Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Fisika Kesehatan (Biomekanika)

Makalah Fisika Kesehatan (Biomekanika)

Ratings: (0)|Views: 1,112 |Likes:
Published by Alex Rahma

More info:

Published by: Alex Rahma on Jan 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Keseimbangan dibutuhkan hampir diseluruh cabang olahraga yangmana setiap cabang olahraga menerapkannya dengan cara yang berbeda.Disuatu saat ada kalanya seorang atlet harus berada pada tingkatkeseimbangan yang tinggi dan ada kalanya seorang atlet harus berada padatingkat keseimbangan yang rendah. Dalam keseimbangan dipengaruhi olehbeberapa faktor yaitu:1.
 
Stabilitas berbanding lurus dengan luas dasar menumpu2.
 
Stabilitas berbanding lurus dengan besarnya jarak proyeksi jatuhnyatitik berat badan ketepi alas yang searah dengan arah gerakan3.
 
Stabilitas berbanding lurus dengan berat badan4.
 
Stabilitas berbanding terbalik dengan jarak besarnya antara titik beratbadan dan dengan besarnya menumpu5.
 
Untuk memperoleh stabilitas titik berat badan harus jatuh didalambidang dasar menumpu6.
 
Gaya geser7.
 
Letak segmen-segmen badan8.
 
Penglihatan dan faktor-faktor psikologis9.
 
Faktor fisiologi.
B.
 
Tujuan
1.
 
Untuk mengetahui proses Biomekanika.2.
 
Untuk Mengetahui Berapa Besar Biomekanika yang di butuh DalamGerak 
 
2
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Mekanika adalah salah satu cabang ilmu dari bidang ilmu fisika yangmempelajari gerakan dan perubahan bentuk suatu materi yang diakibatkanoleh gangguan mekanik yang disebut gaya. Mekanika adalah cabang ilmuyang tertua dari semua cabang ilmu dalam fisika. Tersebutlah nama-namaseperti Archimides (287-212 SM), Galileo Galilei (1564-1642), dan IssacNewton (1642-1727) yang merupakan peletak dasar bidang ilmu ini. Galileoadalah peletak dasar analisa dan eksperimen dalam ilmu dinamika.Sedangkan Newton merangkum gejala-gejala dalam dinamika dalam hukum-hukum gerak dan gravitasi.Mekanika teknik atau disebut juga denagn mekanika terapan adalahilmu yang mempelajari peneraapan dari prinsip-prinpsip mekanika. Mekanikaterapan mempelajari analisis dan disain dari sistem mekanik. Biomekanikadidefinisikan sebagai bidang ilmu aplikasi mekanika pada system biologi.Biomekanika merupakan kombinasi antara disiplin ilmu mekanika terapandan ilmu-ilmu biologi dan fisiologi. Biomekanika menyangkut tubuh manusiadan hampir semua tubuh mahluk hidup. Dalam biomekanika prinsip-prinsipmekanika dipakai dalam penyusunan konsep, analisis, disain danpengembangan peralatan dan sistem dalam biologi dan kedoteran.Pada dasarnya biomekanika adalah cabang ilmu yang relatif baru dansedang berkembang secara dinamis. Akan tetapi sebenarnya bidang ilmusudah eksis sejak abad ke lima belas masehi ketika Leonardo Da Vinci (1452-1519) membuat catatan akan siginikansi mekanika dalam penelitian-penelitian biologi yang dia lakukan. Kontribusi dari para peneliti dalambidang ilmu biologi, kedokteran, ilmu-ilmu dasar, dan teknik mewarnaiperkembangan biomekanika akhir-akhir ini.
 
3
B.
 
Biomekanika
Menurut Frankel dan Nordin pada tahun 1980 biomekanikamerupakan ilmu mekanika teknik untuk analisa sistem kerangka ototmanusia. (Chaffin, 1991) secara umum mendefinisikan biomekanika, yaitu:Biomekanika menggunakan konsep fisika dan teknik untuk menjelaskangerakan pada bermacam-macam bagian tubuh dan gaya yang bekerja padabagian tubuh pada aktivitas sehari-hari. Kajian biomekanik dapat dilihatdalam dua perspektif, yaitu kinematika yang lebih menjurus padakarakteristik gerakan yaitu meneliti gerakan dari segi ruangan yangdigunakan dalam waktu yang bersifat sementara tanpa melihat gaya yangmenyebabkan gerakan. Studi kinematika menjelaskan gerakan yangmenyebabkan berapa cepat obyek bergerak, berapa ketinggiannya atau berapa jauh obyek menjangkau jarak. Posisi, kecepatan dan percepatan tersebutmerupakan studi kinematika. Kajian kinetika menjelaskan tentang gaya yangbekerja pada satu sistem, misalnya tubuh manusia. Kajian gerakan kinetikamenjelaskan gaya yang menyebabkan gerakan. Dibandingkan dengan kajiankinematika, kajian kinetika lebih sulit untuk diamati, pada kajian kinetik yangterlihat adalah akibat dari gaya.
C.
 
Gerak dan Gaya
 Gaya adalah sebuah konsep yang digunakan untuk menerangkaninteraksi fisik dari obyek dengan sekelilingnya. Gaya dalam fisikadidefinisikan sebagai kuantitas yang dapat menyebabka perubahan dari statedari suate benda sehingga terjadi percepatan pada benda itu.
D.
 
Biomekanika Kerja Tubuh
 Dalam analisis biomekanika, tubuh manusia dipandang sebagai sistemyang terdiri dari link (penghubung) dan joint (sambungan), tiap link mewakilisegmen-segmen tubuh tertentu dan tiap joint menggambarkan sendi yang ada.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Marvind Faylay liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->