Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH FISIKA KESEHATAN (Pemanfaatan Konsep Fisika Dalam Peralatan Medis)1

MAKALAH FISIKA KESEHATAN (Pemanfaatan Konsep Fisika Dalam Peralatan Medis)1

Ratings: (0)|Views: 1,123|Likes:
Published by Alex Rahma

More info:

Published by: Alex Rahma on Jan 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/30/2014

pdf

text

original

 
1
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
A.
 
Latar Belakang
 Saat ini perkembangan dunia teknologi sangat berkembang pesatterutama dalam dunia IT (Informatic Technology). Perkembangan dunia ITberimbas pada perkembangan berbagai macam aspek kehidupan manusia.Salah satu aspek yang terkena efek perkembangan dunia IT adalah kesehatan.Dewasa ini dunia kesehatan modern telah memanfaatkan perkembenganteknologi yang menggunakan prinsip ilmu fisika untuk meningkatkanefisiensi serta efektivitas di dunia kesehatan.Abad 20 ditandai dengan perkembangan yang menakjubkan di bidangilmu dan teknologi, termasuk disiplin ilmu dan teknologi kesehatan.Terobosan penting dalam bidang ilmu fisika dan teknologi ini memberikansumbangan yang sangat berharga dalam diagnosis dan terapi berbagaipenyakit termasuk penyakit-penyakit yang menjadi lebih penting secaraepidemologis sebagai konsekuensi logis dari pembangunan di segala bidangyang telah meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat.
B.
 
Tujuan
 Dari rumusan masalah di atas maka tujuan makalah ini adalah1.
 
Untuk mengetahui peran peralatan fisika dalam ilmu kesehatan2.
 
Untuk mengetahui perkembangan ilmu kesehatan dengan peralatan ilmufisika
C.
 
Manfaat
 Dari rumusan masalah di atas maka dapat diperoleh manfaat sebagaiberikut :1.
 
Dapat mengetahui peran peralatan ilmu fisika dalam kesehatan2.
 
Dapat memberikan manfaat tentang begitu pentingnya peralatan fisikadalam dunia kesehatan3.
 
Dapat memberikan inspirasi untuk menciptakan suatu alat baru gunapeningkatan peralatan kesehatan.
 
2
BAB II
 
PEMBAHASAN
 
A.
 
Ilmu Fisika Dalam Kesehatan
 Mempelajari ilmu fisika tentunya hampir semua orang yangmenempuh pendidikan mencapai sekolah lanjutan tingkat atasmengetahuinya. Contoh yang selalu disajikan dari SLTP ilmu fisika tidak  jauh dari gerak peluru, pesawat pengebom, dan bola bilyard bertumbukan.Fisika Medis menjadi asing bagi telinga kita yang baru mendengaristilah ini, karena jauh dari contoh-contoh yang selalu disampaikan guru-gurukita. Secara harfiah Fisika Medis mempunyai makna ilmu fisika pada ilmukesehatan, sehingga cakupan fisika medis memang sangat luas sebandingdengan luasnya ilmu kesehatan.Secara profesi, fisika medis di Indonesia telah diakui menjadi tenagakesehatan dengan amandemen terhadap peraturan pemerintah tentang tenagakesehatan dengan peraturan menteri kesehatan dan dilajutkan denganditetapkannya keputusan menteri pendayagunaan aparatur negara dan badankepegawaian negara. Secara internasional dengan payung lembagaInternational Organization for Medical Physics (IOMP), sedang dalam tahapmemperjuangkan di forum International Labour Organization (ILO) untuk menjadi tenaga ksehatan seperti halnya dokter.Tugas utama dari fisikawan medis adalah berkontribusi dalampelayanan rumah sakit dalam jaminan kualitas/kontrol kualitas peralatansumber radiasi, pengukuran keluaran berkas radiasi, dan menghitung dosisradiasi. Selain itu, fisikawan medis dituntut untuk berkreasi ataumeneliti untuk dapat meneliti keakurasian sistem, metode dan peralatan yangdipakai dalam menjaga keakuratan dosis radiasi. Lebih lanjut juga dapatmembuat sistem atau perangkat yang dapat membantu dalam peranannya dirumah sakit, sehingga ketelitian dan keakuratannya meningkat.
 
3
B.
 
Jenis Peralatan Fisika dalam ilmu Kesehatan
 
1.
 
CT-scan
 
Computerized Tomography Scanning
atau yang lebih di kenaldengan nama CT-scan mempunyai prinsip kerja yang sama denganrontgen, yaitu menggunakan sinar-X. Perbedaannya terletak pada gambaryang dihasilkan, dan juga cara kerjanya. Sinar-X mempunyai sifat tidak dibelokkan oleh medan listrik dan magnet serta mempunyai daya tembusyang sangat besar terhadap suatu benda. Karena itu sinar-X digunakandalam alat-alat medis untuk melihat kenampakan tubuh manusia danmemeriksa kelainan dalam tubuh manusia yang tidak bisa di lihat denganmata telanjang.
Prinsip Kerja CT-scan
Film yang menerima proyeksi sinar diganti dengan alat detektoryang dapat mencatat semua sinar secara berdispensiasi. Pencatatandilakukan dengan mengkombinasikan tiga pesawat detektor, dua diantaranya menerima sinar yang telah menembus tubuh dan yang satuberfungsi sebagai detektor aferen yang mengukur intensitas sinar rontgenyang telah menembus tubuh dan penyinaran dilakukan menurut proteksidari tiga titik, menurut posisi jam 12, 10 dan jam 02 dengan memakaiwaktu 4,5 menit.
2.
 
Manometer
Tekanan darah merupakan parameter yang dapat menunjukkanbeberapa kelainan yang terjadi pada tubuh manusia. Alat pengukurtekanan darah atau yang juga biasa disebut dengan tensimeter dansfigmomanometer biasa digunakan oleh para praktisi kesehatan untuk mengetahui kondisi tekanan darah pasiennya. Cara kerja alat pengukurtekanan darah ini sebenarnya cukup sederhana. Prinsip kerja alat pengukurtekanan darah sama dengan U-Tube Manometer. Manometer adalah alatpengukur tekanan yang menggunakan tinggi kolom (tabung) yang berisicairan yang disebut cairan manometrik untuk menentukan tekanan cairanlainnya yang akan diukur. Dan berikut penjelasan singkat bagaimana carakerja alat pengukur tekanan darah

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->