Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
1Activity
×
P. 1
03 Bab 9

03 Bab 9

Ratings: (0)|Views: 131|Likes:
Published by Jalaludin

More info:

Published by: Jalaludin on Jan 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/06/2014

pdf

text

original

 
 
219
BAB IXTEKNIK BUDIDAYAHORTIKULTURA
9.1. Pendahuluan
Hortikultura berasal dari Bahasa Latinyang terdiri dari dua patah kata yaitu
hortus
(kebun) dan
culture
(bercocoktanam).Makna hortikultura dalam BukuKamus Besar Bahasa Indonesia adalahseluk beluk kegiatan atau seni bercocoktanam sayur-sayuran, buah-buahan atautanaman hias.Ilmu pengetahuan modern membagihortikultura atas 3 bagian yaitu:
Sayur-sayuran
Buah-buahan
Hias.Ilmu hortikultura berhubungan eratdengan ilmu pengetahuan lainnya, sepertiteknik budidaya tanaman, mekanisasi,tanah dan pemupukan, ilmu cuaca, dansebagainya.Budidaya hortikultura pada umumnyadiusahakan lebih intensif dibandingkandengan budidaya tanaman lainnya.Hasil yang diperoleh dari budidayaholtikultura ini per unit areanya jugabiasanya lebih tinggi.Lebih lanjut dikatakan tanamanholtikultura memiliki berbagai fungsidalam kehidupan manusia. Misalnyatanaman hias berfungsi untuk memberikeindahan (
aestetika
), buah-buahansebagai makanan, dan lain-lain.Holtikultura berinteraksi dengan disiplinilmu lainnya seperti kehutanan, agronomi,dan ilmu terapan lainnya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar berikut ini.Gambar 71 Hubungan antara hortikulturadengan ilmu lainnya
9.2. Pembagian Hortikultura
Hortikultura dapat dikelompokkan atas 4kategori yaitu:
 
Tanaman Buah-buahan
, kelompoktanaman ini memiliki keanekaragamanmorfologi, seperti ada yang berbentukpohon (misalnya rambutan, mangga,durian, jeruk, dan sebagainya), bentuksemak (markisa).
 
Tanaman sayuran
, tanaman inimerupakan tanaman hortikultura yangutama. Beberapa jenis sayuran adayang berasal dari buah (tomat), daun(bayam), akar (wortel), biji (buncis),bunga (kembang kol) dan sebagainya.Berbeda dengan tanaman buah-buahan, sayuran memiliki umur yangrelatif singkat. Tanaman ini umumnyadikonsumsi dalam bentuk segar, olehkarenanya proses penanganannyalebih spesifik dibandingkan denganhortikultura lainnya.
 
Tanaman Hias
, manfaat dari tanamanhias ini adalah meningkatkan
aestetikalingkungan
. Budidaya tanaman inidapat dilakukan pada ruang terbukamaupun didalam ruangan.
 
Lanskap arsitektur 
, lans kapmenggunakan tanaman tertentu yangdipadukan dengan elemen-elemenlainnya untuk menghasilkanpemandangan yang indah. Aspekutama dalam lanskap arsitektur iniadalah penutupan permukaan tanahyang umumnya diwakili denganrumput. Lanskap arsitektur sedemikianpentingnya karena dapat memuaskanmasyarkat yang melihatnya danberpengaruh terhadap efek fisiologismanusia. Perkembangan dari cabanghortikultura ini demikian pesatnyakarena sangat dibutuhkan dalampembangunan supermal, tamanbermain, parkir, dan sebagainya.
9.3. Fungsi Hortikultura
Hortikurtura mempunyai beberapa fungsiyakni:
Sumber bahan makanan
Hiasan/keindahan
PekerjaanBerikut ini digambarkan piramidakebutuhan bahan makanan manusia.
 
