Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN

MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN

Ratings: (0)|Views: 215 |Likes:
Published by Yan Ghayut

More info:

Published by: Yan Ghayut on Jan 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/13/2013

pdf

text

original

 
I Wayan Sumaryana Manajemen Pelayanan Kesehatan | 1
MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATANA.
 
Pendahuluan
Rumah sakit dan Puskesmas pada umumnya melaksanakan dua jenis pelayanan yaitupelayanan kesehatan dan pelayanan administrasi. Pelayanan kesehatan yang diberikanadalah pelayanan medic, pelayanan penunjang medic, rehabilitasi medic dan pelayanankeperawatan. Pelayanan yang dilakukan di Rumah sakit meliputi: gawat darurat, rawat jalan, dan rawat inap. Sedangkan di Puskesmas hanya pelayanan : gawat darurat (kearahpertolongan pertama) dan rawat jalan.
B.
 
Manajemen Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit
Fungsi manajemen yang dilakukan di rumah sakit secara garis besar meliputi ;perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian.
 
1.
 
Perencanaan merupakan salah satu fungsi manajemen yang penting, karenaperencanaan memegang peranan yang sangat strategis dalam keberhasilan upayapelayanan kesehatan di RS. Terdapat beberapa jenis perencanaan spesifik yangdilaksanakan di RS yaitu :a.
 
Perencanaan pengadaan obat dan logistic yang disusun berdasarkan polakonsumsi dan pola epidemiologib.
 
Perencanaan tenaga professional kesehatan, dalam menentukan kebutuhantenaga tersebut. Misalnya tenaga perawat dan bidan, menggunakan beberapapendekatan antara lain : ketergantunagn pasien, beban kerja, dll.2.
 
Pengorganisasian merupakan upaya untuk menghimpun semua sumber daya yangdimiliki RS dan memanfaatkannya secara efisien untuk mencapai tujuannya.Pengorganisasian dalam manajemen pelayanan kesehatan di rumah sakit, sama haldengan di organisasi lainnya.3.
 
Penggerakan pelaksanaan, manajeme rumah sakit hamper sama dengan hotel ataupenginapan, hanya pengunjungnya adalah rumah sakit (pasien) dan keluarganya,serta pada umunya mempunyai beban social-psikologis akibat penyakit yang di deritaoleh anggota keluarganya yang sedang dirawat.
 
I Wayan Sumaryana Manajemen Pelayanan Kesehatan | 2
4.
 
Pengawasa dan pengendalian merupakan proses untuk mengamati secara terusmenerus (berkesinambungan) pelaksanaan rencana kerja yang sudah disusun danmengadakan koreksi terhadap penyimpangan yang terjadi. Untuk menjalankan fungsiini diperlukan adanya standar kinerja yang jelas. Penilaian kinerja pegawai di RSmeliputi tenaga yang memberikan pelayanan langsung kepada pasien, sperti :perawat, bidan, dan dokter maupun tenaga administrative.
C.
 
Kecenderungan RS ke Depan
Terdapat dua hal yang perlu diantisipasi oleh rumah sakit yaitu adanya perubahanpola pemerintahan yang bersifat desentralisasi, dimana setiap daerah mempunyai otonomiuntuk mengembangkan daerahnya termasuk dalam mengelola pelayanan kesehatan danakan memasuki era globalisasi.Untuk itu RS perlu melakukan pembenahan secara internal, antara lain :1.
 
Mengembangkan struktur organisasi sesuai dengan tuntutan perubahan dankebutuhan yang spesifik 2.
 
Menerapkan nmanajemen strategis secara konkrit 3.
 
Mendayagunakan dan mengembangkan pengetahuan dan kemampuan tenaganya,termasuk tenaga keperawatan (perawat dan bidan)4.
 
Memanfaatkan pendapatan sendiri untuk memperoleh kemandirian dankesinambungan
D.
 
Manajemen Pelayanan Kesehatan di Puskesmas
Puskesmas merupakan unit organisasi pelayanan kesehatan terdepan dengan misisebagai pusat pengembangan pelayanan kesehatan, yang tugasnya melaksanakanpembinaan, pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat disuatu wilayah tertentu. Pelayanan kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh, meliputi
 
I Wayan Sumaryana Manajemen Pelayanan Kesehatan | 3
aspek-aspek : promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitative. Upaya yang dilakukan untuk menjalankan misi Puskesmas, antara lain :1.
 
Meluaskan jangkauan pelayanan sampai ke desa-desa2.
 
Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, dengan dua cara :a.
 
Quality of care yaitu peningkatan kemampuan professional tenaga kesehatandalam menjalankan profesinya (dokter, perawat, bidan, dll) yang dilakukan olehorganisasi profesi.b.
 
Quality of service yaitu peningkatan kualitas yang terkait dengan pengadaansarana, dan menjadi tanggung jawab institusi sarana kesehatan (puskesmas)3.
 
Pengadaan peralatan dan obat-obatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat 4.
 
System rujukan di tingkat pelayanan dasar5.
 
Peran serta masyarakat, melaui pembangunan kesehatan masayarakat desa (PKMD).
Penerapan Fungsi Manajemen Di PuskesmasFungsi Manajemen
 
Kegiatan
 
Perencanaan
Micro planning (perencanaan tingkat Puskesmas yang dilakukansetahun sekali, unsur yang direncanakan meliputi; kebutuhantenaga, alat dan sarana, serta penunjang lainnya). Sedangkanperencanaan obat dan alat kesehatan dilakukan setiap bulan,dengan cara mengajukan usulan ke Dinas KesehatanKabupaten/Kota
Pengorganisasian
1.
 
Struktur organisasi Puskesmas, dengan jabatan strukturalKepala Puskesmas, sedangkan lainnya bersifat fungsional2.
 
Pembagian tugas, yang berdasarkan program pokok Puskesmas, terdiri dari 12 s/d 18 program pokok, yangmelibatkan tenaga perawat dan bidan.3.
 
Pembagian wilayah kerja, setiap petugas Puskesmasmelakukan pembinaan ke desa-desa
PenggerakanPelaksanaan
 1.
 
Lokakarya mini Puskesmas, dilakukan tiap bulan dalamrangka koordinasi lintas program dan sektor

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->