Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
inti atom

inti atom

Ratings: (0)|Views: 139 |Likes:
Published by Komang Suardika

More info:

Published by: Komang Suardika on Jan 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2013

pdf

text

original

 
FISIKA INTI
Inti Atom
Oleh:
Komang Suardika(0913021034)
JURUSAN PENDIDIKAN FISIKAFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMUNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHASINGARAJA2011
1
 
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Ilmu fisika dapat dibagi menjadi 2 bagian pokok yaitu fisika makroskopikyang menangani tentang fenomena-fenomena nyata yang bisa dilihat secara kasatmata dan fisika mikroskopik yang menangani tentang ilmu atom dan nuklir. Fisikamakroskopik sudah dikenal semenjak sebelum abad masehi. Konsep dasar atom berasal dari pemikiran orang Yunani kuno yang dipelopori oleh Democritus yanghidup pada akhir abad ke-4 dan awal abad ke-5 Sebelum Masehi. Menurut teoriyang dikemukakannya, suatu benda dapat dibagi menjadi bagian-bagian yangsangat kecil yang akhirnya tidak dapat dibagi lagi yang disebut atom. Kata atom berasal dari bahasa Yunani yaitu
atomos
” yang berarti ”tidak dapat dibagi”.Disebutkan bahwa alasan ini berasal dari observasi di mana butiran pasir dapat bersama-sama membentuk sebuah pantai.Dalam analoginya, pasir adalah atom, dan pantai adalah senyawa. Analogiini kemudian dapat dihubungkan dengan pengertian Democritus terhadap atomyang tidak bisa dibagi lagi, walaupun sebuah pantai dapat dibagi ke dalam butiran-butiran pasirnya, butiran pasir ini tidak dapat dibagi. Democritus juga beralasan bahwa atom sepenuhnya padat, dan tidak memiliki struktur internal. Dia juga berpikir harus ada ruang kosong antar atom untuk memberikan ruang untuk pergerakannya (seperti pergerakan dalam air dan udara, atau fleksibilitas benda padat). Sebagai tambahan, Democritus juga menjelaskan bahwa untukmenjelaskan perbedaan sifat dari material yang berbeda, atom dibedakan kedalam bentuk, massa dan ukurannya. Dengan model atomnya, Democritus mampumenjelaskan bahwa semua yang kita lihat terdiri dari bagian/blok bangunan yanglebih kecil disebut atom. Namun model Democritus ini kurang memiliki buktieksperimental, namun baru tahun1800an bukti eksperimental muncul.Tetapi pengertian tentang fenomena skala atomik baru dikembangkansecara umum sejak 1913. Awal dari percobaan fisika nuklir dilakukan oleh H.Becquerel tentang radio aktif pada tahun 1896. Tetapi pada tahun 1911 E.Rutherford mengajukan hipotesis tentang nuklir atom bahwa ilmu ini sangat perludikembangkan semenjak 1911 banyak peneliti yang menginvestigasi tentang inti.
2
 
Hasilnya walaupun sangat menunjukkan suatu perkembangan tapi belummemuaskan karena aspek dari inti itu sangat banyak sangat kompleks.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat ditulis beberapa rumusanmasalah sebagai berikut.
1.2.1
Bagaimana perkembangan inti atom?
1.2.2
Bagaimana model proton-elektron pada inti?
1.2.3
Bagaimana penemuan neutron dan bagaimana perkembangan teori atom?
1.2.4
Bagaiman
model proton-neutron pada inti?
1.3 Tujuan Penulisan
Adapun yang menjadi tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1.3.1
Untuk mengetahui perkembangan teori atom.
1.3.2
Untuk mengetahui model proton-elektron pada inti.
1.3.3
Untuk mengetahui penemuan neutron dan perkembangan teori atom.
1.3.4
Untuk mengetahui bagaiman
model proton-neutron pada inti.
1.4Manfaat
Manfaat dari pembuatan makalah ini adalah untuk menambah pengtahuandan pemahaman penulis dan pembaca mengenai atom.
1.5Metode Penulisan
Metode penulisan yang dipakai dalam penulisan makalah ini adalahmetode kajian pustaka, yaitu mencari berbagai informasi baik dari bukuliteratur, internet, maupun sumber-sumber lainnya yang mendukung dalam pembuatan makalah ini.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->