 
220
Kebutuhan terbesar terdapat padaserealia dan kebutuhan terkecil terdapatpada lemak dan gula.Gambar 72. Piramida makanan
9.4. Pengendalian lingkungan untuktanaman hortikultura
Tujuan dari memodifikasi lingkungantumbuh tanaman hortikultura adalahuntuk memberikan lingkungan tumbuhyang sesuai dengan keinginannya.Tanaman hortikultura seperti layaknyamakhluk hidup lainnya membutuhkanfaktor lingkungan yang sesuai untukpertumbuhannya. Beberapa jenistanaman mampu atau mudahberadaptasi dengan lingkungantumbuhnya, akan tetapi sebagian adayang tidak mampu sehinggamembutuhkan modifikasi lingkunganpertanamannya.Untuk daerah tropis, yang tersedia cukupmatahari, budidaya hortikutura dapatdilakukan sepanjang tahun, berbedadengan daerah sub tropis yangmembutuhkan kontrol lingkungan tumbuhtertentu jika ingin tetap melakukanbudidaya pada musim dingin.Untuk tujuan tertentu juga kitamengharuskan menggunakan kondisilingkungan terkontrol, misalnya untukmendapatkan bunga jenis tertentu yangberkualitas tinggi diluar musim harusditanam pada kondisi ini.Kondisi lingkungan yang terkontroltersebut dapat berupa bangunan :
Rumah kacaGambar 73. Bentuk rumah kaca
 
Rumah plastik 
(dapat berupa plastikfilm, polyetilen, polivinil flourida,fiberglass. Bangunan ini 30% lebihmurah dibandinngkan denganbangunan rumah kaca. Saat inibeberapa pengusaha menggunakanini untuk tanaman ortikulturanyakarena lebih murah. Hanyakelemahannya bahanbangunannannya lebih bagusdigunakan pada daerah bersuhurendah, pada daerah panas dengancurah hujan tinggi plastik ini mudahrusak.Gambar 74. Rumah plastik
 
Pelindung dingin
(Cold frames ).Bangunan ini digunakan untukpembibitan untuk memberikan suhuyang sesuai dengan jenistanamannya. Umumnya digunakanuntuk melindungi bibit hortikulturadari suhu rendah.
 
 
221
 Gambar 75. Pelindung bibit dari suhurendah
 
Paranet,
beberapa jenis hortikulturasangat disukai serangga, olehkarenanya paranet ini dibuat, untukmelindungi tanaman dariserangannya.
Rumah kasaGambar 7.6. Rumah kasa
9.5.Perbanyakan tanaman hortikultura
Perbanyakan tanaman hortikultura dibagiatas dua yaitu perbanyakan vegetatif dangeneratif.Perbanyakan generatif adalahperbanyakan yang menggunakan bijisebagai calon individu baru.Biji merupakan hasil dari petemuan darisel kelamin betina dan sel kelamin jantan,terbentuk zygot yang kemudianberkembang menjadi buah.Biji tanaman hortikultura memilikiberbagai bentuk dan ukuran. Ada yangberbiji besar seperti pada spesieskacang-kacangan ada juga yang bijinyakecil seperti pada spesies serealia.Baik tidaknya sumber tanaman yangberasal dari biji sangat tergantung padasifat genetik dari kedua induknya (induk jantan dan betina). Awal terbentuknya bijidimulai dari fertilisasi yang merupakangabungan antara gamet betina dan jantan, yang terjadi setelah penyerbukan.Tahap berikutnya sesudah fertilisasiadalah perkembangan ovul menjadi biji.Untuk meningkatkan mutu produkhortikultura pemuliaan tanamanmelakukan persilangan, untukmenghasilkan benih unggul. Kriteriakeunggulannya juga berbeda-beda, adavarietas yang tahan terhadap penyakit,cekaman abiotik, keindahan warnabunga, dan sebagainya tergantung padapermintaan pasar. Sebelum benih hasilpemulia ini dilepas ke masyarakat, makaharus terlebih dahulu dilakukan sertifikasi.
Pengelompokan benih
Berdasarkan tahapan sertifikasinya, makabenih dikelompokkan atas:
 
Breeder seed 
, adalah benih yangdihasilkan oleh pemulia, yang belumdilakukan pengujian lebih lanjut.
 
Foundation seed 
, setelah dilakukanpengujian terhadap kemurniangenetiknya dan identitasnya benih inidimasukkan ke kategori benih dasar 
 
Registered seed 
, proses pendaftaranuntuk benih sertifikasi.
 
Certified seed 
, benih yang sudahbrsertifikasi.
Pengujian Kualitas Benih
Pengujian kualitas benih untukmengetahui viabilitasnya, dapat dilakukanpengujian benih yaitu:
Tes perkecambahan benih adalahtahapan pengujian yang melihatberapa besar persentase kecambahdari suatu jenis benih. Pengujian inidapat dilakukan pada bak pasir,kecambah atau menggunakan kertasmerang.
Uji dingin, uji ini memperlakukanbenih dengan perlakuan temperatur rendah sekitar 10
0
C, sebelum

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->