Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB III - Laporan Praktikum Kewirausahaan

BAB III - Laporan Praktikum Kewirausahaan

Ratings: (0)|Views: 54 |Likes:
Published by Arfini Hidayanti

More info:

Published by: Arfini Hidayanti on Jan 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2013

pdf

text

original

 
BAB IIIANALISIS KELAYAKAN USAHA
 
A.
 
ASPEK PASAR DAN PEMASARANWilayah pemasaran
Wilayah pemasaran yang kami pilih adalah dekat lingkungan kampus danpemukiman kost mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman, dengan pertimbanganwilayah tersebut dekat dengan konsumen yang akan dituju.
Kelompok sasaran (Segmentasi pasar)
Berdasarkan wilayah pemasaran, maka kelompok sasaran pemasaran kamiadalah mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman.
Pesaing/competitor
Produk chrispy kentang goreng ini dimungkinkan memiliki pesaing-pesaingdari produk kentang olahan dari industri besar maupun industri rumah tangga lainnya.Akan tetapi, produk chrispy kentang goreng ini memiliki ciri khas dan cita rasa yangunik yang dimungkinkan dapat bersaing di pasar. Selain itu, kami juga telahmelakukan pengamatan mengenai minat konsumen terhadap produk dan daya saingproduk ini di sekitar lingkungan kampus. Pengamatan ini dilakukan untuk membantudalam pemasaran produk dan ketahanan produk dalam persaingan dengan produk lain.
Strategi pemasaran
Strategi yang kami lakukan dalam pemasaran antara lain:1)
 
Menjaga kualitas dan kehigienisan produk dengan mencuci bersih kentangyang akan diproduksi dan mengemas produk dengan plastik.2)
 
Menjaga kebersihan lokasi produksi maupun tempat penyajian termasuk alat-alat yang digunakan.3)
 
Promosi dengan cara langsung menjajakan kepada konsumen.4)
 
Melakukan perbaikan-perbaikan terhadap kekurangan produk berdasarkansaran dari konsumen guna meningkatkan kepuasan konsumen.
 
B.
 
ASPEK TEKNIK DAN TEKNOLOGISumber bahan baku
Perolehan bahan baku dilakukan dengan membeli langsung bahan baku kepasar tradisional.
Alat/mesin produksi
Proses produksi dilakukan dengan menggunakan alat produksi sederhana(rumah tangga), yaitu pisau, kompor gas, tabung gas, penggorengan, talenan, piring,sendok, sodet, kulkas, dan baskom.
Proses produksi
Menyiapkan alat dan bahanMencuci kentan denan air bersihMengupas kulit kentang, memotong kentang, dan mencucikembali kentang dengan air bersihMerendam kentang dalam air kapur sirih selama kuranglebih 1 amMencuci kembali kentang dengan air bersihMenyiapkan bumbu, yang terdiri dari air bumbu, tepung bumbu,air matan, dan teun teriu biasaMerendam kentang ke dalam air bumbu, tiriskan dan gulingkan kentang ke dalam tepung bumbusampai kentang terbalut sempurna, celupkan ke dalam air matang sebentar (1-2 detik), dangulingkan kembali kentang ke dalam tepung terigu biasa samapi kentang terbalut sempurnaMemasukkan kentang ke dalam kulkas dandiamkan selama kurang lebih 2-3 jamMenggoreng kentang sampai berwarna kuning kecoklatan, kemudiantiriskan dan tunu samai kentan aak dininMenemas kentan

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->