Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MANAJEMEN KOMUNIKASI

MANAJEMEN KOMUNIKASI

Ratings: (0)|Views: 532|Likes:
Published by odorrdoclo

More info:

Published by: odorrdoclo on Jan 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/03/2013

pdf

text

original

 
1
TUGAS KOMUNIKASI BISNISMANAJEMEN KOMUNIKASI
Di susun oleh :
Gunawan Wibisana Yogaswara112050054Fajar Hadian Ridwanullah112050066Muhammad Gilang Ginanjar1120500Rafi Resamana Haffad112050063Regy Fadhilah112050070Rizkialdy Ramadhan112050071
Jl. Lengkong Besar no.68 Bandung 40261Tlp. (022) 4205945 - 4262456Fax. (022) 4205945
 – 
4210656
 
2
DAFTAR ISI
Daftar IsiBAB I
PENGANTAR ……………………………………………………………
3
 – 
8BAB II
PEMBAHASAN …………………………………………………………. 9 – 
33BAB IIIKESIMPULAN
………………………………………………………….. 34 – 
35BAB IVDAFTAR PUSTAKA
 
3
BAB I
PENGANTAR
Keterampilan manajemen komunikasi mutlak diperlukan oleh para praktisi komunikasi agarmereka bisa menjadi lebih profesianal dalam aktifitasnya. Menjadi lebih profesional dalamsetting perusahaan mengandaikan bahwa praktisi komunikasi tidak semata-mata berada dalamposisi diperintah melainkan juga dalam posisi memerintah, ikut mengarahkan dan mengaturprogram komunikasi macam apa yang harus dijalankan perusahaan. Sebagai upaya untuk menjadi profesional itulah seorang praktisi komunikasi harus membekali diri dengankemampuan manajerial.Kemampuan manajerial akan menempatkan seorang sarjana komunikasi untuk tidak hanyaberperan sebagai teknisi komunikasi namun juga akan mampu berperan sebagai manajerkomunikasi. Perbedaan diantara keduanya adalah sebagai berikut:
Teknisi komunikasi (communication technician) menjalankan pekerjaannya hanya berdasarkanketerampilan komunikasi atau keterampilan jurnalistik yang dimiliki, misalnya menulis,menyunting, membuat pesan melalui media audio visual dan sebagainya. Mereka tidak ikutdalam pembuatan keputusan organisasi dan mereka hanya mengimplementasikan keputusan-keputusan yang dibuat orang lain. Mereka juga tidak melakukan riset baik untuk perencanaanmaupun untuk evaluasi.
Manajer Komunikasi (communication manager) melakukan penelitian secara sistematis danmelakukan perencanaan untuk setiap program komunikasi organisasi.Mereka mengelolaprogram-program komunikasi organisasi, memberi pertimbangan pada manajemen dan membuatkeputusan tentang kebijakan komunikasi perusahaan. Seorang manajer komunikasi ikut dalamproses pengambilan keputusan pada tingkat puncak pada perusahaan.Pada dasarnya pengembangan karir dalam bidang komunikasi memang dimulai dari peran teknisikomunikasi.Setelah melewati masa kerja tertentu barulah seorang praktisi komunikasimengalami peningkatan karir menjadi seorang supervisor, yang merupakan peran manajertingkat bawah untuk selanjutnya naik menjadi manajer tingkat menengah dan bukan tidak mungkin pada akhirnya seorang praktisi komunikasi juga bisa mencapai jenjang karir sebagaimanajer puncak.Untuk mencapai itu semua, penguasaan aspek-aspek ilmu manajemen dan bisamengaplikasikannya ke dalam program-program komunikasi sehingga menghasilkan suatukegiatan komunikasi yang efektif mutlak diperlukan, dan dalam mata kuliah ManajemenKomunikasi inilah tersedia jawabannya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->