Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Fisika-Kesehatan (Peranan Fisika Terhadap Pelayanan Kesehatan)

Makalah Fisika-Kesehatan (Peranan Fisika Terhadap Pelayanan Kesehatan)

Ratings: (0)|Views: 2,359|Likes:
Published by Alex Rahma

More info:

Published by: Alex Rahma on Jan 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/16/2013

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang Masalah
Fisika biasanya menjadi mata pelajaran yang paling ditakuti, padahalilmu fisika merupakan salah satu disiplin ilmu pada ilmu pengetahuan, fisikabisa dikatakan ilmu yang mempelajari gerak-gerak partikel pada alamsemesta ini, kajian-kajian tentang fisika sangat luas sampai mencakup halyang paling kecil dan paling besar di jagad raya ini, hal ini terusdikembangkan sampai pada saat ini.Penemu-penemu ternama, misalnya Sir Isac Newton yangmenjelaskan secara rinci mengenai gravitasi pada alam semesta maupunbeliau dapat menjelaskan gerak-gerak pada alam semesta. Albert Einsteinyang dapat membuat teori perhitungan tentang gravitasi, yang selanjutnyadapat dibuktikan di Cambridge University oleh Eddington seorang fisikawanasal English. para penemu terdahululah yang menghilhami fisikawansekarang untuk terus berkarya.Sampai pada saai ini fisika terus berkembang, banyak bidang-bidangbaru dalam fisika misalnya Geofisika, Astronomi, fisika nuklir dan masihbanyak lagi, tapi ada satu bidang baru yang sangat berpengaruh dalamkehidupan yaitu fisika medik atau biasa disebut fisika kesehatan, walaupunbidang ini jarang terdengar tapi fisika medik inilah yang banyak membantutenaga-tenaga medik di RSU-RSU indonesia, misalnya pengembangan baru-baru ini tentang pengembangan radioterapi oleh Supriyanto Ardjo PawiroFisikawan UI, radioterapi inilah yang digunakan untuk pasien penderitakanker pada saat ini.
B.
 
Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah:1.
 
Bagaimana Konsep /Teori Fisika terhadap kesehatan?2.
 
Bagaimana Penerapan Fisika Terhadap Pelayanan Kesehatan?
 
 2
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Konsep / Teori Fisika Terhadap Kesehatan
Fisika berasal dari bahasa Yunani, physikos yang berarti „alamiah‟.
Karena itu Fisika merupakan suatu ilmu pengetahuan dasar yang mempelajarigejala-gejala alam dan interaksinya yang terjadi di alam semesta ini. Hal-halyang dibicarakan di dalam fisika, selalu didasarkan pada pengamataneksperimental dan pengukuran yang bersifat kuantitatif.Fisika terbagi atas dua bagian yaitu :1.
 
Fisika klasik yang meliputi bidang : Mekanika, Listrik Magnet,Panas,Bunyi, Optika dan Gelombang.2.
 
Fisika Modern adalah perkembangan Fisika mulai abad 20 yaitupenemuan Relativitas Einsten.Ilmu Fisika mendukung perkembangan teknologi, enginering,kedokteran dan lain-lain. Untuk menggambarkan suatu fenomena yang terjadiatau dialami suatu benda,diperlukan pengukuran berbagai besaran-besaranfisika.Konsep fisika dalam dinamika yang juga dapat digunakan untuk mengetahui keadaan gerak suatu benda yang menghubungkan pengaruh luar(gaya) dengan keadaan gerak benda, selain hukum Newton adalah konsepusaha (kerja) dan energi (tenaga). Bedanya dengan konsep hukum newton,usaha dan energi adalah besaran skalar. Karena itu, untuk beberapa kasus,konsep usaha-energi dapat lebih mudah digunakan untuk mengetahui keadaangerak suatu benda akibat pengaruh luar (gaya).
B.
 
Usaha
 Dalam fisika, usaha merupakan proses perubahan Energi dan usaha iniselalu dihubungkan dengan gaya (F) yang menyebabkan perpindahan (s)suatu benda. Dengan kata lain, bila ada gaya yang menyebabkan perpindahansuatu benda, maka dikatakan gaya tersebut melakukan usaha terhadap benda.
 
 3
Usaha yang dilakukan oleh gaya konstan adalah hasil kali skalarvektor gaya dan vektor perpindahan benda, hasil kali komponen gaya dalamarah gerakan dan besar perpindahan titik tangkap gaya tersebut :
W=F cos θ Δx = Fx Δxdengan θ adalah sudut antara vektor gaya dan vektor perpindahan
benda.
C.
 
Energi
 Energi sering juga disebut dengan tenaga. Dalam kehidupan sehari-hari energi dihubungkan dengan gerak, misal orang yang energik artinyaorang yang selalu bergerak tidak pernah diam. Energi dihubungkan jugadengan kerja. Jadi Energi didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukankerja.Dalam Fisika energi dihubungkan dengan gerak, yaitu kemapuanuntuk melakukan kerja mekanik. Energi dialam adalah besaran yang kekal,dengan sifat-sifat sebagai berikut :
1.
 
Transformasi energi
: energi dapat diubah menjadi energi bentuk lain,tidak dapat hilang misal energi pembakaran berubah menjadi energipenggerak mesin
2.
 
Transfer energi
: energi dapat dipindahkan dari suatu benda kebendalain atau dari sistem ke sistem lain, misal kita memasak air, energi dariapi pindah ke air menjadi energi panas, energi panas atau kalor dipindahlagi keuap menjadi energi uap
3.
 
Kerja
: energi dapat dipindah ke sistem lain melalui gaya yangmenyebabkan pergeseran, yaitu kerja mekanik 
4.
 
Energi tidak dapat dibentuk dari nol dan tidak dapat dimusnahkan
 Sumber-sumber energi yang banyak digunakan dalam kehidupansehari-hari misalnya: energi minyak bumi, energi batubara, energi air terjun,energi angin, energi nuklir dan energi kimia. Bagi tubuh manusia energididapatkan dari nutrisi makanan. Satuan energi dalam standar internasionaladalah Joule. Berkaitan dengan energi nutrisi biasanya digunakan kalori atauKilokalori (Kkal), dimana 4,2 Joule setara dengan 1 kalori.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->