Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
06_bab5

06_bab5

Ratings: (0)|Views: 785|Likes:
Published by Jalaludin

More info:

Published by: Jalaludin on Jan 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/05/2013

pdf

text

original

 
 Bab V ~ Kependudukan
105
 
V
Pada bab kelima yang bertemakan kependudukan ini Anda akan mencapai beberapa tujuanpembelajaran. Tujuan yang dimaksudkan yaitu:1.Anda akan berlatih mencatat pokok-pokok yang dibicarakan dalam diskusi panel atau seminar,menulis rangkuman yang berisi pendapat atau saran yang muncul dalam diskusi panel atauseminar, dan membatasi isi rangkuman dalam kelompok;2.Anda akan berlatih menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan,mengemukakan ringkasan hasil penelitian, dan menjelaskan proses penelitian dengan kalimatyang mudah dipahami;3.Anda akan berlatih membaca cepat ± 300 kata per menit, menjawab secara benar 75% dariseluruh pertanyaan yang tersedia, dan mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan;4.Anda akan berlatih mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca, membuatringkasan dari seluruh buku, dan mendiskusikan ringkasan untuk mendapat masukan dariteman.
KEPENDUDUKANMENDENGARBERBICARAMEMBACAMENULIS
Merangkum isipembicaraandalam suatudiskusi atauseminarMenulisrangkuman/ ringkasanisi BukuMengungkapkanpokok-pokok isiteks denganmembaca cepat 300kata per menitMempresentasikanhasil penelitian secararuntut denganmenggunakan bahasayang baik dan benar
KEPENDUDUKAN
Tujuan PembelajaranPeta Konsep
 
 Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Kelas XI - Prodi IPA - IPS 
106
PENDAHULUAN
Pada bab ini dibicarakan cara-cara merangkum isi pembicaraan dalam diskusi.Setelah itu, kita akan berlatih mempresentasikan hasil penelitian. Selanjutnya,dikemukakan pula teori membaca cepat sampai mampu mempraktikkanpengungkapan pokok-pokok isi teks yang dibaca. Dan pada akhir bab ini, kita akanberlatih merangkum isi buku.
A.MENDENGARKAN DISKUSI ATAU SEMINAR
Sebuah diskusi atau seminar akan bermakna apabila setelah melakukanaktivitas tersebut mengerti benar akan hasilnya. Oleh sebab itu, Anda perlu berlatihuntuk mencatat pokok-pokok yang dibicarakan dalam diskusi panel atau seminar,menulis rangkuman yang berisi pendapat atau saran yang muncul dalam diskusipanel atau seminar, dan membatasi isi rangkuman dalam kelompok.
1.Mencatat Pokok-Pokok yang Dibicarakan dalam Diskusi Panelatau Seminar
Diskusi panel yaitu percakapan antara dua orang atau lebih yangmembicarakan satu masalah dalam satu waktu dengan pendapat atau latarbelakang ilmu yang berbeda. Diskusi panel ini dipandu oleh seorang moderatoryang bertugas membagi waktu bagi masing-masing narasumber untuk mengungkapkan pendapatnya secara bergantian. Dalam diskusi panel ini pesertadapat atau tidak diberikan waktu untuk bertanya kepada narasumber, hal initergantung kepada moderator.Seminar yaitu suatu pertemuan yang menghadirkan seorang narasumberuntuk membahas suatu masalah tertentu. Seminar dipandu oleh seorang moderatoryang bertugas membagi waktu dalam menyampaikan materi dari narasumber,dan membagi waktu bagi para peserta seminar untuk menanggapi pendapatyang telah disampaikan atau bertanya kepada narasumber. Antara narasumberdan peserta seminar terjadi interaksi.Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan ketika mencatat pokok-pokok yang dibicarakan dalam diskusi panel dan seminar adalah:a. mendengarkan apa yang dibicarakan oleh pembicara atau pemrasaran,b. mencatat bagian pendahuluan, isi, dan penutupnya secara kronologis,c. menulis hal-hal yang penting-penting saja,d. menggunakan bahasa yang jelas, baik, dan benar,e. memberikan kesimpulan.Dalam menuliskan rangkuman diskusi panel atau seminar perlu Andaperhatikan hal-hal sebagai berikut:a. tulislah rangkuman secara singkat dan jelas,b. tulislah masalah-masalah pokok yang dibicarakan,c.gunakanlah kalimat berita dalam penulisan,
 
 Bab V ~ Kependudukan
107
d.cantumkan pendapat dan saran dari narasumber atau dari peserta yangdisetujui narasumber.Untuk lebih jelasnya mengenai diskusi panel dan seminar perhatikanlah baganberikut ini!
Gambar bagan diskusi panelGambar bagan seminar
Berikut ini contoh rangkuman seminar bahasa
Tantangan Hidup dan Mati:Bahasa Indonesia yang Baik dan Benarpada Era Globalisasi
oleh: Demas MarsudiPemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar sampai saat ini masih dililitberbagai problematika. Dengan adanya aturan kebahasaan, sebagian orang merasaterkebiri pikirannya, terpasung dalam pengungkapan maksud tertentu, tidak bebasberartikulasi, dan masih banyak lagi alasan lain yang mengarah pada pernyataantidak setuju dengan adanya aturan kebahasaan.
PANELIS IPANELIS IIPESERTA DISKUSI PANELMODERATOR
NOTULIS
PEMRASARANMODERATORPESERTA SEMINAR

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->