Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
Perlindungan Tanaman Laporan Praktikum Tinjauan Pustaka Lengkap

Perlindungan Tanaman Laporan Praktikum Tinjauan Pustaka Lengkap

Ratings: (0)|Views: 2,442 |Likes:
Published by Panji Kusuma

More info:

Published by: Panji Kusuma on Dec 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2013

pdf

text

original

 
1
I.
 
PENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Tumbuhan tidak selamanya bisa hidup tanpa gangguan. Kadang tumbuhanmengalami gangguan oleh binatang atau organisme kecil (virus, bakteri, atau jamur). Hama adalah pengganggu yang berwujud hewan yang mengganggutanaman dan menyebabkan kerugian. Tidak semua hewan menjadi hama.Beberapa filum yang anggotanya berpotensi menjadi hama adalah Aschelminthes(nematoda), Mollusca (siput), Chordata (binatang bertulang belakang) danArthropoda (serangga, tungau). Mereka disebut hama karena merekamengganggu tumbuhan dengan memakannya. Setiap jenis hama mempunyai ciri-ciri gejala serangan yang berbeda pada tumbuhan yang diserangnya.Dalam usaha pengendalian OPT tersebut terdapat berbagai tindakan yangdapat dilakukan petani, yang kesemuanya merupakan kesatuan tindakan yangsaling mempengaruhi satu dengan yang lain. Tindakan tersebut mulai dari caramempelajari sifat morfologi hama, gejala serangan hama, cara pembiakan hamasampai bagaimana cara hama itu merusak tanaman semua dipelajari, diteliti, danditemukan bagaimana cara untuk mengendalikannya atau secara keseluruhandisebut identifikasi hama. Proses identifikasi tidak hanya dilakukan pada hamatetapi juda pada tanaman pengganggu dan juga pada penyakit. Setelah prosesidentifikasi tersebut dilanjutkan dengan upaya pencegahan baik secara alamiataupun buatan (kimiawi). Pada proses pencegahan ini dipilih berdasarkan hasilidentifikasi pada tahap pertama. Sehingga apabila proses identifikasi tersebutmaka upaya pencegahan hama tersebut akan gagal. Pemilihan cara pencegahanhama tersebut dipilih yang paling sedikit mengakibatkan pencemaran ataupunpemusnahan musuh alami yang lain atau yang paling penting tidak membahayakan konsumen akibat adanya residu yang terdapat pada tanaman.Dewasa ini muncul konsep Pengendalian Hama Terpadu atau yang kita kenaldengan PHT yaitu merupakan ramuan dari berbagai cara pengendalian hayatidengan pengendalian cara kimia sebagai alternatif terakhir dalam hal usahapencegahan hama.Pada dasarnya pengendalian hama merupakan suatu tindakan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk mengendalikan dan menekanpopulasi hama agar tidak mencapai keadaan yang secara ekonomi merugikanpetani. Usaha pengendalian hama tidak dimaksudkan untuk memberantas hamasampai habis sehingga taktik pengendalian hama yang diterapkan harus tetap
 
1
 
2dapat dipertanggungjawabkan secara ekonomi maupun ekologi. Oleh karena itukegiatan perlindungan tanaman harus mulai sejak awal dilakukan beriringandengan awal kegiatan budidaya tanaman sampai kepada langkah akhirnya ataupascapanen agar segala kerugian yang disebabkan oleh beberapa gangguan dapatdiperkecil.
B.
 
Tujuan Praktikum
 1.
 
Morfologi, Identifikasi Hama dan Gejala Kerusakan HamaTujuan dari praktikum Morfologi, Identifikasi Hama dan GejalaKerusakan Hama antara lain :a.
 
Praktikan mampu mengenali dan menjelaskan ciri-ciri morfologisbinantang hamab.
 
Praktikan mampu melakukan identifikasi beberapa kelompok binatanghama berdasarkan ciri-ciri morfologisnya.c.
 
Praktikan mampu melakukan identifikasi beberapa kelompok seranggahama sampai tingkat ordo berdasarkan ciri-ciri morfologisnyad.
 
Mengenal dan mempelajari tipe-tipe gejala serangga hama dari masing-masing tipe alat mulut hama.2.
 
Identifikasi PatogenTujuan dari praktikum Identifikasi patogen adalah :a.
 
Mengenal tipe gejala, dan tanda penyakit tumbuhan yang umumb.
 
Mengembangkan kecakapan mahasiswa dalam mendiagnosis penyakitsecara cepat berdasarkan deskripsi gejala atau morfologi patogen yangmenyertai gejala.c.
 
Untuk mengenal prinsip dasar pembuatan medium biakan dan sterilisasimedium dan alat.d.
 
Mahasiswa mempelajari beberapa cara isolasi dan inokulasi jamur danbakteri patogen tanamane.
 
Mengenal bebrapa teknik isolasif.
 
Mempelajari cara masuk patogen ke dalam tubuh tanaman inangg.
 
Mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan inokulasibuatan.3.
 
Taktik Pengendalian OPTTujuan dari praktikum Taktik Pengendalian OPT adalah :a.
 
Mengenalkan pengaruh jasad antagonisme terhadap pertumbuhan atauperkembangan patogen secara in vitro
 
3b.
 
Memperkenalkan kepada mahasiswa salah satu cara atau alat perangkaphama tanaman (lalat buah (
 Dacus
spp))4.
 
GulmaTujuan dari praktikum Gulma adalah :a.
 
Mengetahui jenis gulma, famili, dan golongannyab.
 
Mengetahui dominasi penutupan (coverage) oleh gulma tertentu padalahanc.
 
Mengetahui pengaruh penyemprotan herbisida terhadap gulma.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->