Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Karya Kasih

Karya Kasih

Ratings: (0)|Views: 241|Likes:
Published by Rino Hlsby
Implementasi karya kasih kepada anak-anak
Implementasi karya kasih kepada anak-anak

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Rino Hlsby on Jan 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/07/2013

pdf

text

original

 
Created by Claudia Tiffany / Fakultas Farmasi Universitas Airlangga / 051211133097- 1 -
A.
 
Judul
”Biar anak-anak datang kepadaKu”Diambil dariSaya memakai judul tersebut sesuai dengan kegiatan yang saya lakukan sebagai pembina dipenitipan anak gereja Roh Kudus. Anak-anak adalah aset yang berharga bagi gereja karenamereka akan tumbuh menjadi dewasa nantinya sehingga merekalah yang akan memimpingenerasi yang akan datang, merekalah yang akan mempengaruhi zaman yang akan datang. Olehdari itu diusianya yang masih dini tersebut pendidikan terhadap anak-anak tidak bolehdilalaikan. Pendidikan tersebut tidak hanya pendidikan secara jasmaniah namun juga pendidikansecara rohaniah ( dengan mengenalkan tentang Yesus, ajaran-ajaran Yesus, mengajari untuk berdoa,dll ). Gereja katolik telah mengambil porsi yang tepat untuk mengadakan penitipan anak,BIAK untuk membina anak-anak katolik memiliki spiritualitas katolik yang kuat saat sudahdewasa nanti.
B.
 
Ringkasan
Kegiatan yang saya pilih adalah menjadi pembina pada penitipan anak. Perlu diketahuibahwa penitipan anak berbeda dari sekolah minggu ataupun BIAK. Anak-anak yang boleh ikutdalam penitipan anak terbatas sampai usia 7 tahun saja atau kelas 2 SD, anak-anak yangmengikuti kegiatan dipenitipan anak gereja Roh Kudus berusia kira-kira 3-7 tahun. Penitipananak diadakan setiap adanya ekaristi, waktu untuk mengadakan penitipan anak tersebut jugabersamaan dengan berawal dan berakhirnya ekaristi. Pembina-pembina di penitipan anakpunberbeda-beda setiap ekaristinya ( pembina pada penitipan anak waktu pagi berbeda denganpembina pada waktu sore). Gereja membuat pergiliran pembina penitipan anak yaituberdasarkan wilayah-wilayah yang ada, namun pada penitipan anak sore agak berbeda denganpagi hari. Pada sore hari pembinanya bisa dari anggota REKAT, ataupun dari pihak gereja yanglainnya. Kegiatan-kegiatan yang ada di penitipan anak secara garis besar yaitu: doa pembukaan,firman, games, kreativitas, penerimaan berkat, doa penutup, pulang. Disini dapat dilihatperbedaan antara penitipan anak dan sekolah minggu. Pada penitipan anak kegiatan-kegiatanyang akan dilakukan disesuaikan dengan durasi waktu ekaristi agar anak-anak dapat menerimaberkat dari Romo juga. Selain itu penitipan anak juga membagikan buku REHAN (RenunganHarian) pada semua anak-anak yang ada di penitipan anak. Penitipan anak ingin membentuk iman, pemahaman mengenai Yesus, dan gereja katolik.
 
Created by Claudia Tiffany / Fakultas Farmasi Universitas Airlangga / 051211133097- 2 -
C.
 
