Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bahasa

Bahasa

Ratings: (0)|Views: 190|Likes:
Published by penjagahati193

More info:

Published by: penjagahati193 on Jan 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2013

pdf

text

original

 
1
FUNGSI BAHASAA.
 
Pendahuluan
Bahasa adalah aspek penting interaksi manusia. Dengan bahasa, (baik itu bahasa lisan, tulisan maupun isyarat) orang akan melakukan suatukomunikasi dan kontrak sosial. Bahasa juga dipandang sebagai cerminkepribadian seseorang karena bahasa diterjemahkan sebagai refleksi rasa,pikiran dan tingkah laku. Ada kalanya seorang yang pandai dan penuhdengan ide-ide cemerlang harus terhenti hanya karena dia tidak bisamenyampaikan idenya dalam bahasa yang baik.Oleh karena itu seluruh ide, usulan, dan semua hasil karya pikirantidak akan diketahui dan dievaluasi orang lain bila tidak dituangkannya dalambahasa yang baik. Sumarsono dan Partana (2002:20) mengatakan bahwa bahasasering dianggap sebagai produk sosial atau produk budaya, yang merupakanwadah aspirasi sosial, kegiatan, perilaku masyarakat, dan penyingkapanbudaya termasuk teknologi yang diciptakan oleh masyarakat pemakai bahasa.
Bahasa bisa dianggap sebagai “cermin zamannya”
artinya bahwa bahasa didalam suatu masa tertentu mewadahi apa yang terjadi dalam masyarakat.Dari itu betapa pentingnya fungsi bahasa bagi kita semua sehinggapemakalah ingin sedikit menguraikan tentang fungi bahasa tersebut. Namun,sebelum menguraikan fungsinya, alangkah lebih baik untuk pemakalah singgungsedikit dari definisi hasa itu sendiri.
B.
 
Rumusan Masalah
1.
 
Apa definisi dari bahasa?2.
 
Apa saja fungsi dari bahasa?
 
2
C.
 
Pembahasan1.
 
Pengertian Bahasa
Pengertian orang tentang bahasa sangat beraneka ragam, bergantungkepada teori apa yang dipakai. Setiap teori mempunyai definisi yang berbedaantara yang satu dengan yang lain. Apabila hal ini kita peturutkan maka kita
tidak akan mungkin berbicara tentang bahasa dengan “bahasa” yang sama.
Untuk mengatasi hal tersebut, tanpa mengurangi eksistensi dan peranan teoriyang lain, untuk sementara pembicaraan tentang bahasa kali ini akan bertolak dari salah satu teori yang secara kebetulan telah tersebar luas secara umum,tidak terlalu modern, dan juga tidak terlalu kuno. Teori yang dimaksud ialahteori structural. Ada beberepa pengertian bahasa menurut para ahli, yang bisa kitagunakan sebagai acuan diantaranya
1
: a.
 
Harimurti KridalaksanaMenyatakan bahwa bahasa adalah sistem bunyi bermakna yangdipergunakan untuk komunikasi oleh kelompok manusia.b.
 
Kamus Besar Bahasa IndonesiaBahasa adalah sistem bunyi yang arbitrer yang digunakan olehanggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, danmengidentifikasikan diri.c.
 
FinoechiaroBahasa adalah sistem simbol vokal yang arbitrer yangmemungkinkan semua orang dalam suatu kebudayaan tertentu, atau oranglain yang mempelajari sistem kebudayaan itu, berkomunikasi atauberinteraksi.d.
 
Carol
1
Jos Daniel Parera,
Studi Linguistik Umum dan Historis Bandingan,
(Jakarta: Erlangga,1987), h. 05-06.
 
3
Bahasa merupakan sistem bunyi atau urutan bunyi vokal yangterstruktur yang digunakan atau dapat digunakan dalam komunikasiinternasional oleh kelompok manusia dan secara lengkap digunakanuntuk mengungkapkan sesuatu, peristiwa, dan proses yang terdapat disekitar manusia.e.
 
Kamus Linguistik Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yangdigunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk kerja sama,berinteraksi dan mengidentifikasikan diri.f.
 
Gorys Keraf Bahasa adalah komunikasi antar anggota masyarakat, berupalambang bunyi ujaran yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.Dari definisi para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa bahasa adalahsuatu sistem tanda arbitrer yang konvensional.Berkaitan dengan ciri sistem, bahasa bersifat sistematik dan sistemik.Bahasa bersifat sistematik karena mengikuti ketentuan-ketentuan atau kaidah-kaidah yang teratur. Bahasa juga bersifat sistemik karena bahasa itu sendirimerupakan suatu sistem atau subsistem-subsistem. Misalnya, subsistem fonologi,subsistem morfologi, subsistem sintaksis, subsistem semantic, dan subsistemleksikon. Berkaitan dengan ciri tanda, bahasa pada dasarnya merupakan panduanantara dua unsur, yaitu
signifie
dan
signifiant 
(de Sausure, 1974: 114).
Signifie
 adalah unsur bahasa yang berada dibalik tanda yang berupa konsep di dalambenak si penutur. Orang awam menyebutnya sebagai makna.
Signifiant 
adalahunsur bahasa yang merupakan wujud fisik yang berupa tanda ujar. Dalampengertian ini wujud fisik harus atau hanya yang berupa bunyi ujar. Bunyi non-ujar dan tanda yang lain selain bunyi ujar tidak dapat digolongkan significant.Wujud ujaran seorang individu pada suatu saat tertentu disebut parole, sedangkan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->