Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
03_bab2

03_bab2

Ratings: (0)|Views: 134|Likes:
Published by Jalaludin

More info:

Published by: Jalaludin on Jan 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/21/2014

pdf

text

original

 
BAB2
Proklamasi Kemerdekaan danKonstitusi Pertama
Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 adalah ‘buah’ yangmanis yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu kita selama 3,5 abad.Proklamasi Kemerdekaan telah ditebus dengan semangat yang bergelora,harta benda, air mata, darah, bahkan nyawa para pejuang kita. SetelahProklamasi 17 Agustus 1945 dicetuskan, dilanjutkan dengan penyusunankonstitusi negara kita yang lahir tanggal 18 Agustus 1945. Apa yangdimaksud dengan kemerdekaan dan konstitusi pertama? Bagaimanasituasi bangsa Indonesia ketika terjadi Proklamasi Kemerdekaan danlahirnya konstitusi pertama? Mengapa bangsa Indonesia memerlukanProklamasi Kemerdekaan dan konstitusi? Untuk menjawab pertanyaantersebut, mari kita kaji Pelajaran ini dengan saksama.
Kata Penting
- Proklamasi kemerdekaan - Undang-Undang Dasar 1945- Kemerdekaan - Konstitusi- Penjajahan - PPKI1. Siswa mampumen jelaskanmakna ProklamasiKemerdekaan.2. Siswa mampumendeskripsikansuasana kebatinanKonstitusi pertama.3. Siswa mampumenganalisishubunganantara ProklamasiKemerdekaan danUUD 1945.4. Siswa mampumenunjukkan sikappositi terhadapmakna ProklamasiKemerdekaan dansuasana kebatinanKonstitusi pertama.
 TujuanPembelajaran
 
Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII SMP
22
PETA KONSEP
Konstitusi NegaraPenyusunan KonstitusiPersiapan KemerdekaanPerjuangan OrganisasionalPerjuangan Kedaerahan
Penjajahan
Proklamasi KemerdekaanJepang Menyerah kepada Sekutu
 
23
Bab II Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama
Bahwa s
esungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa…”. Kemerdekaan adalah hak asasi bagi setiap bangsa di dunia ini, tak terkecuali bangsa Indonesia. Oleh karena itu, ketika bangsa Indonesiamengalami penjajahan maka dengan perjuangan yang tidak mengenalmenyerah bangsa Indonesia berusaha mencapai kemerdekaan. Dengankemerdekaan yang dicapai itu, maka bangsa Indonesia mulai menentukanarah dan tujuan bangsa Indonesia mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.Arah dan tujuan bangsa Indonesia dituangkan dalam sebuah konstitusibangsa yang dirumuskan pertama kali oleh pendiri bangsa ini.
A.Proklamasi Kemerdekaan1. Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah dapat dikelom-pokkan menjadi dua, yaitu sebelum tahun 1908 dan sesudah tahun 1908.Perjuangan sebelum tahun 1908 selalu dapat diga galkan oleh penjajah.Hal itu karena perjuangan masih bersiat kedaerahan, dan perjuanganmasih berupa perjuangan fsik dengan senjata yang sederhana.Kegagalan perjuangan yang telah dilakukan mendorong pejuangmengubah taktik per juangan melalui organisasi sosial politik. Awal tahun1908 mulailah bermunculan berbagai organisasi pergerak an nasionalseperti Budi Utomo, Sarekat Islam, Indische Partij, dan PNI. Sejak saatitu arah per juangan bangsa Indonesia pun makin tegas, yaitu mewujudkanpersatuan nasional.Langkah konkret para pemuda dalammewujudkan persatuan adalah mengadakanrapat besar para pemuda Indonesia. Rapat itudikenal dengan Kongres Pemuda I. KongresPemuda I dihadiri oleh beberapa wakilorganisasi pemuda di daerah seperti JongJava (Trikoro Dharmo), Jong SumatranenBond, Jong Ambon, Jong Batavia, dan JongIslamitent. Kongres Pemuda I ini dipimpinoleh M. Tabrani. Tujuan kongres ini adalahmema jukan paham persatuan dan kebangsaan,serta mempererat hubung an antara semuaperkumpulan pemuda.Kongres Pemuda I belum berhasil membentuk suatu organisasi yangbersiat nasional. Untuk itu, para pemuda menyelenggarakan KongresPemuda II. Kongres Pemuda II dimulai tanggal 27 Oktober 1928 di Ja-karta, tepatnya di Gedung Katholieke Jongelingen Bond (Gedung Pe mudaKatolik) di Lapangan Banteng. Kemudian, tanggal 28 Ok tober 1928mengadakan rapat kedua di Gedung Oost Java Bioscoop mulai pukul
Gambar 2.1Antusiasme rakyat menjelangdicetuskannya proklamasi Kemerdekaan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->