Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH GELOMBANG

MAKALAH GELOMBANG

Ratings: (0)|Views: 131 |Likes:
Published by Alex Rahma

More info:

Published by: Alex Rahma on Jan 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/19/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
 Pada zaman yang serba modern ini teknologi menjadi hal penting.Teknologi dapat memudahkanpekerjaan dan memperpendek jarak yangsebenarnya ribuan mil, misalnya dengan menggunakan telepon. Salah satu halpenting yang mendukung keberadaan teknologi adalah sarana, misalnyaenergi atau gelombang sebagai media.Banyak barang elektronik yang memanfaatkan sifat-sifat gelombang,misalnya sifat gelombang yang dapat merambat di ruang hampa digunakanmanusia untuk membuat bolam lampu dimana ruang dalam bolam tersebutadalah ruang hampa.Banyak alat-alat elektronik di sekitar kita yang teknologinyamemanfaatkan gelombang, namun sebagian besar dari kita belum sepenuhnyatahu dan paham. Dan kita akan bahas pemanfaatan gelombang dangelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari lebih spesifik dalam babberiktunya.
B.
 
Rumusan Masalah
 Dari berbagai ulasan yang tertera di latar belakang masalah makalahini, maka dapat diambil beberapa rumusan masalah yaitu bagaimana sifat danpenerapan gelombang dan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
C.
 
Tujuan
 Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui sifat-sifat gelombang dan gelombang bunyi dalam penerapan teknologi dikehidupan sehari-hari.
 
2
BAB IIPEMBAHASAN
 
A.
 
Pengertian Gelombang
 Gelombang adalah osilasi (getaran) yang merambat pada suatumedium atau tanpa medium dengan tidak disertai perambatan bagian-bagianmedium itu sendiri. Dalam perambatannya gelombang memindahkan energidari suatu tempat ke tempat lain.
B.
 
Jenis-jenis Gelombang
 Jenis gelombang dibedakan berdasarkan medium perambatannya danberdasarkan arah rambatnya. Berdasarkan medium perambatannyagelombang dibedakan menjadi gelombang mekanik dan gelombangelektromagnetik.
1.
 
Gelombang mekanik.
Gelombang mekanik merupakan gelombang yang merambat padasuatu medium sebagai media perambatannya. Gelombang jenis ini tidak dapat merambat jika tidak ada medium sebagai perantara gelombang.Contoh gelombang mekanik diantaranya gelombang pada tali, gelombangpada permukaan air, dan gelombang bunyi. Gelombang pada talimerambat dengan tali sebagai media perambatannya. Gelombang padapermukaan air merambat dengan air sebagai media perambatannya.Gelombang bunyi dapat merambat melalui udara, zat padat, atau zat cairsebagai media perambatannya.Ada beberapa sifat gelombang mekanik, diantaranya:1)
 
Perambatan getaran di suatu medium mempunyai kelajuan tertentuyang dinamakan cepat rambat gelombang. Kelajuan atau cepat rambatgelombang ini sangat ditentukan oleh sifat mekanik medium.2)
 
Partikel dari medium tidak merambat melalui ruang-ruang di medium,tetapi partikel medium bergerak bolak-balik atau turun naik terhadapposisi kesetimbangan partikel tersebut.
 
3
3)
 
Gelombang menyalurkan energi dari satu ruang ke ruang lain di dalammedium. Gelombang memindahkan energi, bukan memindahkanpartikel.
2.
 
Gelombang elektromagnetik.
Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yangmerambat tanpa memerlukan suatu medium sebagai mediaperambatannya. Oleh karena gelombang elektromagnetik dapat merambattanpa memerlukan adanya media perambatan, gelombang ini dapatmerambat melalui ruang hampa. Contoh gelombang elektromagnetik adalah gelombang cahaya, gelombang radio, radiasi infra merah, radiasiultraviolet, sinar-X, dan sinar gamma. Itulah sebabnya cahaya mataharimampu sampai ke permukaan bumi, meskipun melewati ruang hampa.Susunan semua bentuk gelombang elektromagnetik berdasarkanpanjang gelombang dan frekuensinya disebut spektrum elektromagnetik.Gambar spectrum elektromagnetik di bawah disusun berdasarkan panjanggelombang (diukur dalam satuan _m) mencakup kisaran energi yangsangat rendah, dengan panjang gelombang tinggi dan frekuensi rendah,seperti gelombang radio sampai ke energi yang sangat tinggi, denganpanjang gelombang rendah dan frekuensi tinggi seperti radiasi X-ray danGamma Ray.Contoh spektrum elektromagnetik 1.
 
Gelombang RadioGelombang radio dikelompokkan menurut panjang gelombangatau frekuensinya. Jika panjang gelombang tinggi, maka pastifrekuensinya rendah atau sebaliknya. Frekuensi gelombang radiomulai dari 30 kHz ke atas dan dikelompokkan berdasarkan lebarfrekuensinya. Gelombang radio dihasilkan oleh muatan-muatan listrik yang dipercepat melalui kawat-kawat penghantar. Muatan-muatan inidibangkitkan oleh rangkaian elektronika yang disebut osilator.Gelombang radio ini dipancarkan dari antena dan diterima oleh antenapula. Kamu tidak dapat mendengar radio secara langsung, tetapi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->