Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
1Activity
×
P. 1
110599208 Referat New Fam

110599208 Referat New Fam

Ratings: (0)|Views: 214|Likes:
Published by Arif Febrianto

More info:

Published by: Arif Febrianto on Jan 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/10/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
Sel tumor adalah sel yang mengalami transformasi dan tumbuh secara autonomlepas dari kendali pertumbuhan sel normal sehingga sel ini berbeda dari selnormal dalam bentuk dan strukturnya. Perbedaan sifat sel tumor bergantung padabesarnya penyimpangan dalam bentuk dan fungsinya, autonominya dalampertumbuhan, dan kemampuannya mengadakan infiltrasi dan mengakibatkanmetastasis.
(7)
Sel tumor berbentuk polimorfi dengan warna yang berbeda-beda (polikromasi)karena tingginya kadar asam nukleat dalam inti dan tidak meratanya distribusikromatin inti. Inti sel relatif besar dengan rasio inti/sitoplasma yang lebih rendah.Insidensi mitosis lebih tinggi dan terdapat mitosis abnormal. Susunan sel tidak teratur (anaplastik). Sel tumor bersifat tumbuh terus tanpa batas sehingga makinlama makin besar dan mendesak jaringan sekitarnya. Pada neoplasma ganas,selnya tumbuh sambil menyusup dan merembes ke jaringan sekitar.
(9)
Selain bersifat menyusup, sel kanker dapat meninggalkan diri dari sel induknyadan masuk ke pembuluh limfe atau pembuluh darah, terutama kapiler. Sehinggaterjadi penyebaran (metastasis) limfogen dan hematogen.
(6)
 Akhirnya sel ganas ini dapat merusak bentuk dan fungsi dari organ yangbersangkutan. Tumor juga dapat menyumbat saluran tubuh dan mengakibatkanobstruksi. Oleh karena kadang kecepatan tumbuh sel kanker tidak seimbang
 
2
dengan pasokan darah, sehingga terjadi nekrosis yang mengakibatkan ulkus dipermukaan tumor.
(7,8)
 Penelitian saat ini belum dapat mengungkap secara pasti apa penyebabsesungguhnya dari fibroadenoma mammae, namun diketahui bahwa pengaruhhormonal sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dari fibroadenoma mammae,hal ini diketahui karena ukuran fibroadenoma dapat berubah pada siklusmenstruasi atau pada saat kehamilan. Perlu diingat bahwa tumor ini adalah tumor jinak, dan fibroadenoma ini sangat jarang atau bahkan sama sekali tidak dapatmenjadi kanker atau tumor ganas. Fibroadenoma mammae biasanya terjadi padawanita usia muda, yaitupada usia sekitar remaja atau sekitar 20 tahun.Berdasarkan laporan dari NSWBreats Cancer Institute, fibroadenoma umumnyaterjadi pada wanita dengan usia 21-25 tahun, kurang dari 5% terjadi pada usia diatas 50, sedangkan prevalensinya lebih dari 9% populasi wanita terkenafibroadenoma. Sedangkan laporan dari Western Breast Services Alliance,fibroadenoma terjadi pada wanita dengan umur antara 15 dan 25 tahun, dan lebihdari satu dari enam (15%) wanita mengalami fibroadenoma dalam hidupnya.Namun, kejadian fibroadenoma dapat terjadi pula wanita dengan usia yang lebihtua atau bahkan setelah menopause, tentunya dengan jumlah kejadian yang lebihkecil dibanding pada usia muda.
(9,10)
 Di Amerika Serikat, fibroadenoma merupakan lesi payudara yang palingumum, yang terjadi pada wanita dengan usia di bawah 40 tahun. Fibroadenomadapat terjadi pada wanita segala usia, selama masa reproduksi aktif dan mengecilsetelah menopause. Fibroadenoma jarang terjadi pada wanita postmenopause.
 
3
Prevalensi fibroadenoma pada wanita usia di atas 40 tahun kira-kira hanya 8
 – 
10%. Sekitar 10
 – 
15 % kasus fibroadenoma merupakan multipel. Pada wanitaberkulit gelap, fibroadenoma lebih sering terjadi di usia lebih muda dibandingkanwanita berkulit putih.
(4,6)
 Fibroadenoma merupakan hasil biopsi yang paling sering ditemukan diJamaica, yaitu sekitar 39,4% dari seluruh biopsi yang dilakukan, yang diikuti olehpenyakit fibrokistik, sekitar 19, 3 %.
(7)
 Menurut WHO 8-9% wanita akan mengalami kanker payudara. Inimenjadikan kanker payudara sebagai jenis kanker yang paling banyak ditemuipada wanita. Setiap tahun lebih dari 250.000 kasus baru kanker payudaraterdiagnosa di Eropa dan kurang lebih 175.000 di Amerika Serikat. Masihmenurut WHO, tahun 2000 diperkirakan 1,2 juta wanita terdiagnosis kankerpayudara dan lebih dari 700.000 meninggal karenanya. Belum ada data statistik yang akurat di Indonesia, namun data yang terkumpul dari rumah sakitmenunjukkan bahwa kanker payudara menduduki ranking pertama di antarakanker lainnya pada wanita.
(17)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->