Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LANDASAN

LANDASAN

Ratings: (0)|Views: 24 |Likes:
Published by Radius Advendra
MAKALAH
MAKALAH

More info:

Published by: Radius Advendra on Dec 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Pendidikan sebagai usaha sadar yang sistematis-sistemik selalu bertolak darisejumlah landasan serta pengindahan sejumlah asas-asas tertentu.Landasan dan asas tersebut sangat penting, karena pendidikan merupakan pilar utama terhadap perkembangan manusia dan masyarakat bangsa tertentu.Landasan-landasan pendidikan tersebut akan memberikan pijakan danarah terhadap pembentukan manusia, dan serentak dengan itu mendukung perkembangan masyarakat, bangsa dan negara. Sedangkan asas pokok  pendidikan akan memberikan corak khusus dalam penyelenggaraan pendidikan itu.Beberapa landasan pendidikan tersebut adalah landasan filosofis,sosiologis, dan kultural, yang sangat memegang peranan penting dalammenentukan tujuan pendidikan. Selanjutnya landasan ilmiah dan teknologiakan mendorong pendidikan untuk mnjemput masa depan.
B.Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah :1.Untuk memenuhi salah satu tugas pada Mata Kuliah Dasar-dasaKependidikan Pada Jurusan PAI, STIT YAPTIP Kampus II Ujung Gading.2.Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai Landasan dan Asas-asas Pendidikan. 1
 
BAB IIPEMBAHASANA.Pengertian Landasan Pendidikan dan Azas Pendidikan
Pendidikan merupakan gejala semesta dan berlangsung sepanjanghayat manusia, di manapun manusia berada. Di mana ada kehidupan manusia,di sana pasti ada pendidikan. Pendidikan sebagai usaha sadar bagi pengembangan manusia dan masyarakat, mendasarkan pada landasan pemikiran tertentu. Dengan kata lain, upaya memanusiakan manusia melalui pendidikan didasarkan atas pandangan hidup atau filsafat hidup, bahkan latar  belakang sosiokultural tiap-tiap masyarakat, serta pemikiran-pemikiran psikologis tertentu.Dasar atau landasan pendidikan adalah landasan berpijak dan arah bagi pendidikan sebagai wahana pengembangan manusia dan masyarakat.Walaupun pendidikan itu universal, namun bagi suatu masyarakat, pendidikanakan diselenggarakan berdasarkan filsafat dan atau pandangan hidup serta berlangsung dalam latar belakang sosial budaya masyarakat tersebut.
1
Asas pendidikan adalah prinsip atau kebenaran yang menjadi tumpuan berfikir, baik pada perencanaan maupun pelaksanaan pendidikan. Asas pendidikan ini akan memberi corak khusus pada penyelenggaraan pendidikan,sehingga akan memberi corak pada hasil pendidikan bagi suatu masyarakat.Asas pendidikan dapat dikatakan juga sebagai ketentuan-ketentuan yangdijadikan pedoman atau pegangan dalam melaksanakan pendidikan agatujuannya tercapai dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.
2
B.Landasan Pendidikan
Telah dikemukakan bahwa pendidikan itu diselenggarakan dandilaksanakan oleh manusia berdasarkan landasan pemikiran tertentu. Jadi ada beberapa landasan pendidikan yang akan dibahas.
1.Landasan Filososfis
1
Dwi Siswoyo,
 Ilmu Pendidikan,
(Yogyakarta : UNY Press, 2008), h. 85
2
 
 Ibid.
h. 105
2
 
a.Pengertian Landasan FilosofisLandasan filosofis bersumber dari pandangan-pandanagandalam filsafat pendidikan, meyangkut keyakianan terhadap hakekatmanusia, keyakinan tentang sumber nilai, hakekat pengetahuan, dantentang kehidupan yang lebih baik dijalankan. Aliran filsafat yang kitakenal sampai saat ini adalahIdealisme, Realisme, Perenialisme,Esensialisme, Pragmatisme dan Progresivisme dan Ekstensialisme1)EsensialismeEsensialisme adalah mashab pendidikan yang mengutamakan pelajaran teoretik (liberal arts) atau bahan ajar esensial.2) PerenialismePerensialisme adalah aliran pendidikan yang mengutamakan bahanajaran konstan (perenial) yakni kebenaran, keindahan, cinta kepadakebaikan universal3)Pragmatisme dan ProgresiPrakmatisme adalah aliran filsafat yang memandang segala sesuatudari nilai kegunaan praktis, di bidang pendidikan, aliran inimelahirkan progresivisme yang menentang pendidikan tradisional4)RekonstruksionismeRekonstruksionisme adalah mazhab filsafat pendidikan yangmenempatkan sekolah/lembaga pendidikan sebagai pelopo perubahan masyarakat. b.Pancasila sebagai Landasan Filosofis Sistem Pendidkan NasionalPasal 2 UU RI No.2 Tahun 1989 menetapkan bahwa pendidikan nasional berdasarkan pancasila dan UUD 1945. sedangkanKetetapan MPR RI No. II/MPR/1978 tentang P4 menegaskan pula bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat indonesia, kepribadian bangsa Indonesia, pandangan hidup bangsa Indonesia, dan dasar negara Indonesia.
3
3
Umar Tirtarahardja dan S.L.La Sulo,
 Pengantar Pendidikan,
(Jakarta : Rineka Cipta,2005), h. 82-94
 3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->