Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Anomali air

Anomali air

Ratings: (0)|Views: 87 |Likes:
Published by Dinar Setiawidiani
Fisika
Fisika

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Dinar Setiawidiani on Jan 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/01/2013

pdf

text

original

 
Dinar Setiawidiani (140310090028)Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Padjadjaran25 Oktober 2010
ABSTRAK
Pengertian pemuaian adalah bertambahnya ukuran suatu benda karena menerima kalor,atau karena pengaruh perubahan suhu. Pemuaian terjadi pada 3 zat yaitu pemuaian pada zatpadat, zat cair, dan zat gas. Pada zat cair hanya terjadi pemuaian volume saja. Pemuaian padazat gas ada 3 jenis yaitu pemuaian panjang (untuk satu demensi), pemuaian luas (duadimensi) dan pemuaian volume (untuk tiga dimensi). Sedangkan pada zat cair dan zat gashanya terjadi pemuaian volume saja, khusus pada zat gas biasanya diambil nilai koofisienmuai volumenya sama dengan 1/273.Pemuaian panjang adalah bertambahnya ukuran panjang suatu benda karena menerimakalor. Pemuaian luas
 
adalah pertambahan ukuran luas suatu benda karena menerima kalor.Pemuaian volume adalah pertambahan ukuran suatu benda karena menerima kalor.Air memiliki sifat khas yang tidak dimiliki oleh zat lain atau yang lebih dikenal dengansifat anomali air. Semua zat akan memuai jika dipanaskan. Tetapi air mempunyai keanehandalam hal ini. Air ternyata malah menyusut jika dipanaskan dari suhu 0 ke 4 °C.
 
BAB 1PENDAHULUAN
1.1
 
Latar Belakang
Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi kehidupan manusia dibumi, air termasuk kedalam zat cair. Sifat partikel zat cair itu sendiri adalah jarak antar partikel tetap dan agak berjauhan, gaya tarik menarik antar partikel lemahdibandingkan zat padat, gerakan partikel lebih lincah dari pada zat padat dan partikeldapat berpindah tempat. Zat cair memiliki sifat-sifat yang unik berbeda dengan jeniszat yang lain, hal tersebut dapat dijabarkan dalam Hukum Archimedes. Adapun sifatkhas air yang tidak dimiliki oleh zat lain atau yang dikenal dengan sifat anomali alirdalam fisika. Hal tersebut terungkap ketika para ilmuan mempelajari tentang suhu dankalor. Mereka mengamati, bahwa semua zat akan memuat jika dipanaskan. Pengertianpemuaian itu sendiri adalah bertambahnya ukuran suatu benda karena menerimakalor. Pemuaian terjadi pada 3 zat yaitu pemuaian pada zat padat, pada zat cair, danpada zat gas. Biarpun air akan memuai jika dipanaskan tetapi air mempunyaikeanehan dalam hal ini. Ternyata air malah menyusut jika dipanaskan dari suhu 0 ke 4derajat celcius.
1.2
 
Identifikasi Masalah
1.
 
Terjadinya sifat anomali air. Sifat anomali air adalah keanehan air yang menyusutketika dipanaskan antara suhu 0 sampai 4 derajat. Massa jenis air terbesardiperoleh pada suhu 4°C, karena pada suhu ini air memiliki volume yang palingkecil.
1.3
 
Tujuan Percobaan
1.
 
Mempelajari tentang anomali air.2.
 
Menghitung koefisien muai panjang air.
 1.4
 
Metode Percobaan
Metode yang digunakan yaitu dengan penaikkan dan penurunan suhu air.Penurunan suhu air dimulai dari suhu awal hingga suhu dibawah 4
0
C dimana suhu
 
tidak bisa lebih dingin lagi.Pada praktikum kali ini suhu awalnya adalah 16,6
0
C dansuhu akhirnya 0
0
C. Pada Penaikkan suhu dimulai dari suhu 0
0
C sampai suhu 15,2
0
C.Pada panaikan dann penurunan, setiap perubahan suhu 0,2
0
C catat perubahan volumeair tersebut.
1.5
 
Kerangka Penulisan
 BAB I Pendahuluan
 Berisi tentang latar belakang permasalahan, identifikasi masalah, tujuan melakukanpercobaan, metode yang digunakan dalam percobaan, serta sistematika penulisan.
 BAB II Teori Dasar 
 Berisi tentang teori-teori yang berhubungan dengan praktikum serta rumus yangdigunakan dan hukum dasar yang terkait dengan praktikum.
 BAB III Metodologi Percobaan
Berisi tentang alat-alat yang dipergunakan pada saat praktikum serta prosedurpraktikum.
 BAB IV Data Pengamatan dan Analisa
 Berisi tentang data pengamatan praktikum, perhitungan dan pengolahan data,tampilan grafik, analisis data dan analisis grafik.
 BAB V Kesimpulan
 
Berisi tentang kesimpulan praktikum.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->