Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Ratings: (0)|Views: 40 |Likes:
Published by Iyyaa Adjah

More info:

Published by: Iyyaa Adjah on Jan 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2013

pdf

text

original

 
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Halaman :
1
BAB IInformasi dan Sistem Informasi
1.1 Data
Data adalah fakta atau apapun yang dapatdigunakan sebagai input dalam menghasilkaninformasi.Data bisa merupakan bahan untuk diskusi,pengambilan keputusan, perhitungan, ataupengukuran.Bentuk data adalah kumpulan huruf-huruf dalambentuk kata atau kalimat, suara, gambar diamdan bergerak, baik dalam bentuk dua atau tigadimensi. Data dapat berupa angka-angka,simbol-simbol khusus atau gabungan darinya.Contoh :Data: jam kerja para karyawan, tarif para karyawan perjamnya,Hasil: penghasilan kotor tiap karyawanInformasi: jumlah gaji yang harus dibayar oleh perusahaan
1.2 Informasi
Informasi adalah hasil dari pengolahan data, tetapi tidak semua hasilpengolahan tersebut bisa menjadi informasi,Tiga hal penting yang harus diperhatikan yaitu:
Informasi merupakan hasil pengolahan data.
Memberikan makna atau arti.
Berguna atau bermanfaatSedangkan
Mc Leod
mengatakan suatu informasi yang berkualitas harusmemiliki ciri-ciri :
Akurat
artinya informasi harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya.Pengujian terhadap ini biasanya dilakukan melalui pengujian yang dilakukandua orang atau lebih yang berbeda dan apabila hasil pengujian tersebutmenghasilkan hasil yang sama maka dianggap data tersebut akurat.
Tepat waktu
artinya informasi itu tersedia atau ada pada saat informasitersebut diperlukan.
Relevan
artinya informasi yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan.Jika kebutuhan informasi ini untuk suatu organisasi maka informasi tersebutharus sesuai dengan kebutuhan informasi diberbagai tingkatan dan bagian yangada dalam organisai tersebut.
 
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Halaman :
2
Lengkap
artinya informasi harus diberikan secara lengkap.Misalnya informasitentang penjualan tidak ada bulannya atau tidak ada data fakturnya.
1.3 Hubungan Data dan Informasi
Pengolahan data adalah manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebihberguna dan lebih berarti berupa suatu Informasi. Informasi adalah hasil darikegiatan Pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berartidarisauatu kejadian. Jadi Pengolahan Data Elektronik adalah Manipulasi dari datakedalam bentuk yang yang lebih berarti berupa suatu informasi denganmenggunakan suatu alat Elektronik, yaitu Komputer.Dalam pengembangan sistem informasi orang banyak terjebak dalam situasidimana mereka mengumpulkan data terlebih dahulu tanpa tahu informasi yangdiperlukan, karena dalam menghasilkan informasi kita terlebih dahulu harustahu informasi yang diperlukan selanjutnya kita harus tahu bagaimanamengolah suatu data menjadi informasi. Jika informasi yang diperlukan sudahditentukan dengan baik dan tidak ada masalah dibidang pengolahan makaselanjutnya kita baru menentukan data apa yang harus disediakan.Definisi bahwa informasi merupakan hasil pengolahan data melahirkanpemikiran lain.Apakah suatu proses pengolahan data hanya terjadi satu kali?,bagaimana kalau setelah diproses, diproses lagi ? apakah informasi hasilpengolahan yang diolah kembali tetap merupakan informasi atau menjadi data.Gambar 1.1 Model dasar system informasiGambar 1.2 Perbedaan data dan informasiPada saat tertentu data dan informasi berbeda. Tetapi pada saat yang lainsesuatu yang telah menjadi informasi mungkin menjadi data pada pengolahanselanjutnya, atau sesuatu yang menjadi informasi bagi si A, bagi si B mungkinmerupakan data yang harus diolah lebih lanjut guna menghasilkan informasi.
DataProsesInformasiDataInfo ?InfoProsesProses
A/B A:A Sesaat kemudianA
 
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Halaman :
3
1.4. Definisi Sistem informasi
System adalah kumpulan dari subsistem apapun baik phisik maupun non phisikyang saling berhubungan satu sama lain dan bekerjasama secara harmonis untumencapai satu tujuan.Sedangkan informasi didefinisikan sebagai hasilpengolahan data yang berarti dan bermanfaat, jadi dari kedua definisi ini dapatmenarik suatu definisi baru dari system informasi sebagai kumpulan darisubsistem apapun baik phisik dan nonphisik yang saling berhubungansatu samalain dan bekerjasama satu sama lain secara harmonis untuk mencapai satutujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berarti dan berguna.Laudon dalam bukunya ‘Management informasi system:New approaches toOrganization & Technology’ mengatakan bahwa system informasi merupakankomponen-komponen yang saling berhubungan dan bekerjasama untukmengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasitersebut untuk mendukung proses pengambilan keputusan, koordinasi, danpengendalian.McKeown dalam bukunya’Management information system:Managing withcomputers’ menyatakan bahwa system informasi merupakan gabungan darikomputer dan user yang mengelola perubahan data menjadi informasi sertamenyimpan data dan informasi tersebut.
1.5 Alat pengolah dalam Sistem informasi
Materi ini dibahas lebih mendetail dibidang psikologi dan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence ). Karena itu di dalam menyusun urutan daftar alatpengolah suatu sistem informasi, susunannya diawali dengan otak sebagai alatpengolah petama yang digunakan oleh manusia, seperti yang terlihat padagambar berikut ini:Alat pemroses/pengolah data:Otak (Utama)Manual (Bantuan)Mekanik (Bantuan)Elektrik (Bantuan)Elektronik (Bantuan)Gambar 1.3 Alat-alat pengolah dalam sistem informasi
1.5.1. Otak
Manusia dalam otaknya memiliki dua macam memori , yaitu memori jangkapanjang dan jangka pendek.Maltin mengatakan memori jangka pendek adalahmemori yang kita gunakan saat kita bekerja atau berdiskusi sedangkan memori jangka panjang digunakan untuk jangka waktu yang lama.Memori jangka
DataProsesInformasi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->