Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah-agama

makalah-agama

Ratings: (0)|Views: 21 |Likes:
Published by almoon2
makalah-agama
makalah-agama

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: almoon2 on Jan 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2013

pdf

text

original

 
MAKALAHLINGKUNGAN HIDUP
Makalah ini Disusun untuk memenuhi Tugas Mata kuliah yangDiampu oleh Tony Tampake Selaku dosen Agama
 
Kelompok 6:1.
 
Dian (152008004)2.
 
Aditya (212008051)3.
 
Yordan (212008081)4.
 
Widiya (102010011)5.
 
Setya (292011242)
 
Universitas Kristen Satya WacanaSalatiga2011/2012
 
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang Masalah
Masalah lingkungan di Indonesia, sekarang sudah merupakan problem khusus bagi pemerintah dan masyarakat. Masalah lingkungan hidup memang merupakanmasalah yang kompleks dimana lingkungan lebih banyak bergantung kepada tingkah lakumanusia yang semakin lama semakin menurun, baik dalam kualitas maupun kuantitasdalam menunjang kehidupan manusia. Ditambah lagi dengan melonjaknya pertambahan penduduk maka keadaan lingkungan menjadi semakin semrawut.Berbagai usaha penggalian sumber daya alam dan pembangunan industri-industriuntuk memproduksi barang-barang konsumsi tanpa adanya usaha-usaha perlindunganterhadap pencemaran lingkungan oleh buangan yang merupakan racun bagi lingkungandisekitarnya dan tidak mustahil dapat membawa kematian.Kecenderungan kerusakan lingkungan hidup semakin masif dan kompleks baik di pedesaan dan perkotaan. Memburuknya kondisi lingkungan hidup secara terbuka diakuimemengaruhi dinamika sosial politik dan sosial ekonomi masyarakat baik di tingkatkomunitas, regional, maupun nasional.Pada gilirannya krisis lingkungan hidup secara langsung mengancam kenyamanandan meningkatkan kerentanan kehidupan setiap warga negara. Kerusakan lingkunganhidup telah hadir di perumahan, seperti kelangkaan air bersih, pencemaran air dan udara, banjir dan kekeringan, serta energi yang semakin mahal. Individu yang bertanggungjawab atas kerusakan lingkungan hidup sulit dipastikan karena penyebabnyasendiri saling bertautan baik antar-sektor, antar-aktor, antar-institusi, antar-wilayah dan bahkan antar-negara.Dalam hal ini Agama berperan besar unutk mengarahkan dan menjadi pedomanagar manusia lebih menyadari akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkunganhidup, karena manusia juga hidup di bumi ini memiliki ketergantungan denganlingkungan hidup. 
 
 
1.2
 
Rumusan Masalah
 
Apa persoalan lingkungan hidup saat ini?
 
Mengapa terjadi krisis lingkungan hidup?
 
Bagaimana pandangan etis agama terhadap lingkungan hidup?
 1.3
 
Batasan Konseptual
Menurut Undang-Undang Rl Nomor 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan-KetentuanPokok Pengelolaan Lingkungan Hidup, Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1992 tentangPerkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, menyatakan bahwalingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, danmakhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.Lingkungan hidup adalah jumlah semua benda yang hidup dan mati serta seluruhkondisi yang ada didalam ruang yang kita tempati, (Imam Supardi,2003). St. MunajatDanusaputra : Lingkungan adalah semua benda dan kondisi termasuk di dalamnyamanusia dan aktivitasnya, yang terdapat dalam ruang di mana manusia berada danmempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad hidup lainnya.(Darsono, 1995). 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->