Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN, POPULASI DAN SAMPEL

LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN, POPULASI DAN SAMPEL

Ratings: (0)|Views: 66 |Likes:
Published by Rudini Mulya
Skripsi / Tugas Akhir merupakan laporan dari suatu penelitian yang dilakukan sesuai dengan langkah-langkah metode ilmiah yang benar dan sistematis_Rudini Mulya,dkk 2012.
Skripsi / Tugas Akhir merupakan laporan dari suatu penelitian yang dilakukan sesuai dengan langkah-langkah metode ilmiah yang benar dan sistematis_Rudini Mulya,dkk 2012.

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Rudini Mulya on Jan 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/02/2013

pdf

text

original

 
Rudini Mulya_Praktikum Teknik Industri Universitas Mercu Buana
 
1
LAPORAN PRAKTIKUM
“  
LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN, POPULASI DAN SAMPEL 
”   
 
Diajukan untuk Melengkapi Tugas Mata KuliahPraktikum Metode penelitianPada Program Studi Teknik IndustriDisusun Oleh :
Kelompok VIIRudini mulya (41610010035)Herlian Saputra (41610010037)M.kasroniyanto (41610010009)Eza Efriza (41610010007)Paulus Fortunake Fake (41610010004)
PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRIFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MERCU BUANAJAKARTA2012
Diperiksa dan disetujui oleh :Asisten Praktikum
 
Rudini Mulya_Praktikum Teknik Industri Universitas Mercu Buana
 
2
LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN,POPULASI DAN SAMPEL
A. Langkah-langka Penelitian
Skripsi / Tugas Akhir merupakan laporan dari suatu penelitian yang dilakukan sesuaidengan langkah-langkah metode ilmiah yang benar dan sistematis. Pada umumnyalangkah-langkah penelitian yang sering dilakukan meliputi:1. Mencari topik penelitian. Ini adalah awal dari penelitian, yaitu peneliti harusmencari topik atau ide penelitian yang ada disekelilingnya. Topik penelitian inidapat diambil dari kantor peneliti, keluarga, tetangga, masyarakat, perusahaanswasta, pemerintahan, jurnal, gejala alam, majalah dan lain-lain. Dari topikpenelitain ini kemudian muncul judul penelitian. Topik penelitian dapat puladidapat dari konsultasi dengan dosen pembimbing, yang sebelumnya sudahdisiapkan beberapa alternatif oleh mahasiswa.2.
Merumuskan Masalah 
. Setelah topik penelitian didapat maka langkahselanjutnya adalah merumuskan masalah penelitian yang didefinisikan dengan jelas keluasan dan kedalamannya.3.
Studi Pustaka 
. Studi pustaka dilakukan untuk mencari apakah mahasiswasebelumnya telah meneliti masalah yang sama atau sebaliknya memang belumpernah diteliti. Selain itu juga untuk mengetahui teori-teori yang telah adasehingga berdasarkan teori tersebut suatu masalah dapat dianalisis untukdicarikan pemecahannya.4.
Merumuskan Hipotesis 
. Hipotesis yang adalah suatu dugaan sementaratentang suatu fenomena tertentu yang akan diselidiki, formulasinya disesuaikandengan tujuan penelitian.5.
Mengumpulkan Data 
. Pengumpulan dan pemilihan data harus menggunakankaidah-kaidah yang sesuai. Jika data yang diperoleh menggunakan cara yangsalah maka akibatnya informasi yang diterima pun menjadi keliru. Data yangdidapat bisa data primer dan atau sekunder.6.
Menganalisis dan Menginterpretasi Data.
Data yan telah terkumpul disusundalam bentuk tabel ataupun grafik supaya memudahkan analisis selanjutnya.Setelah dianalisis maka data diberikan tafsir penjelasannya.
 
Rudini Mulya_Praktikum Teknik Industri Universitas Mercu Buana
 
3
7.
Generalisasi dan Kesimpulan.
Setelah dilakukan interprestasi, selanjutnyamahasiswa membuat generalisasi dari hasil penelitiannya dan kemudianmembuat kesimpulan berdasarkan hipotesisnya.8.
Pelaporan.
Hasil kerja dari tahapan penelitian di atas selanjutnya dibuat laporansecara tertulis sesuai dengan tata penulisan yang telah ditentukan. Kemudianakan dikaji unuk diputuskan apakah perlu diubah, diterima atau ditolak sebagaisebuah tulisan ilmiah.
B. Jenis-jenis Penelitian
Menurut ada tidaknya hipotesis, penelitian dapat dibedakan menjadi dua yaitupenelitian yang menggunakan hipotesis dan yang tidak menggunakan hipotesis. Jenis- jenis penelitian yang tidak menggunakan hipotesis. Di antara ialah penelitian deskriptif,penelitian filosofis, penelitian historis, dan penelitian evaluasi. Sedabg menurut jenisdata yang dipergunakan penelitian dibagi menjadi penelitian kualitatif dan penelitiankuantitatif. Penelitian bisa bersifat kuantitatif maupun kualitatif, misalnya: Historis,Deskriptif, Perkembangan, Kasus dan penelitian lapangan, Korelasional, Kausalkomparatif, Eksperimen murni, Eksperimen semu dan Kajian tindak.1.
Penelitian Analisis.
 Adalah penelitian yang desain risetnya dimulai dari teori danberakhir pada fakta, oleh karenanya dalam riset ini terlibat satu atau lebihhipotesis. Teori berfungsi sebagai masukan sekaligus sebagai pemecahanmasalah yang bersangkutan.2.
Penelitian Tindakan atau Action Research 
merupakan suatu kerja sama antaramahasiswa dengan para pengambil keputusan misalnya perusahaan di manahasil penelitian ini akan dapat langsung dipakai dalam rangka mengambilkeputusan manajemen. Validitas penelitian ini secara relatif lemah karenasampel kurang representatif juga kontrol terhadap variabel bebas tidakditekankan.3.
Penelitian Deskriptif.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menemukaninformasi sebanyak-banyaknya dari suatu fenomena. Teorisasi dan hipotesisdalam penelitian jenis ini kurang diperlukan. Penelitian ini dapat dilakukandengan menggunakan satu jenis variabel.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->