi tahu makanan yang kita makan layak makan atau tidak.
B.
 
Tujuan
Tujuan dari melakukan perhitungan angka kuman adalah :
 
Agar mahasiswa mampu menghitung jumlah mikroba
 
Agar mahasiswa mampu melakukan teknik dalam menghitung mikroba
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
Menentukan banyaknya mikroba dalam suatu bahan dilakukan untuk mengetahuisampai seberapa jauh bahan itu tercemar oleh mikroba. Dengan mengetahui jumlahmikroba, maka dapat diketahui kualitas mikribiologi dari bahan tersebut.Jumlah mikroba dalam suatu bahan dapat dihitung menggunakan beberapa cara. Namunsecara garis besar dibedakan menjadi :a.
 
Cara perhitungan langsungHasil perhitungan secara langsung menunjukkan seluruh jumlah mikroba yangmasih hidup maupun yang sudah mati. Caranya:
 
Pembuatan preparat sederhana yang diwarnai
 
Menggunakan ruang hitungb.
 
Cara tidak langsungHasil perhitungan akan menunjukkan jumlah mikroba yang masih hidup saja.Caranya :
 
Menghitung total jumlah mikroba
 
Cara pengenceran
 
Memperkirakan jumlah terkecil mikroba yang ada
 
Cara kekeruhanCara perhitungan tidak langsung dapat digunakan baik untuk bahan padatmaupun cair. Khusus untuk bahan padat maka sebelum dilakukan perhitunganbahan itu perlu dilakukan pelarutan atau dibuat suspense, denganmemperhitungkan factor pengencerannya.
Menghitung Angka Kuman Metode Pour Plate
Metode tuang atau pour plate dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan mencampursuspensi bakteri dengan medium agar pada suhu 50ºC kemudian menuangkannya padapetridisk atau dengan menyemprotkan suspensi pada dasar petridisk, kemudianmenuang medium agar keatasnya dan diaduk. Setelah agar mengeras, bakteri akanberada pada tempatnya masing-masing dan diharapkan bakteri tidak mengelompok sehingga terbentuk koloni tunggal.
 
Dalam pour plate, sejumlah kecil inokulum dari kultur kaldu ditambah dengan pipetke pusat cawan petri. Didinginkan, tapi masih cair, media agar dalam tabung reaksi ataubotol kemudian dituangkan ke dalam cawan Petri. Hidangan tersebut kemudian diputardengan lembut, atau bergerak maju-mundur (NS pertama, kemudian NW-SE, maka NE-SW), untuk memastikan bahwa budaya dan menengah secara menyeluruh dicampur danmenengah mencakup piring merata. Tuangkan piring memungkinkan mikroorganismeuntuk tumbuh baik di permukaan dan di dalam medium.Sebagian besar dari koloni tumbuh dalam media dan dalam ukuran kecil danmungkin konfluen. Beberapa daerah koloni yang tumbuh di permukaan adalah denganukuran yang sama dan penampilan sebagai orang-orang di piring beruntun. Lempeng inikemudian dapat digunakan untuk menguji anti-mikroba efek dari berbagai zat.Untuk informasi lebih lanjut lihat Investigasi tindakan antimikroba. Jika tidak,piring seperti ini bisa menjadi bagian dari penyelidikan dari populasi bakteri dalamsampel. Kultur pengenceran seri dengan cara ini memungkinkan perhitungan ukuranpopulasi dari sampel bakteri. Jika pengenceran dan volume inokulum, biasanya 1 cm
3
,diketahui, jumlah layak dari sampel per cm
3
dapat ditentukan.Hitungan yang layak adalah jumlah bakteri atau rumpun bakteri per cm3. Parapengenceran yang dipilih harus menghasilkan antara 30 dan 100 koloni dihitungterpisah.
Prinsip Pengenceran
Sediaan yang telah dihomogenkan dan diencerkan dengan pengenceran yang sesuaiditanam pada media agar (PCA= plate count agar), setelah inkubasi pada suhu 37°Cselama 24-48 jam dihitung jumlah koloni yang tumbuh. Satuan perhitungan jumlahmikroba dikenal dengan istilah Colony Forming Units (CFUs) untuk perhitunganbakteri dan kapang.
 
Factor pengenceran = pengenceran x jumlah yang ditumbuhkanJumlah koloni = jumlah koloni x
 
 Syarat koloni yang ditentukan untuk dihitung adalah sebagai berikut :
 
Satu koloni dihitung 1 koloni
 
Dua koloni yang bertumpuk dihitung 1 koloni
 
Beberapa koloni yang berhubungan dihitung 1 koloni

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Eca Daryanie liked this
FahRi Goqil liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->