Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 17 /PRT/M/2011

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 17 /PRT/M/2011

Ratings: (0)|Views: 315 |Likes:
Published by Dody Widodo
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum tentang PEDOMAN PENETAPAN GARIS SEMPADAN JARINGAN IRIGASI No. 17 /PRT/M/2011
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum tentang PEDOMAN PENETAPAN GARIS SEMPADAN JARINGAN IRIGASI No. 17 /PRT/M/2011

More info:

Published by: Dody Widodo on Jan 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2014

pdf

text

original

 
1
PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM REPUBLIK INDONESIANOMOR 17 /PRT/M/2011 TENTANGPEDOMAN PENETAPAN GARIS SEMPADAN JARINGAN IRIGASIDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAMENTERI PEKERJAAN UMUM REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 61 PeraturanPemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2006 tentangIrigasi, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umumtentang Pedoman Penetapan Garis Sempadan Jaringan Irigasi;Mengingat : 1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun2006 tentang Irigasi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 4624);
2.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentangPembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah,Pemerintahan Daerah Provinsi Dan Pemerintahan DaerahKabupaten/Kota (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 82, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 4737);
3.
 
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2009tentang Pembentukan Dan Organisasi Kementerian Negara;
4.
 
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2010tentang Kedudukan, Tugas, dan Fungsi Kementerian Negaraserta Susunan Organisasi, Tugas, dan Fungsi Eselon IKementerian Negara;
5.
 
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 84/P Tahun2009;
 
2
6.
 
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 22/PRT/M/2006tentang Pengamanan dan Perkuatan Hak atas TanahDepartemen Pekerjaan Umum;
7.
 
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 08/PRT/M/2010tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian PekerjaanUmum;
8.
 
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 21/PRT/M/2010tentang Organisasi Dan Tata Kerja Unit Pelaksana TeknisKementerian Pekerjaan Umum;MEMUTUSKAN:Menetapkan :
PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM TENTANGPEDOMAN PENETAPAN GARIS SEMPADAN JARINGANIRIGASI.
 
BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:1.
 
Irigasi adalah usaha penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air irigasiuntuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi permukaan,irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa, dan irigasi tambak.2.
 
Sistem irigasi meliputi prasarana irigasi, air irigasi, manajemen irigasi,kelembagaan pengelolaan irigasi, dan sumber daya manusia.3.
 
Daerah irigasi adalah kesatuan lahan yang mendapat air dari satu jaringanirigasi.4.
 
 Jaringan irigasi adalah saluran, bangunan, dan bangunan pelengkapnya yang merupakan satu kesatuan yang diperlukan untuk penyediaan,pembagian, pemberian, penggunaan, dan pembuangan air irigasi.5.
 
Perkumpulan petani pemakai air adalah kelembagaan pengelolaan irigasi yang menjadi wadah petani pemakai air dalam suatu daerah pelayananirigasi yang dibentuk oleh petani pemakai air sendiri secara demokratis,termasuk lembaga lokal pengelola irigasi.6.
 
Saluran irigasi adalah saluran yang dipergunakan untuk penyaluran airirigasi dari penyediaan, pengambilan, pembagian dan pemberian air irigasi.
 
3
7.
 
Saluran pembuang irigasi adalah saluran yang dipergunakan untukmenyalurkan kelebihan air yang sudah tidak dimanfaatkan lagi pada suatudaerah irigasi tertentu.8.
 
Saluran bertanggul adalah saluran yang mempunyai tanggul alamdan/atau buatan di kanan atau kirinya.9.
 
Saluran tidak bertanggul adalah saluran yang tidak mempunyai tanggul dikanan atau kirinya.10.
 
Bangunan irigasi adalah bangunan yang berada dalam jaringan irigasimeliputi bangunan utama, bangunan bagi, bangunan bagi-sadap,bangunan sadap, bangunan pelengkap, dan bangunan fasilitas lainnya.11.
 
Garis sempadan jaringan irigasi adalah batas pengamanan bagi salurandan/atau bangunan irigasi dengan jarak tertentu sepanjang saluran dansekeliling bangunan.12.
 
Ruang Sempadan Jaringan irigasi adalah ruang di antara garis sempadankanan dan garis sempadan kiri jaringan irigasi.13.
 
Sempadan jaringan irigasi adalah ruang di kiri dan kanan jaringan irigasi,di antara garis sempadan dan garis batas jaringan irigasi.14.
 
Garis batas jaringan irigasi adalah tepi luar kaki tanggul untuk saluranbertanggul, atau titik potong lereng tebing dengan garis galian untuksaluran galian, atau tepi luar saluran gendong untuk saluran tidakbertanggul.15.
 
Penertiban adalah tindakan administrasi dan fisik untuk mengembalikanfungsi ruang sempadan jaringan irigasi akibat penyimpangan/pelanggaranpemanfaatan ruang sempadan jaringan irigasi.16.
 
 Jalan inspeksi adalah jalan yang digunakan untuk keperluan operasi danpemeliharaan jaringan irigasi.17.
 
Pemerintah pusat, selanjutnya disebut Pemerintah, adalah PresidenRepublik Indonesia yang memegang kekuasaan pemerintahan NegaraKesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.18.
 
Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang pekerjaan umum.19.
 
Sekretaris Jenderal adalah Sekretaris Jenderal Kementerian PekerjaanUmum.20.
 
Direktur Jenderal adalah Direktur Jenderal Sumber Daya Air KementerianPekerjaan Umum21.
 
Pemerintah provinsi adalah gubernur dan perangkat daerah provinsisebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->