Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Pendahuluan Asuhan Keperawatan Gastritis

Laporan Pendahuluan Asuhan Keperawatan Gastritis

Ratings: (0)|Views: 227 |Likes:
Published by Yan Ghayut

More info:

Published by: Yan Ghayut on Jan 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/22/2014

pdf

text

original

 
I Wayan Sumaryana Laporan Pendahuluan Asuhan Keperawatan Gastritis | 1
LAPORAN PENDAHULUANASUHAN KEPERAWATAN GASTRITIS A.
 
Definisi
 Gastritis adalah inflamasi dari mukosa lambung (Mansjoer Arif, 1999, hal: 492)Gastritis adalah inflamasi pada dinding gaster terutama pada lapisan mukosagaster (Sujono Hadi, 1999, hal: 181).Gastritis adalah peradangan lokal atau penyebaran pada mukosa lambung danberkembang dipenuhi bakteri (Charlene. J, 2001, hal: 138).Gastritis dibagi menjadi 2 yaitu:1.
 
Gastritis akut Salah satu bentuk gastritis akut yang sering dijumpai di klinik ialah gastritisakut erosif. Gastritis akut erosif adalah suatu peradangan mukosa lambung yangakut dengan kerusakan-kerusakan erosif. Disebut erosif apabila kerusakan yangterjadi tidak lebih dalam daripada mukosa muskularis.2.
 
Gastritis kronisGastritis kronis adalah suatu peradangan bagian permukaan mukosa lambungyang menahun (Soeparman, 1999, hal: 101). Gastritis kronis adalah suatuperadangan bagian permukaan mukosa lambung yang berkepanjangan yangdisebabkan baik oleh ulkus lambung jinak maupun ganas atau oleh bakterihelicobacter pylori (Brunner dan Suddart, 2000, hal: 188).
B.
 
Etiologi
 Penyebab gastritis adalah obat analgetik anti inflamasi terutama aspirin; bahankimia, misalnya lisol; merokok; alkohol; stres fisis yang disebabkan oleh luka bakar,sepsis, trauma, pembedahan, gagal pernafasan, gagal ginjal, kerusakan susunan saraf pusat; refluk usus lambung (Inayah, 2004, hal: 58).Gastritis juga dapat disebabkan oleh obat-obatan terutama aspirin dan obat antiinflamasi non steroid (AINS), juga dapat disebabkan oleh gangguan mikrosirkulasimukosa lambung seperti trauma, luka bakar dan sepsis (Mansjoer, Arif, 1999, hal:492).
C.
 
Gambaran Klinis
 
 
I Wayan Sumaryana Laporan Pendahuluan Asuhan Keperawatan Gastritis | 2
Sindrom dispepsia berupa nyeri epigastrium, mual, kembung dan muntahmerupakan salah satu keluhan yang sering muncul. Ditemukan juga perdarahansaluran cerna berupa hematemesis dan melena, kemudian disusul dengan tanda-tanda anemia pasca perdarahan. Biasanya jika dilakukan anamnesa lebih dalam,terdapat riwayat penggunaan obat-obatan atau bahan kimia tertentu. Pasien dengangastritis juga disertai dengan pusing, kelemahan dan rasa tidak nyaman padaabdomen (Mansjoer, Arif, 1999, hal: 492-493).
D.
 
Patofisiologi
 
1.
 
Gastritis Akut 
 Gastritis akut dapat disebabkan oleh karena stres, zat kimia misalnya obat-obatan dan alkohol, makanan yang pedas, panas maupun asam. Pada para yangmengalami stres akan terjadi perangsangan saraf simpatis NV (Nervus vagus)yang akan meningkatkan produksi asam klorida (HCl) di dalam lambung.Adanya HCl yang berada di dalam lambung akan menimbulkan rasa mual,muntah dan anoreksia.Zat kimia maupun makanan yang merangsang akan menyebabkan sel epitelkolumner, yang berfungsi untuk menghasilkan mukus, mengurangiproduksinya. Sedangkan mukus itu fungsinya untuk memproteksi mukosalambung agar tidak ikut tercerna. Respon mukosa lambung karena penurunansekresi mukus bervariasi diantaranya vasodilatasi sel mukosa gaster. Lapisanmukosa gaster terdapat sel yang memproduksi HCl (terutama daerah fundus)dan pembuluh darah. Vasodilatasi mukosa gaster akan menyebabkan produksiHCl meningkat. Anoreksia juga dapat menyebabkan rasa nyeri. Rasa nyeri iniditimbulkan oleh karena kontak HCl dengan mukosa gaster. Respon mukosalambung akibat penurunan sekresi mukus dapat berupa eksfeliasi(pengelupasan). Eksfeliasi sel mukosa gaster akan mengakibatkan erosi padasel mukosa. Hilangnya sel mukosa akibat erosi memicu timbulnya perdarahan.Perdarahan yang terjadi dapat mengancam hidup penderita, namun dapat jugaberhenti sendiri karena proses regenerasi, sehingga erosi menghilang dalamwaktu 24-48 jam setelah perdarahan.
 2.
 
Gastritis Kronis
 
 
I Wayan Sumaryana Laporan Pendahuluan Asuhan Keperawatan Gastritis | 3
Helicobacter pylori merupakan bakteri gram negatif. Organisme ini menyerangsel permukaan gaster, memperberat timbulnya desquamasi sel dan muncullahrespon radang kronis pada gaster yaitu: destruksi kelenjar dan metaplasia.Metaplasia adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh terhadap iritasi,yaitu dengan mengganti sel mukosa gaster, misalnya dengan sel desquamosayang lebih kuat. Karena sel desquamosa lebih kuat maka elastisitasnya jugaberkurang. Pada saat mencerna makanan, lambung melakukan gerakanperistaltik tetapi karena sel penggantinya tidak elastis maka akan timbulkekakuan yang pada akhirnya menimbulkan rasa nyeri. Metaplasia ini jugamenyebabkan hilangnya sel mukosa pada lapisan lambung, sehingga akanmenyebabkan kerusakan pembuluh darah lapisan mukosa. Kerusakanpembuluh darah ini akan menimbulkan perdarahan (Price, Sylvia dan Wilson,Lorraine, 1999: 162).
E.
 
Penatalaksanaan
 Pengobatan gastritis meliputi :1.
 
Mengatasi kedaruratan medis yang terjadi.2.
 
Mengatasi atau menghindari penyebab apabila dapat dijumpai.3.
 
Pemberian obat-obat antasid atau obat-obat ulkus lambung yang lain(Soeparman, 1999, hal 96).Pada gastritis, penatalaksanaannya dapat dilakukan dengan :a.
 
Gastritis akut -
 
Instruksikan pasien untuk menghindari alkohol.-
 
Bila pasien mampu makan melalui mulut diet mengandung gizidianjurkan.-
 
Bila gejala menetap, cairan perlu diberikan secara parenteral.-
 
Bila perdarahan terjadi, lakukan penatalaksanaan untuk hemoragi salurangastromfestinal-
 
Untuk menetralisir asam gunakan antasida umum.-
 
Untuk menetralisir alkali gunakan jus lemon encer atau cuka encer.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
liaindah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->