Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
macam macam etika profesi

macam macam etika profesi

Ratings: (0)|Views: 468 |Likes:
etika profesi
etika profesi

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Alvine Pratama Gunaryadhi on Jan 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/14/2014

pdf

text

original

 
MACAN-MACAM ETIKA PROFESIA.Etika Profesi Dan Tanggung Jawab Profesi It
Kode etik profesi Informatikawan merupakan bagian dari etika profesi.Kode etik profesi merupakan lanjutan dari norma-norma yanglebih umum yang telah dibahas dan dirumuskan dalam etika profesi. Kodeetik ini lebih memperjelas,mempertegas dan merinci norma-norma ke bentuk yang lebih sempurna walaupun sebenarnya norma-norma terebutsudah tersirat dalam etika profesi. Dengan demikian kode etik profesiadalah sistem norma atau aturan yang ditulis secara jelas dan tegas sertaterperinci tentang apa yang baik dan tidak baik, apa yang benar dan apayang salah dan perbuatan apa yang harus dilakukan dan tidak bolehdilakukan oleh seorang profesional. Tujuan utama dari kode etik adalahmemberi pelayanan khusus dalam masyarakat tanpa mementingkankepentingan pribadi atau kelompok. Adapun fungsi dari kode etik profesiadalah :1.Memberikan pedoman bagi setiap anggota profesi tentang prinsip profesionalitas yang digariskan.2.Sebagai sarana kontrol sosial bagi masyarakat atas profesi yang bersangkuta.3. Mencegah campur tangan pihak diluar organisasi profesi tentanghubungan etika dalam keanggotaan profesi.
 
Etika profesi sangatlah dibutuhkan dalam berbagai bidangkhususnya bidang teknologi informasi.Kode etik sangat dibutuhkan dalam bidang TI karena kode etik tersebut dapat menentukan apa yang baik danyang tidak baik serta apakah suatu kegiatan yang dilakukan oleh IT-er itudapat dikatakan bertanggung jawab atau tidak. Pada jaman sekarang banyak sekali orang di bidang TI menyalahgunakan profesinya untuk merugikan orang lain, contohnya hacker yang sering mencuriuang,password leat computer dengan menggunakan keahlian mereka.Contoh seperti itu harus dijatuhi hukuman yang berlaku sesuaidengan kode etik yang telah disepakati. Dan banyak pula tindakankejahatan dilakukan di internet selain hacker yaitu cracker, dll. Oleh sebabitu kode etik bagi pengguna internet sangat dibutuhkan pada jamansekarang ini.Adapun kode etik yang diharapkan bagi para pengguna internetadalah :1.Menghindari dan tidak mempublikasi informasi yang secara langsung berkaitan dengan masalah pornografi dan nudisme dalam segala bentuk.2.Menghindari dan tidak mempublikasi informasi yang memilikitendensi menyinggung secara langsung dan negatif masalah suku,agama dan ras (SARA), termasuk di dalamnya usaha penghinaan, pelecehan, pendiskreditan, penyiksaan serta segala bentuk pelanggaranhak atas perseorangan, kelompok / lembaga / institusi lain.
 
3.Menghindari dan tidak mempublikasikan informasi yang berisiinstruksi untuk melakukan perbuatan melawan hukum (illegal) positif di Indonesia dan ketentuan internasional umumnya.4.Tidak menampilkan segala bentuk eksploitasi terhadap anak-anak dibawah umur.
5.
Tidak mempergunakan, mempublikasikan dan atau saling bertukar materi dan informasi yang memiliki korelasi terhadap kegiatan pirating, hacking dan cracking.
6.
Bila mempergunakan script, program, tulisan, gambar / foto, animasi,suara atau bentuk materi dan informasi lainnya yang bukan hasil karyasendiri harus mencantumkan identitas sumber dan pemilik hak cipta bila ada dan bersedia untuk melakukan pencabutan bila ada yangmengajukan keberatan serta bertanggung jawab atas segalakonsekuensi yang mungkin timbul karenanya.
7.
Tidak berusaha atau melakukan serangan teknis terhadap produk,sumber daya (resource) dan peralatan yang dimiliki pihak lain.
8.
Menghormati etika dan segala macam peraturan yang berlaku dimasyarakat internet umumnya dan bertanggung jawab sepenuhnyaterhadap segala muatan / isi situsnya.
9.
Untuk kasus pelanggaran yang dilakukan oleh pengelola, anggotadapat melakukan teguran secara langsung.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->