Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
c

c

Ratings: (0)|Views: 59 |Likes:
Published by umiwahidah
d
d

More info:

Published by: umiwahidah on Jan 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2013

pdf

text

original

 
 
PERSYARATAN TEKNIS DAN BAHANBAB - VI Halaman 1 dari 117
BAB VIPENJELASAN PERSYARATAN TEKNISDAN BAHANPEMBANGUNAN GEDUNG UTAMA KANTOR KECAMATAN GEDEBAGEDAN PENDOPO
Pasal 1LINGKUP PEKERJAAN1.1 Nama Kegiatan dan Pekerjaan
Nama kegiatan adalah Pembangunan Gedung Kantor, Pekerjaan Pembangunan GedungUtama Kantor Kecamatan Gedebage dan Pendopo,Tahun Anggaran 2009.Lingkup Pekerjaan, meliputi :
Pembangunan Kantor Kecamatan Gedebage
Pembangunan Pendopo
1.2 Lokasi Pekerjaan
Lokasi Pekerjaan yang dimaksud pada item 1.1 pasal ini adalah di jalan Raya GedebageKota Bandung.
1.3 Lingkup Pekerjaan Pemborongan
Lingkup pekerjaan adalah pembangunan sesuai dengan item 1.1 pasal ini di jalan RayaGedebage Kota Bandung dengan pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh pemborongtermasuk pula pengadaan tenaga kerja, bahan – bahan, alat – alat dan segala keperluanyang berhubungan dengan pekerjaan pembangunan yang akan dilaksanakan. Hal inimeliputi :
Pekerjaan Persiapan
Pekerjaan Tanah dan Pondasi
Pekerjaan Struktur 
Pekerjaan Arsitektur 
Pekerjaan Mekanikal Elektrikal
 
 
PERSYARATAN TEKNIS DAN BAHANBAB - VI Halaman 2 dari 117
Pasal 2Penjelasan RKS dan Gambar 2.1.
Kontraktor wajib meneliti semua gambar serta Rencana Kerja dan Syarat-Syarat (RKS)termasuk tambahan dan perubahannya yang dicantumkan dalam Berita Acara PenjelasanPekerjaan (Aanwizjing).
2.2.
Bila gambar tidak sesuai dengan RKS, yang berlaku adalah RKS dan setelah disetujuikonsultan pengawas.
2.3. Ukuran
a. Pada dasarnya ukuran utama yang tertera dalam gambar kerja dan gambar pelengkap meliputi : As - AsLuar - Luar Dalam - DalamLuar - Dalamb. Ukuran-ukuran yang digunakan semuanya dinyatakan dalam m (meter), cm (centimeter) kecuali ukuran-ukuran untuk baja yang dinyatakan dalam inci atau mm (milimeter).c. Mengingat masalah ukuran ini sangat penting, maka kontraktor wajib menelititerlebih dahulu Ukuran-ukuran yang tercantum dalam gambar arsitektur maupungambar-gambar kerja lainnya yang dimuat dalam dokumen lelang/kontrak, terutamauntuk peil, ketinggian, lebar, ketebalan, luas penampang dan lain-lain.d. Kontraktor tidak dibenarkan merubah atau mengganti Ukuran-ukuran yangtercantum di dalam gambar pelaksanaan tanpa sepengetahuan direksi. Segalaakibat yang terjadi adalah tanggung jawab kontraktor dari segi waktu maupun biaya.e. Khusus ukuran-ukuran dalam gambar arsitektur, pada dasarnya adalah gambar jadiseperti dalam keadaan selesai.
2.4. Perbedaan Gambar 
a. Bila suatu gambar tidak cocok dengan gambar yang lain dalam satu disiplin kerja,gambar yang mempunyai skala lebih besar yang berlaku.
 
 
PERSYARATAN TEKNIS DAN BAHANBAB - VI Halaman 3 dari 117
b. Bila ada perbedaan antara gambar arsitektur dengan sipil/struktur yang berlakuadalah gambar kerja struktur mengingat gambar struktur telah dilaksanakan terlebihdahulu.c. Bila ada perbedaan antara gambar arsitektur dengan sanitasielektrikal/listrik/mekanikal yang dipakai sebagai pegangan adalah ukuran fungsionaldalam gambar kerja arsitektur.d. Bila perbedaan-perbedaan ini menimbulkan keragu-raguan sehingga dalampelaksanaan akan menimbulkan kesalahan, kontraktor wajib menanyakan kepadakonsultan pengawas/pengelola proyek, dan kontraktor harus mengikuti keputusantersebut.
2.5. Istilah
a. AR : Arsitektur.Mencakup hal-hal yang berhubungan dengan perencanaan bangunan secaramenyeluruh dari semua disiplin kerja yang ada baik teknis maupun estetika.b. SR : Struktur.Mencakup hal-hal yang berhubungan dengan perhitungan konstruksi, bahankonstruksi utama dan spesifikasinya, serta dimensionering beton struktur.c. M/E : Mekanikal/ElektrikalMencakup hal-hal yang berhubungan dengan daya listrik, sistem distribusi.d. PL : Plumbing.Mencakup hal-hal yang berhubungan dengan serta sistem instalasi air bersih dankotor.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->