Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PRIVATISASI BUMN (EPP KEL 5)

PRIVATISASI BUMN (EPP KEL 5)

Ratings: (0)|Views: 38 |Likes:
Published by Fatin Nuha Astini
PRIVATISASI BUMN (EPP KEL 5)...
PRIVATISASI BUMN (EPP KEL 5)...

More info:

Published by: Fatin Nuha Astini on Dec 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

 
TUGAS EKONOMI POLITIK PEMBANGUNAN(PRIVATISASI BADAN USAHA MILIK NEGARA DI INDONESIA)Di susun oleh:Kelompok 5Berselia Alvian N.H ( 105030107111060)Immas Sahaya P (105030101111080)Ari Kartika Sari H.P (105030100111068)Fitriana Rahmawati (115030100111065)Anggun Retnosari (11503010111050)Rachmania Noermalasari (11503010111092)
JURUSAN ILMU ADMINISTRASI PUBLIK
FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI
UNIVERSITAS BRAWIJAYAMALANG2012
 
 
BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang
Pemerintah Indonesia mendirikan BUMN dengan dua tujuan utama, yaitu tujuan yangbersifat ekonomi dan tujuan yang bersifat sosial. Dalam tujuan yang bersifat ekonomi, BUMNdimaksudkan untuk mengelola sektor-sektor bisnis strategis agar tidak dikuasai pihak-pihak tertentu. Bidang-bidang usaha yang menyangkut hajat hidup orang banyak, seperti perusahaanlistrik, minyak dan gas bumi, sebagaimana diamanatkan dalam pasal 33 UUD 1945, seharusnyadikuasai oleh BUMN. Dengan adanya BUMN diharapkan dapat terjadi peningkatankesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat yang berada di sekitar lokasi BUMN. TujuanBUMN yang bersifat sosial antara lain dapat dicapai melalui penciptaan lapangan kerja sertaupaya untuk membangkitkan perekonomian lokal. Penciptaan lapangan kerja dicapai melaluiperekrutan tenaga kerja oleh BUMN. Upaya untuk membangkitkan perekonomian lokal dapatdicapai dengan jalan mengikut-sertakan masyarakat sebagai mitra kerja dalam mendukungkelancaran proses kegiatan usaha. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memberdayakan usaha kecil, menengah dan koperasi yang berada di sekitar lokasi BUMN.Namun dalam kurun waktu 50 tahun semenjak BUMN dibentuk, BUMN secara umum belummenunjukkan kinerja yang menggembirakan. Perolehan laba yang dihasilkan masih sangatrendah. Sementara itu, saat ini Pemerintah Indonesia masih harus berjuang untuk melunasipinjaman luar negeri yang disebabkan oleh krisis ekonomi tahun 1997 lalu. Dan salah satu upayayang ditempuh pemerintah untuk dapat meningkatkan pendapatannya adalah dengan melakukanprivatisasi BUMN.Maka dari itu privatisasi BUMN telah mengundang pro dan kontra di kalanganmasyarakat. Sebagian masyarakat berpendapat bahwa BUMN adalah aset negara yang harustetap dipertahankan kepemilikannya oleh pemerintah, walaupun tidak mendatangkan manfaatkarena terus merugi. Namun ada pula kalangan masyarakat yang berpendapat bahwa pemerintah
 
tidak perlu sepenuhnya memiliki BUMN, yang penting BUMN tersebut dapat mendatangkanmanfaat yang lebih baik bagi negara dan masyarakat Indonesia.
B. Rumusan Masalah
 Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas, maka masalah yang akan dibahas didalam makalah ini adalah :1.
 
Bagaimanakah gambaran konsep privatisasi BUMN di Indonesia ?2.
 
Bagaimanakah perkembangan Privatisasi BUMN di Indonesia?3.
 
Bagaimana dampak privatisasi BUMN terhadap perekonomian di Indonesia?

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->