Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERMENKES NOMOR 416 TAHUN 1990 tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air

PERMENKES NOMOR 416 TAHUN 1990 tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air

Ratings: (0)|Views: 1,384 |Likes:
Published by Neni Purwandari
PERMENKES NOMOR 416 TAHUN 1990
tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air
PERMENKES NOMOR 416 TAHUN 1990
tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Neni Purwandari on Dec 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/09/2014

pdf

text

original

 
Peraturan Menteri KesehatanNo. 416 Tahun 1990Tentang : Syarat-syarat Dan Pengawasan Kualitas Air
MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA,menimbang :a. bahwa dalam rangka meningkatkan derajat kesehatanmasyarakat, perlu dilaksanankan pengawasan kualitasa airsecara intensif dan terus menerus;b. bahwa kualitas air yang digunakan masyarakat harus memenuhisyarat kesehatan agar terhindar dari gangguan kesehatan;c. bahwa syarat-syarat kualitas air yang berhubungan dengankesehatan yang telah ada perlu disesuaikan denganperkembangan teknologi dan upaya kesehatan serta kebutuhanmasyarakat dewasa ini;d. bahwa sehubungan dengan huruf a,b dan c perlu ditetapkankembali syarat-syarat dan pengawasan kualitas air denganPeraturan Menteri Kesehatan.Mengingat :1. Undang-undang Nomor 9 Tahun 1960 tentang Pokok-pokokKesehatan (Lembaran Negara Tamabahan Tahun 1960 Nomor132, Tambahan Lembaran Negara Nomor 2068)2. Undang-undang Nomor 11 Tahun 1962 tentang Hygiene UntukUsaha-usaha Bagi Umum (Lembaran Negara Tahun 1962 Nomor49, Tambahan Lembaran Negara Nomor 2455);3. Undang-undang Nomor 5 Tahun 1974 tentang Pokok-pokokPemerintah di Daerah (Lembaran Negara Tahun 1974 Nomor38, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3037);4. Undang-undang Nomor 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup (LembaranNegara Tahun 1982 Nomor 12, Tambahan Lembaran NegaraNomor 3215);5. Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1987 tentang PenyerahanSebagian Urusan Pemerintahan Dalam Bidang KesehatanKepada Daerah (Lembaran Negara Tahun 1987 Nomor 9,Tambahan Lembaran Negara Nomor 3347);6. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 558/Menkes/SK/1984tentang Organisasi Dan Tata Kerja Departemen Kesehatan;7. Keputusan Menteri Negara Kependudukan dan LingkunganHidup Nomor 02/Men.KLH/I/1988 tentang Pedoman PenetapanBaku Mutu Lingkungan.
 
Memutuskan :Menetapkan :Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia TentangSyarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air.BAB IKetentuan UmumPasal 1Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:a. Air adalah air minum, air bersih, air kolam renang, dan air pemandianumum.b. Air minum adalah air yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatandan dapat langsung diminum.c. Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yangkualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabilatelah dimasak.d. Air kolam renang adalah air di dalam kolam renang yang digunakanuntuk olah raga renang dan kualitasnya memenuhi syarat-syaratkesehatan.e. Air Pemandian Umum adalah air yang digunakan pada tempatpemandian umum tidak termasuk pemandian untuk pengobatantradisional dan kolam renang yang kualitasnya memenuhi syaratkesehatan.f. Kakandep adalah Kepala Kantor Departemen KesehatanKabupaten/Kotamadya.g. Kakanwil adalah Kepala Kantor Departemen Kesehatan Propinsi.h. Direktur Jenderal adalah Direktur Jenderal Pemberantasan PenyakitMenular dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman DepartemenKesehatan.BAB IISyarat-syaratPasal 2(1) Kualitas Air harus memenuhi syarat kesehatan yang meliputipersyaratan mikrobiologi, Fisika kimia, dan radioaktif.(2) Pengawasan kualitas air sebagaimana dimaksud ayat (1) tercantumdalam lampiran I,II,III, dan IV peraturan ini.BAB IIIPengawasanpasal 3(1) Pengawasan kualitas air bertujuan untuk mencegah penurunankualitas dan penggunaan air yang dapat mengganggu danmembahayakan kesehatan, serta meningkatkan kualitas air.
 
(2) Pengawasan kualitas air sebagaimana dimaksud dalam ayat (1)dilaksanakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Daerah Tingkat IIPasal 4(1) Kegiatan pengawasan kualitas air mencakup :a. Pengamatana lapangan dan pengambilan contoh air termasukpada proses produksi dan distribusi.b. Pemeriksaan contoh air.c. Analisis hasil pemeriksaan.d. Perumusan saran dan cara pemecahan masalah yang timbuldalam hasil kegiatan a,b, dan ce. Kegiatan tindak lanjut berupa pemantauan upayapenanggulangan/perbaikan termasuk kegiatan penyuluhan.(2) Hasil pengawasankualitas air dilaporkan secara berkala oleh KepalaDinas Kesehatan Daerah Tingkat II secara berjenjang dengantembusan kepada Direktur Jenderal.(3) Tata cara penyelenggaraan pengawasan dan syarat-syaratsebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dan ayat (2) serta kualitastenaga pengawas ditetapkan oleh Direktur Jenderal.Pasal 5Pemeriksaan contoh air dilaksanakan oleh laboratorium yang ditetapkan olehMenteri KesehatanPasal 6(1) Penyimpanan dari syarat-syarat kualitas air seperti yang tercantumdalam Peraturan Menteri ini tidak dibenarkan, kecuali dalam keadaankhusus di bawah pengawasan Kepala Dinas Kesehatan Daerah TingkatII setelah berkonsultasi dengan Kakanwil;(2) Kakanwil dalam Memberikan pertimbangan setelah mendapat petunjukDirektur Jenderal.Pasal 7(1) Pembinaan teknis terhadap pengawasan kualitas air di tingkat Pusatdilakukan oleh Direktur Jenderal;(2) Pembinaan teknis terhadap pengawasan kualitas air di tingkat propinsidilakukan oleh Kakanwil;(3) Pembinaan teknis terhadap pengawasan kualitas air di Daerah TingkatII dilakukan oleh Kakandep;Pasal 8Pembiayaan pemeriksaan contoh air yang dimaksudkan dalam PeraturanMenteri ini di bebankan kepada Pemerintah dan masyarakat termasuk swastaberdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Pasal 9Air yang digunakan untuk kepentingan umum wajib diuji kualitas airnya.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
nbronkz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->