Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Langkah-Langkah

Langkah-Langkah

Ratings: (0)|Views: 293|Likes:
Published by Radius Advendra
Makalah
Makalah

More info:

Published by: Radius Advendra on Jan 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/28/2013

pdf

text

original

 
i
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Kurikulum merupakan rancangan pendidikan yang merangkum semuapengalaman belajar yaang disediakan bagi siswa di sekolah. Dalam kurikulumterintegrasi filsafat, nilai-nilai, pengetahuan, dan perbuatan pendidikan.Kurikulum disusun oleh para ahli/ahli kurikulum, ahli bidang ilmu, pendidik,pejabat pendidikan, pengusaha serta unsusr-unsur masyarakat lainnya.Rancangan ini disusun dengan maksud memberi pedoman kepada parapelaksana pendidikan, dalam proses pembimbingan perkembangan siswa,mencapai tujuan yang dicita-citakan oleh siswa sendiri, keluarga, maupunmasyarakat.Dewasa ini dibutuhkan guru yang handal dalam segala aspek di bidangpendidikan. Bagian terpenting yang harus dikuasai oleh seorang guru adalahpenyusunan kurikulum. Kurikulum yang di susun seharusnya dijadikanpedoman dalam proses belajar mengajar di sekolah. Oleh karena itu, seorangguru harus mengerti dan memahami bagaimana cara menyusun kurikulumsehingga kurikulum yang dipakai dapat bermanfaat bagi siswa dan guru itusendiri.
B.
 
Tujuan Penulisan
1.
 
Untuk memenuhi salah satu tugas pada Mata Kuliah PengembanganKurikulum Pada Jurusan PAI, STIT YAPTIP Kampus II Ujung Gading.2.
 
Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai teori-teori yang berhubungandengan langkah-langkah pengembangan kurikulum
 
i
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Prosedur Pengembangan Kurikulum
Prosedur adalah tata cara kerja atau cara menjalankan suatu pekerjaan.Amin Widjaja, Prosedur adalah sekumpulan bagian yang saling berkaitan.Kamaruddin, Prosedur pada dasarnya adalah suatu susunan yang teratur darikegiatan yang berhubungan satu sama lainnya yang berkaitan melaksanakandan memudahkan kegiatan utama dari suatu organisasi. Sedangkan pengertianprosedur menurut Ismail masya, Prosedur adalah suatu rangkaian tugas-tugasyang saling berhubungan yang merupakan urutan-urutan menurut waktu dantata cara tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dilaksanakanberulang-ulang.
1
 Berdasarkan pendapat beberapa ahli di atas maka dapat disimpulkanyang dimaksud dengan prosedur adalah suatu tata cara kerja atau kegiatanuntuk menyelesaikan pekerjaan dengan urutan waktu dan memiliki pola kerjayang tetap yang telah ditentukan.Pengembangan berasal dari kata dasar kembang yang berarti menjadibertambah sempurna. Kemudian mendapat imbuan pe- dan
 – 
an sehinggamenjadi pengembangan yang artinya proses, cara atau perbuatanmengembangkan. Jadi pengembangan di sini adalah usaha sadar yangdilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan agar lebih sempurna daripada sebelumnya.Kurikulum menurut Syaifruddin Nurdin adalah aktivitas apa saja yangdilakukan sekolah dalam rangka mempengaruhi anak dalam belajar untuk mencapai suatu tujuan, termasuk didalamnya kegiatan belajar mengajar,mengatur strategi dalam proses belajar mengajar, cara mengevaluasi programpengembangan pengajaran, dan sebagainya. Abdullah Idi, Kurikulum adalahseperangkat rencana dan pengaturan isi bahan pelajaran serta cara yang
1
Assep Henry Hermawan, dkk,
Pengembangan Kurikulum dan Pengajaran,
(Jakarta :Universitas Terbuka, 2008), h. 2.11
 
idigunakan sebagai pedoman untuk menggunakan aktivitas belajar mengajar.Sedangkan menurut Al-Rosyidin dan Nizar, kurikulum adalah landasan yangdigunakan pendidik untuk membimbing peserta didiknya kearah tujuanpendidikan yang diinginkan melalui akumulasi sejumlah pengetahuan,keterampilan, dan sikap mental.
2
 Berdasarkan definisi-definisi diatas, dapat ditarik suatu kesimpulanbahwa prosedur pengembangan kurikulum adalah suatu susunan perencanaankegiatan belajar yang saling berhubungan yang ditujukan untuk membawasiswa kearah perubahan-perubahan yang diinginkan dan menilai sejauh manaperubahan-perubahan itu telah terjadi pada diri siswa
B.
 
Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum
Secara umum langkah-langkah pengembangan kurikulum terdiri atasdiagnosis kebutuhan, perumusan tujuan, pemilihan dan pengorganisasianmateri, pemilihan dan pengorganisasian pengalaman belajar, dan pengalamanalat evaluasi.
1.
 
Analisis dan Diagnosis Kebutuhan.
Langkah pertama dalam pengembangan kurikulum adalahmenganalisis dan mendiagnosis kebutuhan. Analisis kebutuhan dapatdilakukan dengan mempelajari tiga hal, yaitu kebutuhan siswa, tuntutanmasyarakat/dunia kerja, dan harapan-harapan dari pemerintah (kebijakanpendidikan). Kebutuhan siswa dapat dianalisis dari aspek-aspek perkembangan psikologis siswa, tuntutan masyarakat, dan dunia kerjadapat dianalisis dari berbagai kemajuan yang ada di masyarakat danprediksi-prediksi kemajuan masyarakat pada masa yang akan datang,sedangkan harapan pemerintah dapat dianalisis dari kebijakan-kebijakan,khususnya kebijakan-kebijakan bidang pendidikan yang dikeluarkan, baik oleh pemerintah pusat maupun daerah.
2
Nik Haryati,
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam,
(Bandung : CV.Alfabeta, 2011), h. 34

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->