Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LP SNH

LP SNH

Ratings: (0)|Views: 473|Likes:

More info:

Published by: Rahajeng Intan Handayani on Jan 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/24/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PENDAHULUAN ASUHAN KEPERAWATANPADA PASIEN DENGAN STROKE NON HEMORAGIK 
OLEH:NI KETUT RAHAJENG INTAN HANDAYANI1002105016
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTASKEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA2011
 
A.
Konsep Dasar Penyakit1.Definisi PengertianStroke adalah kehilangan fungsi otak secara mendadak yang diakibatkan oleh gangguansupalai darah ke bagian otak.
(Brunner & Sudarth, 2000)
Stroke adalah kehilangan fungsi otak yang diakibatkan oleh berhentinya supalai darahkebagian otak.
(Brunner & Sudarth, 2002)
Stroke adalah cedera otak yang berkaitan dengan obstruksi aliran darah otak.
(Elizabeth J.Corwin, 2002)
Stroke adalah defisit neurologis yang mempunyai awitan mendadak atau berlangsung 24 jam sebagai akibat dari cerebrovaskular desease (CVD) atau penyakit cerebrovaskular.
(Hudak and Gallo)
Stroke merupakan manifestasi neurologis yang umum yang timbul secara mendadak sebagai akibat adanya gangguan suplai darah ke otak.
(Depkes RI 1996)
Stroke/penyakit serebrovaskuler menunjukan adanya beberapa kelainan otak baik secarafungsional maupun struktural yang disebabkan oleh keadaan patologis dari pembuluh darahserebral atau dari seluruh sistem pembuluh darah otak.
(Marilyn E. Doenges)
Stroke iskemik 
merupakan tanda klinis disfungsi atau kerusakan jaringan otak yangdisebabkan berkurangnya aliran darah ke otak sehingga mengganggu kebutuhan darah danoksigen di jaringan otak.2.Epidemiologi/insiden kasusSecara umum Stroke merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas di AmerikaSerikat dan meskipun rata-rata kejadian stroke menurun, tetapi jumlah penderita stroke tetapmeningkat yang diakibatkan oleh meningkatnya jumlah populasi tua/meningkatnya harapanhidup. Terdapat beberapa variasi terhadap insidensi dan
outcome
stroke di berbagai Negara.Sampai dengan tahun 2005 dijumpai prevalensi stroke pada laki-laki 2,7% dan 2,5% pada perempuan dengan usia ≥18 tahun. Diantara orang kulit hitam, prevalensi stroke adalah 3,7%dan 2,2% pada orang kulit putih serta 2,6 % pada orang Asia. Dari Survey ASNA di 28 RSseluruh Indoneisia, diperoleh gambaran bahwa penderita laki-laki lebih banyak dari pada perempuan dan profil usia 45 tahun yaitu 11,8%, usia 45-64 tahun berjumlah 54,2% dan diatasusia 65 tahun 33,5%. Data-data lain dari ASNA
Stroke Collaborative Study
diperoleh angkakematian sebesar 24,5%Stroke Iskemik yang terjadi sebagai akibat dari adanya sumbatan pada arteri sehinggamenyebabkan penurunan suplay oksigen pada jaringan otak ( iskhemik ) hingga menimbulkannekrosis. 87% kasus stroke disebabkan kerena adanya sumbatan yang berupa thrombus atau
 
embolus. Trombus adalah gumpalan/sumbatan yang berasal dari pembuluh darah otak.Embolus adalah gumpalan/sumbatan yang berasal dari tempat lain, misalnya jantung atau arteri besar lainnya. Faktor lain yang berpengaruh adalah denyut jantung yang irreguler (atrialfibrillation) yang merupakan tanda adanya sumbatan dijantung yang dapat keluar menuju otak.Adanya penimbunan lemak pada pembuluh darah otak (aterosklerosis) akan meningkatkanresiko terjadinya stroke iskhemik.3.Penyebab/faktor predisposisiPada stroke iskemik, penyumbatan bisa terjadi di sepanjang jalur arteri yang menuju keotak. Misalnya suatu ateroma (endapan lemak) bisa terbentuk di dalam arteri karotis sehinggamenyebabkan berkurangnya aliran darah. Keadaan ini sangat serius karena setiap arteri karotisdalam keadaan normal memberikan darah ke sebagian besar otak. Endapan lemak juga bisaterlepas dari dinding arteri dan mengalir di dalam darah, kemudian menyumbat arteri yanglebih kecil.Arteri karotis dan arteri vertebralis beserta percabangannya bisa juga tersumbat karenaadanya bekuan darah yang berasal dari tempat lain, misalnya dari jantung atau satu katupnya.Stroke semacam ini disebut emboli serebral, yang paling sering terjadi pada penderita yang baru menjalani pembedahan jantung dan penderita kelainan katup jantung atau gangguan irama jantung (terutama fibrilasi atrium). Emboli lemak jarang menyebabkan stroke. Emboli lemak terbentuk jika lemak dari sumsum tulang yang pecah dilepaskan ke dalam aliran darah danakhirnya bergabung di dalam sebuah arteri. Stroke juga bisa terjadi bila suatu peradangan atauinfeksi menyebabkan menyempitnya pembuluh darah yang menuju ke otak. Obat-obatan(misalnya kokain dan amfetamin) juga bisa mempersempit pembuluh darah di otak danmenyebabkan stroke. Penurunan tekanan darah yang tiba-tiba bisa menyebabkan berkurangnyaaliran darah ke otak, yang biasanya menyebabkan seseorang pingsan. Stroke bisa terjadi jikatekanan darah rendahnya sangat berat dan menahun. Hal ini terjadi jika seseorang mengalamikehilangan darah yang banyak karena cedera atau pembedahan, serangan jantung atau irama jantung yang abnormal.Secara spesifik, penyebab dari istroke iskemik diakibatkan oleh :
 b.
TrombosisTrombosis merupakan penyebab stroke paling sering. Trombosis ditemukan pada 40% darisemua kasus stroke yang telah dibuktikan oleh para ahli patologi. Biasanya ada kaitannyadengan kerusakan lokal dinding pembuluh darah akibat aterosklerosis. Trombus yang lepasdan menyangkut di pembuluh darah yang lebih distal disebut embolus.
c.
Embolus

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->