Pendahuluan
Paroki Roh Kudus adalah paroki yang tergolong baru dibandingkan dengan parokiKelahiran Santa Perawan Maria, paroki Kristus Raja, dan masih banyak lagi. Paroki Roh Kudusmemiliki bangunan yang moderen.Bangunan minimalis yang sedang ngetrend di zamanini.Gereja Roh Kudus merupakan pengembangan Paroki Gembala Yang Baik, Jemur Andayani.Gereja Roh Kudus dilayani oleh romo-romo Serikat Sabda Allah atau SVD. Saat ini pastorparokinya adalah, Romo Gregorius Kaha SVD, pastor asal Flores Timur.Gereja Roh Kudus diresmikan sebagai paroki pada 11 Mei 2008 oleh Mgr Vincentius Sutiknosebagai paroki ke-41 di Keuskupan Surabaya. Gereja ini dilayani imam-imam SVD sehinggasuasana gereja dan liturgi cukup kental bernuansa Flores. Gereja Roh Kudus yang biasannyadisingkat gereja RK ini terletak didalam perumahan Puri Mas, rungkut Surabaya. Jadwalperayaan Ekaristi gereja Roh Kudus pada hari minggu adalah: Pada pagi hari pukul 07:30 danpada sore hari pukul 05:30. Untuk ikut ambil bagian dalam Aras Dasar Keuskupan Surabayatahun 2012 mengenai remaja, maka saya memutuskan untuk mengikuti kegiatan di penitipananak gereja katolik Roh Kudus sebagai pembina disana. Alasan saya mengapa saya memilihuntuk ikut dalam penitipan anak adalah dizaman moderen ini sudah banyak anak-anak kecilyang terseret dalam arus Globalisasi, mereka akan lebih memilih untuk main game dari padabelajar bahkan untuk pergi kegereja. Padahal mempunyai dasar iman yangkuat adalah pondasibagi setiap anak untuk pertumbuhannya saat dewasa nanti. Hal tersebut tentu menjadi fenomenayang mengerikan saat anak tumbuh tanpa iman ia akan mudah terseret arus negatif. Apalagibagi anak-anak yang notabenya adalah dari keluarga katolik. Karena melihat kondisi dunia padazaman sekarang saya melihat kebutuhan besar yang gereja perlukan yaitu dalam halpengembangan iman bagi anak-anak. Hal itulah yang membuat saya lebih memilih untuk melakukan praktek kerja lapangan saya di gereja katolik ini dengan menjadi pembina padapenitipan anak. Karena saya merasa tujuan diadaknnya penitipan anak yang diadakan setiapadanya ekaristi sangat baik apalagi dengan kegiatan-kegiatan yang ada didalamnya yang dapatmembuat anak-anak memiliki tumbuh kembang iman dan spiritualitas katolik yang baik.
D.
 
Kronologis Kegiatan
I.
 
Pertemuan pertama
Waktu
: Minggu, 14 Oktober 2012
Jam
: 07.30-09.00
 
Created by Claudia Tiffany / Fakultas Farmasi Universitas Airlangga / 051211133097- 3 -
Deskripsi kegiatan
:Hari itu adalah hari pertama saya menjadi pembina di penitipan anak. Rasanya deg-deg’an sekali karena baru pertama kali saya terlibat dalam kegiatan seperti ini apalagiharus menjadi pembina. Walau hanya menjadi pembina anak-anak namun hal tersebuttidak boleh diremehkan karena anak-anak mampu mengingat lebih tajam daripadaorang dewasa, apabila ada kesalahan dalam penyampaian konsep hal itu dapattertanam benak si anak yang dapat menyebabkan akibat yang fatal. Apalagi hal iniberhubungan dengan iman. Selain itu saya juga sempat takut kalau saya tidak mendapat respon baik dari anak-anak saat saya memberikan materi. Entah karenamembosankan, dll. Ataupun saya tidak diberikan kepercayaan untuk memberikanmateri disana. Hal itulah yang saya takutkan saat itu, ditambah lagi saya barumengetahui saat saya berbicara dengan salah seorang pembina disana sebelumpenitipan anak dimulai, bahwa pembina-pembina yang ada disini bukanlah hanya dariREKAT saja( sebelumnya saya sudah izin dengan ibu Candra salah seorang pembinaREKAT yang merekomendasikan agar saya ikut dalam penitipan anak)namun dariwilayah-wilayah yang secara bergilir akan melayani setiap adanya penitipan anak.Oleh dari itu saya harus memperkenalkan diri saya lagi serta saya meminta izin untuk bergabung menjadi pembina saat itu. Puji Tuhan, saya disambut baik dan sayadiberikan tugas untuk memegang bagian kreativitas.Sebelum kegiatan yang ada di penitipan anak dimulai anak-anak diajak untuk berdoaterlebih dahulu. Dipilih 3 orang anak yang ingin berdoa didepan. Doa Bapa Kami,Salam Maria, dan Kemuliaan. Hal ini saya rasa baik sekali karena dapat melatihkeberanian anak-anak untuk tampil dimuka umum serta mengenalkan anak-anak dengan doa yang telah diajarkan oleh Tuhan Yesus sendiri. Setelah itu anak-anak diajak untuk bernyanyi lagu-lagu rohani anak-anak yang saat itu bertemakan Yesusmeredakan angin ribut, Sesuai dengan tema firman Tuhan yang akan mereka dapatkansaat itu. Firman yang disampaikan ke anak-anak pastilah bukan dengan membacanyadari Alkitab lurus-lurus begitu saja. Karena seperti yang kita tahu bahasa yang ada diAlkitab kebanyakan adalah bahasa kiasan, dan bahasa berat lainnya yang sulit untuk dimengerti. Jadi untuk menerangkannya pada anak-anak haruslah menggunakan teknik mendongeng. Mengubah kata-kata yang ada di Alkitab menjadi kata-kata yanggampang dimengerti oleh anak-anak. Hal tersebut bertujuan agar anak-anak dapatmenangkap firman Tuhan yang diajarkan. Setelah itu tibalah giliran saya untuk 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->