Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Praktikum Nutrisi Ternak Dasar

Laporan Praktikum Nutrisi Ternak Dasar

Ratings: (0)|Views: 421 |Likes:
Published by Radiyos Tri

More info:

Published by: Radiyos Tri on Dec 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/03/2014

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUM NUTRISI TERNAK DASAR
“ANALISIS PROKSIMAT”
 
Nama : RadiyostriNPM : E1C011071Dosen : Dr. Ir. Yosi Fenita, MP
JURUSAN PETERNAKANFAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2012
 
Abstractsi
 Ransum merupakan pakan jadi yang siap diberikan pada ternak yang disusun dariberbagai jenis bahan pakan yang sudah dihitung (dikalkulasi) sebelumnya berdasarkankebutuhan nutrisi dan energi yang diperlukan.Praktikum ini dilakukan untuk mengetahui kandungan atau komposisi kimia bahan pakansehingga dapat disusun ransum sesuai dengan kebutuhan ternak.Praktikum ini dilakukanmelalui analisis proksimat, yaitu suatu system analisis kuantitatif yang hasilnya mendekati nilaisebenarnya dan dapat dijabarkan secara rasional. Analisis-analisis yang dilakukan berupa penetapan kadar air, penetapan kadar abu, penetapan kadar lemak, penetapan kadar serat kasar dan penetapan kadar protein. Berdasarkan analisis proksimat sebagai acuan penyusunanransum (bahan kering, protein kasar, abu, serat kasar, dan lemak) digunakan sampel tepungikan.Tepung ikanmerupakan bahan pakan yang sangat terkenal sebagai sumber protein yangtinggi.Tetapi perlu diketahui bahwa kandungan gizi tepung ikan ini berbeda, sesuai dengan jenisikannya.Selain sebagai sumber protein dengan asam amino yang baik, tepung ikan jugamerupakan sumber mineral dan vitamin.Dengan kandungan gizi yang sangat baik ini maka tak heran bila harganyapun mahal.Oleh karena itu, untuk menekan harga ransum, pengguna tepungikan dibatasi dibawah 8%.Kata kunci : Analisis Proksimat, Tepung Ikan, Penetapan Kadar Air, Penetapan Kadar Abu,Penetapan Kadar Lemak, Penetapan Kadar Serat Kasar.
 
BAB IPENDAHULUAN
1.1.
 
Latar Belakang
Pakan ternak (
ransum
) menempati posisi penting pada usaha peternakan.Dalam sudutpandang ekonomi, biaya untuk pembelian ransum ternak merupakan biaya tertinggi dalam usahapeternakan, sehingga biaya tersebut harus ditekan serendah mungkin untuk memaksimalkanpendapatan.Tingginya pertumbuhan industri ternak juga akan meningkatkan kebutuhan ransumternak di Indonesia. Para pelaku usaha peternakan membutuhkan teknik pemberian bahanransum yang efesien untuk menyiasati tingginya biaya dalam membeli bahan ransum. Ternak memerlukan nutrisi (karbohidrat, lemak, protein, dan lain-lain) untuk menunjang hidupnya danmeningkatkan produk yang dihasilkan, seperti daging, susu, maupun telur. Kebutuhan nutrisi itudipenuhi dari berbagai jenis bahan ransum (jagung, dedak padi, bungkil kedelai, dan lain-lain)yang dicampurkan menjadi satu dalam komposisi yang tepat.Ransum merupakan campuran dari beberapa bahan ransum yang mengandung beberapanutrient dengan cara tertentu untuk memenuhi kebutuhan zat gizi unggas yangmengkomsumsinya. Kualitas bahan ransum yang baik harus ada keseimbangan antara protein,energi, vitamin, mineral, dan air.Keterbatasan yang dimiliki pelaku usaha peternakan terhadapsumber daya yang dimiliki dalam memenuhi kebutuhan ransum menjadi sangat penting untuk dioptimalkan dengan menggunakan metode linear programming dalam pemanfaatan ransumternak.Metode ini berguna untuk menentukan pemberian ransum ternak kepada ayam broilersecara optimal.Ternak memerlukan nutrien untuk pertumbuhan, produksi, reproduksi dan hidup pokok ternak. Makanan ternak berisi nutrien untuk keperluan kebutuhan energi dan fungsi-fungsitersebut di atas, akan tetapi kandungan nutrien yang dibutuhkan ternak yang terdapat dalambahan pakan sering tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh ternak. Analisis proksimat merupakansalah satu cara untuk mengetahui kandungan-kandungan nutrien yang ada di dalam bahan pakan,sehingga para peternak dapat memberikan pakan dengan kandungan nutrien yang cukup untuk kebutuhan tubuh ternak agar dapat berproduksi secara optimal.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->