Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Layout Fisik Kamar

Layout Fisik Kamar

Ratings: (0)|Views: 98|Likes:
Published by Dwi Anggraeni

More info:

Published by: Dwi Anggraeni on Jan 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2013

pdf

text

original

 
Posted on 2 April 2009 by abror shodiq
Efisiensi penggunaan fasilitas fisik merupakan hal yang penting dalam suatukamar operasi. Perancangan dari lingkungan fisik kamar operasi akanmemberikan tantangan untuk tim perancang supaya optimal dalam melakukanefisiensi dengan membuat lalu-lintas yang realistis dan pola alur kerja bagipasien, pengunjung, petugas, dan gudang/persediaan. Perencanaan sebaiknya juga membuat keluwesan/kesesuaian sehingga dapat mengikuti perkembanganke masa depan dan sebaiknya mengatur/membatasi supaya sesuai dengan aturanyang telah ditetapkan sehingga aman bagi lingkungan. Arsitektur harusberunding dengan ahli bedah, perawat kamar operasi, dan bagian administrasipelayanan personalia kamar operasi sebelum menentukan alokasi ruangan.Perencanaan Pembuatan atau Pemugaran dan Tim DesainPerencanaan dan desain lingkungan kamar operasi lingkungan memerlukan timmultidisiplin, yang mungkin meliputi :
 
Jajaran direksi RS
 
Bidang keperawatan
 
Dokter-dokter (ahli bedah, staf anestesi)
 
Perawat kamar operasi senior
 
Manajer proyek (mungkin dirumah bagian personalia atau Konsultan)

Teknologi informasi

Petugas bagian komunikasi (seperti : telepon, interkom, tim gawatdarurat)

Petugas bagian pendukung (seperti, laboratorium, radiologi)

Tim INOS

Arsitek

Dekorasi interiorTak satupun pembuatan khusus atau rencana renovasi/pemugaran sesuai untuksemua rumah sakit. Masing-masing secara individu merancang/mendesainuntuk memenuhi kebutuhan khusus yaitu proyek. Jumlah kamar operasi yangdiperlukan, ruang gudang/penyimpanan, dan ruang perawatan pasien pascaoperatif memerlukan sebagai berikut :

Jumlah, macam, dan lamanya tindakan/prosedur operasi yangdiperlukan

Jenis dan macam staf ahli dan perlengkapannya masing-masing SMF

Perbandingan tindakan operasi pasien elektif dan tindakan operasipasien keadaan darurat terhadap pasien rawat jalan dan tindakanminimal invasive surgery (pembedahan minimal invasive).
 

Kebijakan penjadwalan yang berhubungan dengan jumlah jamperhari, per-minggu yang sesuai yang akan digunakan dan kebutuhanSDM yang diperlukan.

Sistem dan prosedur yang digunakan untuk jalur pasien yang efisien,personalia, dan penyimpanan atau gudang

Pertimbangan perubahan volume dan kebutuhan/kemampuanperluasan untuk masa yang akan datang

Teknologi yang akan diterapkan dan rencana teknologi mungkin untukakan dikembangkan

Kemanan petugas, pasien, dan petugas lain selama pembuatan ataurenovasi.Prinsip Perencanaan Pembuatan atau Perencanaan PemugaranMasalah yang umum adalah pengendalianatau kontrol lingkungan untukmencegah luka infeksi yang dipengaruhi oleh desain kamar operasi danperencanaan untuk pembuatan atau pemugaran. Gedung dengan kamaroperasi yang lebih dari 30 tahun tidak mempunyai kemampuan mendukungteknologi yang lebih baru dengan pemugaran ruang dan teknologi dankemampuan listrik. Arsitek, administrator, dan perancang kamar operasiseharusnya mengikuti beberapa konsep dalam merencanakan yang layoutfisik dan pembuatan kamar operasi:1.
 
Perencanaan Strategis.a.
 
Hindari semaksimal mungkin gangguan terhadap petugasdiruangan.b.
 
Libatkan petugas ruangan dalam tahap perencanaan semaksimalmungkin.c.
 
Selesaian secepat mungkin dengan tidak membahayakan keamananatau keselamatan pasien, staf, dan petugas perancang.d.
 
Tekan biaya dengan perencanaan kedepan. Jangan ganti bahanyang murah untuk bahan awet. Itu hanya akan berharga tinggiuntuk mengganti dikemudian hari. Selalu ikuti spesifikasi rencanadan pabrik.e.
 
Rencanakann proyek dalam tahap-tahap, selesaikan masing-masingbidang sebelum mulai yang berikutnya.f.
 
Kurangi pesanan persediaan selama penggunaan, pada pasienhanya untuk yang diperlukan untuk prosedur segera. Inventarispenyimpanan akan menjadi persoalan sewaktu proyek terungkap.g.
 
Putuskan penggantian untuk perlengkapan saat ini yangdigunakan. Kadang-kadang secara keuangan lebih baik membelidalam jumlah besar atau banyak daripada untuk mengganti sesuatupada suatu waktu. Transaksi bisa dibuat sesuai harga ketika
 
merencanakan perlengkapan untuk ruangan baru. Lebih baikmemasang perlengkapan dari luka garukan daripada untukmenambahkan nanti di biaya pembuatan tambahan/instalasiberharga.h.
 
Rencanakan untuk menutup ruang tanpa terlalu banyak gangguan jika akan diperbarui.i.
 
Tentukan keseimbangan perlengkapan yang pasti berlawanandengan perlengkapan yang bisa berpindah-pindah untukpenggunaan di beberapa kamar. j.
 
Tentukan kebutuhan untuk kamar yang didedikasikan sepertiuntuk endoscopy, cystoscopy, prosedur invasive secara minimal,tindakan radiologi, trauma, dan prosedur jantung.2.
 
Perencanaan untuk menghadapi keadaan darurat.a.
 
Tenaga, komunikasi, gas medis, system vakum, pembuangan gasbuang, perawatan udara AC, air, dan kotoran yang tidak bisadibiarkan. Rencana sebaiknya di tempatnya untuk menghitungbeberapa pengurangan/pemotongan yang mendadak oleh petugaspembuatan. Legionella sudah bertambah besar selama fasepembuatan.b.
 
Lindungi dengan perlengkapan monitoring dari pengaruh frekuensiradio yang disebabkan oleh mesin atau alat pembuatan.c.
 
Rencanakan kemampuan dalam penghentian kerja pada suatuwaktu bila diminta oleh ahli bedah selama pembedahan fase kritis.3.
 
Tidak adanya pencemaran dari luar, kamar operasi sesuai dengandengan pola lalu-lintas yang baik ke dan dari kamar operasi.a.
 
Penghalang/rintangan harus di tempatkan di antara pekerjaankamar operasi dan bagian dari kamar operasi yang sedangdibangun. Kayu atau panel kering sebagai dinding sesementarayang ditutup di bagian pinggir dengan pipa isolasi bisa mencegahdebu memasuki kamar operasi. Lapisan plastik tidak kokoh dandengan mudah bisa ditusuk.b.
 
Tekanan negatif harus dipelihara di ruangan dengan menyaring keluar gedung.c.
 
Pola lalu-lintas harus tidak terhalang oleh buangan kotoran.Aspergillosis sudah diisolasikan dari puing bangunan yang lebihtua. WC dan pembersihan tangan harus tersedia untuk pekerja.d.
 
Pola lalu-lintas harus tak terhalang karena membawa masukpersediaan pembuatan dan bahan.4.
 
Pemisahan area bersih dari area pencemaran dalam ingkungan kamaroperasi selama tahap pembangunan :

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->